10 Fakta Unik Hari Senin, Hari yang Paling Banyak Kena Serangan Jantung

Siapa yang tidak suka hari Senin? Cek faktanya di bawah ini!

Fakta tentang hari Senin yang sering jadi 'musuh' banyak orang (UNSPLASH)
Mon, 19 Jun 2023

Familiar dengan ungkapan “I hate Monday!”, Kawula Muda? Hari Senin, hari yang jatuh setelah akhir pekan atau weekend ini mengharuskan banyak orang kembali ke aktivitas semula, entah sekolah, pergi bekerja, dan melakukan kegiatan lainnya, menjadikannya sebagai hari yang paling dibenci, Kawula Muda.

Sebenarnya, menurut pakar kesehatan jiwa Ed Harrold, bukan hari Senin yang dibenci oleh banyak orang. Namun justru persepsi mengenai hari Senin beserta hal-hal negatif yang ada di dalamnya.

Sebagai hari pertama di awal minggu, hari Senin cukup memiliki reputasi yang buruk, nih. Meski hari Senin bukanlah hari favorit banyak orang, ternyata hari Senin punya beberapa fakta menarik dan unik, loh.

Seperti apa fakta hari Senin? Yuk, cek di bawah ini ya Kawula Muda!

Fakta-fakta hari Senin yang bikin banyak orang malas (BIG STOCK)

1. Hampir 50 Persen Karyawan Terlambat di Hari Senin

Kembali bekerja di hari Senin setelah berlibur membuat banyak orang mengalami sindrom malas-malasan. Ternyata, hampir 50 persen karyawan terlambat bekerja pada hari Senin. Lo salah satunya, enggak?

2. Hari Terbaik Untuk Beli Mobil Baru

Menurut penelitian, hari Senin adalah hari terbaik untuk membeli mobil baru, loh. Penelitian mengungkap bahwa orang akan menghindari membeli mobil di akhir pekan. Hari Senin dianggap menjadi hari paling baik untuk melakukan transaksi besar sebab akan mendapat banyak waktu dan perhatian penjual. Hal ini disebut akan memengaruhi kesepakatan yang lebih baik saat transaksi jual beli.

3. Hari Paling Banyak Keluhan

Kembali bersosialisasi dengan banyak orang membuat sebagian orang kerap mengeluh jika hari Senin adalah hari yang menyebalkan. Faktanya, tidak hanya mengeluh secara lisan, banyak orang cenderung melampiaskannya di media sosial. Diketahui, hanya hari Senin yang selalu ramai dengan curahan hati tentang keadaan sekitar.

Studi menunjukkan jika rata-rata orang mengeluh selama 34 menit di hari Senin, berbeda dengan hari lain yang biasanya hanya 22 menit. Ada-ada saja, ya?

4. Senin jadi Hari Serangan Penyakit Jantung Terbanyak

Akibat rasa stres harus kembali ke rutinitas sehari-hari, The Fact Site menuliskan jika Senin menjadi ‘hari serangan jantung’, loh. Hari Senin merupakan hari di mana terjadi peningkatan serangan jantung sebesar 20 persen. Waduh!

5. Orang-Orang banyak Belanja Kurangi Stres

Tidak hanya pasar saham yang dikatakan selalu naik pada hari Senin, banyak orang melampiaskan rasa malas di hari Senin dengan berbelanja, loh. Berdasarkan statistik, kegiatan yang biasa dilakukan seseorang di hari Senin untuk menghilangkan kebosanan adalah menonton tv, melakukan hubungan badan, belanja online, membeli coklat atau peralatan make up, hingga merencanakan hari pekan.

6. Ada 53 Hari Senin di 2012 dan 2018, Tidak Terjadi Sampai 2024

Di awal tahun, orang-orang akan mengecek berapa banyak hari libur dan lainnya. Termasuk hari Senin yang punya fakta unik di kalender. Terdapat 53 hari Senin di 2012 dan 2018. Rupanya, hal tersebut tidak akan terjadi lagi hingga tahun 2024, Kawula Muda!

7. Hari Naik Berat Badan

Jika lo sedang mempertahankan berat badan yang ideal, para ilmuwan mengungkapkan bahwa hari Senin adalah hari di mana berat badan lo paling berat, Kawula Muda!

8. Hari Paling Banyak Bunuh Diri

Cukup menyedihkan untuk tahu jika hari Senin adalah hari paling banyak bunuh diri dilakukan. Dalam 7 hari selama seminggu, hari Senin menjadi hari di mana kasus bunuh diri diungkap.

9. Tidak Akan Tersenyum Sampai Siang

Seperti yang dikutip IDN melalui penelitian Marmite pada 2011 lalu, rata-rata, orang Inggris tidak akan tersenyum hingga pukul 11 siang pada hari Senin, Kawula Muda.

10. Hanya 3 Jam Produktif

Umumnya, orang akan bekerja selama 8 jam. Namun, di hari Senin, waktu produktif seseorang akan berkurang, Kawula Muda. Hanya 3,5 jam waktu efektif untuk bekerja di hari Senin. Sedangkan sisanya dihabiskan untuk mengeluh atau mengantuk.

Kawula Muda, sebenarnya tidak ada hari yang paling menegangkan atau buruk. Namun, otak banyak orang yang sudah terbiasa menganggap hari Senin adalah hari yang menyebalkan membuat banyak orang merasa tegang.

Meski begitu, yuk tetap semangat menjalani hari Senin!

Berita Lainnya