10 Manfaat Karaoke Bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Keren banget ternyata manfaatnya!

Manfaat karaoke bagi kesehatan tubuh, apa saja? (GETTY IMAGES)
Fri, 14 Jul 2023

Karaoke menjadi salah satu kegiatan hiburan bagi banyak orang. Tidak hanya menyenangkan untuk dilakukan bersama orang lain, karaoke juga tetap menyenangkan meski dilakukan sendirian.

Dianggap sebagai hiburan, manfaat karaoke yang diketahui banyak orang hanya sebatas menghilangkan stres atau kepenatan.

Padahal, ada banyak manfaat karaoke loh, Kawula Muda. Menariknya, tidak hanya manfaat bagi mental, karaoke juga bermanfaat bagi kesehatan fisik!

Seperti apa manfaat karaoke bagi kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat Karaoke Bagi Kesehatan Mental

Karaoke punya banyak manfaat yang baik bagi kesehatan (HERO IMAGES)

Kawula Muda, inilah manfaat karaoke bagi kesehatan mental. 

1. Mengurangi stres

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, alasan utama seseorang berkaraoke tentu melepas stres.

Faktanya, hal ini dibuktikan melalui penelitian ilmiah dari Jepang loh, Kawula Muda.

Melalui penelitian berjudul “Positive Psychological and Interpersonal Effects by Karaoke”, para peneliti mengungkapkan jika orang yang aktif karaoke lebih tidak gelisah, lebih segar, dan lebih berenergi setelah karaoke dibandingkan mereka yang hanya duduk menemani saja, Kawula Muda.

2. Membantu meluapkan perasaan dan emosi

Beberapa orang akan memilih lagu yang sesuai dengan suasana hati saat berkaraoke. Hal ini akan membantu orang tersebut untuk meluapkan segala perasaan dan emosi yang terpendam selama ini.

Singkatnya, karaoke merupakan medium meluapkan emosi yang positif, Kawula Muda.

Tidak hanya itu, seseorang yang melakukan karaoke diketahui akan mendapatkan perasaan yang lebih lega saat sesi berakhir.

3. Meningkatkan kepercayaan diri dan sosialisasi

Dilakukan sendiri atau bersama teman, karaoke bisa menjadi ajang untuk meningkatkan kepercayaan diri lo loh, Kawula Muda. 

Pasalnya, tidak semua orang berani menyanyi dan berekspresi. Lewat karaoke, lo bisa mendapatkan kepercayaan diri lo saat karaoke!

4. Memproduksi hormon bahagia

Saat bernyanyi, tubuh manusia akan memproduksi hormon endorfin, yang sering disebut sebagai hormon bahagia.

Endorfin sebagai zat kimia otak yang membuat seseorang merasa terangkat dan bahagia juga akan bertambah jika lo karaoke bersama teman-teman, loh.

Saat mendapat tepuk tangan sesudah menyanyi, hal ini merupakan apresiasi yang membuat seseorang menjadi bahagia.

5. Anti depresi alami 

Saat tubuh memproduksi hormon endorfin, tubuh seseorang akan menjadi bahagia dan rileks.

Tidak hanya itu, organ kecil di telinga yang disebut sacculus dapat memberi respons positif saat bernyanyi, loh.

Ditambah bisa meluapkan emosi dan juga perasaan, karaoke bermanfaat untuk menjadi anti depresi alami bagi tubuh, Kawula Muda.

Manfaat Karaoke Bagi Kesehatan Fisik

Manfaat kesehatan karaoke tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri dan sosialisasi, namun juga melepas stres (KARAOKEMON)

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, karaoke juga bermanfaat untuk kesehatan fisik loh, Kawula Muda.

Apa saja manfaat karaoke bagi kesehatan fisik? Simak di bawah ini!

1. Menyehatkan jantung

Seperti yang dikutip melalui Hello Sehat, sebuah riset Sahlgrenska Academy di Universitas Gothenburg, Swedia membuktikan bahwa menyanyi memiliki manfaat yang setara dengan meditasi yoga.

Saat bernyanyi dan menghembuskan napas, tubuh manusia akan mengaktifkan saraf vagus dari batang otak ke jantung, Kawula Muda.

Saraf vagus yang aktif akan membuat jantung berdetak lebih lambat loh, Kawula Muda. Hal ini tidak hanya menyehatkan tubuh karena menjadi lebih rileks dan tidak tegang, namun juga baik untuk meningkatkan kesehatan mental.

Menurut Profesor Graham Welch dari University of London melansir Liputan6, ia mengatakan kalau menyanyi sama halnya dengan melakukan aktivitas aerobik yang akan meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah.

Dengan pasukan oksigen yang baik, Kawula Muda akan terhindar dari gelisah, tekanan darah tinggi, penurunan daya ingat, hingga serangan jantung.

2. Menstimulasi otak dengan baik dan meningkatkan memori

Bernyanyi tidak hanya sebatas mengeluarkan suara, namun juga mengharuskan seseorang untuk berpikir.

Seorang yang sedang karaoke harus menggunakan otak mereka untuk memahami ritme, melodi, dan lirik lagu.

Ditambah lagi, seorang yang sedang bernyanyi juga biasanya terhubung dengan tubuh. Karaoke menyebabkan adanya aktivitas pada syaraf otak, yang menyatukan emosi, kegiatan fisik, dan psikologis. 

Tidak hanya menstimulasi otak dengan baik, karaoke juga bermanfaat meningkatkan memori, Kawula Muda.

Lewat penelitian yang berjudul “Using Karaoke To Enhance Reading While Listening: Impact On Word Memorization and Eye Movements” yang dilakukan di Prancis, bernyanyi bersama membutuhkan bagian otak yang menyimpan memori.

Pasalnya, meski layar sudah menampilkan lirik lagu, secara otomatis otak kita akan mengakses memori yang tersimpan tentang lagu yang dinyanyikan.

Sementara, bagian otak lainnya juga terangsang karena mempelajari lagu dan berkonsentrasi.

Kawula Muda mungkin kerap ingat dengan nada lagu namun tidak dengan lirik lagunya atau sebaliknya, itulah contoh respons otak kita terhadap sebuah lagu. Luar biasa sekali, ya!

3. Menguatkan pita suara

Menyanyi akan melatih seseorang untuk menguatkan pita suara. Jika pita suara seseorang kuat, tidak hanya suara yang menjadi lebih jelas dan juga lantang, namun juga menjelaskan kondisi seseorang bahwa ia sehat, Kawula Muda.

4. Menyehatkan paru-paru dan menjaga sistem pernapasan

Lewat penelitian yang berjudul “Karaoke For Quads: A New Application Of An Old Recreation With Potential Therapeutic Benefits For People With Disabilities”, para peneliti mengungkapkan karaoke menjadi salah satu terapi bagi mereka yang memiliki masalah pernapasan.

Pasalnya, karaoke terbukti meningkatkan kekuatan, ketahanan, kontrol, dan kapasitas pernapasan seseorang, Kawula Muda.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sistem imun akan meningkat jika hormon stres atau kortisol menurun, Kawula Muda. 

Fungsi utama hormon kortisol sendiri adalah menyediakan energi yang melimpah bagi tubuh, terutama ketika sedang berada di bawah ancaman, tekanan, atau stres.

Seperti yang dikutip Liputan6 melalui The Conversation, konsentrasi secretory immunoglobulin A atau protein dalam sistem imun tubuh untuk antibodi akan meningkat secara signifikan saat bernyanyi.

Sebagai catatan, untuk memaksimalkan manfaat kesehatan bagi tubuh lo, hindari rokok, minuman beralkohol, dan camilan yang tidak sehat, ya!

Berita Lainnya