Urutan Nonton Film Divergent, Penuh Aksi Tegang dan Kisah Romansa

Lo mau jadi faksi apa, Kawula Muda?

Tris dan Four pada serial Divergent (INSTAGRAM/THEDIVERGENTSERIES)
Thu, 02 Feb 2023

Merupakan adaptasi trilogi novel karya Veronica Roth, film Divergent terbagi atas tiga bagian. Serial ini pun merupakan karya novel fiksi ilmiah yang mengambil latar masyarakat dystopian atau komunitas yang tinggal di tempat buruk dan pemerintah yang otoriter. 

Adapun judul ketiga film sequel memiliki nama yang sama seperti novelnya, yakni Divergent, Insurgent, dan Allegiant.

Bintang utama dalam serial ini adalah Shailene Woodley yang memainkan Beatrice Prior (Tris) dan Theo James yang memainkan Tobias Eaton (Four). Dibantu dengan pemeran pendukung Ansel Elgort (Caleb Prior), Zoë Kravitz (Christina), dan Miles Teller (Peter).

Divergent (2014)


Divergent Merupakan karya pembuka serial ini, diceritakan Tris harus memiliki satu dari lima faksi yang ada di dunia. Di dalam dunia Tris yang dikelilingi tembok-tembok tinggi, dunia terbagi atas lima faksi. Yakni Dauntless (pemberani), Amity (orang baik), Erudite (orang cerdas), Abnegation (orang yang tidak mementingkan diri sendiri), dan Candor (orang jujur). 

Walau pada awalnya keluarga Tris tergabung dalam faksi Abnegation, gadis yang baru berusia 16 tahun tersebut memutuskan untuk memilih faksi Dauntless yang merupakan salah satu ‘musuh’ Abnegation. Lewat pilihan tersebut, Tris bertemu dengan sang kekasih Four, sahabat, hingga musuh.

Sayangnya, polemik pemerintahan semakin panas. Banyak faksi lain yang tidak suka kepada Abnegation yang kerap dipercaya duduk di bangku jabatan. Karena itu, pemberontakan yang melibatkan Dauntless dan faksi lainnya dimulai. 

Insurgent (2015)


Merupakan lanjutan dari Divergent, Insurgent dimulai dengan cerita 5 hari setelah serangan terhadap semua faksi dimulai. Akan tetapi, rupanya pemberontakan terjadi karena otak para tentara dikendalikan oleh Erudite lewat serum. 

Sayangnya, hal itu tidak diketahui para tentara. Jasmine, ketua Erudite, pun menjelaskan bahwa sosok dibalik pemberontakan tersebut adalah Divergent. Divergent adalah mereka yang memiliki sifat yang condong kepada seluruh faksi sehingga tidak dapat dikotak-kotakan seperti penduduk lainnya.

Pemberontakan pun dimulai. Erudite dan Dauntless mulai membentuk aliansi untuk mencari Divergent. Sementara itu, Tris dan Four yang merupakan Divergent kabur ke wilayah tanpa faksi atau Factionless.

Namun, fakta masa lalu mulai terungkap, Kawula Muda! Hal itu ditandai dengan pertemuan Four dengan sang ibu, Evelyn Eaton, hingga isi kotak yang hanya dapat dibuka oleh para Divergent. 

Allegiant (2016)


Pada serial kali ini, semua orang akhirnya mengetahui bahwa penyebab pembagian faksi adalah infeksi dari damaged genes (gen yang rusak). Hal itu diumumkan oleh PBB bertahun-tahun lalu. 

Dalam upaya agar membentuk masyarakat yang lebih baik, pemerintah pun karantina wilayah bagi mereka yang memiliki gen rusak yang disebut sebagai kaum Divergent. Rupanya, Divergent justru merupakan mereka dengan otak yang sehat, Kawula Muda! 

Tris, Four, dan kawan-kawannya pun pergi keluar tembok tinggi dunia mereka. Di luar tembok, dunia tampak futuristik, bersih, dan aman. Sangat berbeda dengan wilayah Tris yang ia tinggali bertahun-tahun lalu. 

Cerita pun mulai mengungkap misteri kota Tris hingga masa lalu Divergent. Namun, siapa sangka, penjahat terbesar justru baru hadir pada sequel terakhirnya ini.

Ascendant 

Film Ascendant seharusnya menjadi penutup dari Divergent. Namun, rencana tersebut dibatalkan karena beberapa alasan. Salah satunya yakni respons penggemar yang jauh di bawah ekspektasi. 

Film pertama Divergent (2014) meraup keuntungan lebih dari 288 juta dolar AS dan Insurgent (2015) meraup lebih dari 297 juta dolar AS di seluruh dunia. 

Sayangnya, film ketiga, Allegiant mengalami penurunan yang signifikan. Film tersebut hanya meraup 179 juta dolar AS sehingga para produser sepakat film keempat tidak dilanjutkan.

Sebenarnya, sempat muncul ide untuk membuat film keempat ini menjadi film televisi. Ceritanya pun disebut ingin dijadikan spin-off sehingga dapat melampaui cerita novelnya. Sayangnya, tidak ada pemeran Divergent yang mau melakukannya, nih.

Kawula Muda, memang akhir cerita dari versi film trilogi Divergent tidak tuntas hingga akhir. Namun, untuk lo yang penasaran dengan cerita apik tersebut, lo juga dapat membaca di novel Allegiant serta Four: A Divergent Story Collection ya, Kawula Muda! 

Berita Lainnya