SIA Idap Gangguan Spektrum Autisme, Selama Ini Pura-pura Hidup Normal

Kawula Muda! ternyata SIA mengidap Gangguan Spektrum Autisme

SIA (Instagram/siamusic)
Sat, 03 Jun 2023

Penyanyi wanita dengan lagunya Chandelier yang hits, SIA, memberikan kabar mengejutkan. Kabarnya, saat ini dirinya tengah memasuki fase pemulihan pasca terdiagnosis mengidap autisme.

Dikutip dari Asia One, di sebuah podcast bersama Rob Cesternino, SIA menceritakan mengenai perjuangan dari pemulihan dengan apa yang dialaminya tersebut.

"Saya mengalami gangguan spektrum autisme, dan saya dalam pemulihan dan sebetulnya ada banyak hal. Selama 45 tahun, hanya dalam dua tahun terakhir saya menjadi sepenuhnya, sepenuhnya menjadi diri saya sendiri,” ucap SIA.

Selama ini, SIA menutupi kondisi yang diidap tersebut. Dikarenakan, tidak ada yang ingin menerima ketika orang lain mengetahui kondisi autismenya. SIA mengaku sering merasakan malu dan merasa berbeda ketika berada di tengah ruangan yang dipenuhi dengan banyak orang.

SIA yang tidak mengungkapkan secara pasti kapan terdiagnosis dari spektrum autismenya yang dapat memicu kecemasan sosial dan berbagai kesulitannya lainnya seperti berempati dengan orang lain.

"Dan kita merasa terlihat untuk pertama kalinya dalam hidup kita untuk siapa kita sebenarnya, dan kemudian kita bisa mulai keluar ke dunia dan hanya beroperasi sebagai manusia dan manusia dengan hati dan tidak berpura-pura menjadi apa pun.” Ucap SIA.

Kini, SIA sudah mulai mencoba pada dirinya untuk menerima dengan berdamai akan kondisinya tersebut, dan memilih terbuka untuk publik.

Berita Lainnya