10 Model Baju Lebaran Pria dan Wanita yang Wajib Dimiliki untuk Tampil Modis dan Berkesan

Kawula Muda sudah menyiapkan baju lebaran, belum?

Ilustrasi baju lebaran wanita (ISTOCK)
Fri, 17 Mar 2023

Kawula Muda, menyambut bulan suci Ramadan beberapa orang kerap menyiapkan baju lebaran atau koleksi busana terbaru secara lebih awal. Hari Raya Idul Fitri memang merupakan hari besar, Kawula Muda. Sampai-sampai, rasanya tidak lengkap jika tidak menggunakan baju baru di hari yang fitri tersebut.

Kali ini, Tim Prambors akan memberikan rekomendasi baju lebaran untuk Kawula Muda baik wanita atau pria sesuai model tahun 2023 ini. Masih bingung ingin model baju lebaran seperti apa? Simak sekarang, Kawula Muda!

1. Gamis untuk Kesan Lebih Feminin

Gamis, pilihan baju lebaran wanita yang tidak boleh dilupakan

Gamis memiliki model dengan potongan yang longgar dan memiliki panjang hingga betis atau mata kaki. Umumnya, gamis memiliki kerutan atau lekukan pada bagian pinggang. Saat ini, model dari gamis banyak macamnya loh, Kawula Muda. Misalnya, gamis syar'i dengan setelan kerudung atau gamis dengan corak abstrak yang colourful. Bagi lo yang ingin tampil lebih feminin di hari raya Idul Fitri, gamis merupakan pilihan baju lebaran wanita yang tepat untuk lo.

2. Tunik untuk Mix and Match yang Mudah

Ilustrasi baju lebaran model tunik (MY BEST)

Berbeda dengan gamis, tunik memiliki panjang yang biasanya hanya sampai paha atau betis. Oleh karena itu, model baju ini cocok untuk lo yang senang mix and match busana. Kawula muda dapat memadukannya dengan berbagai model bawahan, seperti rok atau celana favorit. 

3. Kaftan untuk Lo si Banyak Gerak

Ilustrasi kaftan sebagai baju lebaran wanita (UNSPLASH)

Salah satu busana muslim wanita khas Timur Tengah ini juga menjadi salah satu baju lebaran wanita terfavorit dengan desain lengan yang menyerupai sayap kelelawar. Desainnya akan membuat lo lebih leluasa bergerak saat bersilaturahmi dengan kerabat terdekat. 

Biasanya, kaftan memiliki aksen renda atau payet di bagian dada. Beberapa di antaranya memiliki detail kerut yang menonjolkan lekuk pinggang. 

4. Abaya untuk Desain yang Elegan

Model abaya yang semakin banyak, tidak hanya warna hitam untuk hari Lebaran (UNSPLASH)

Abaya adalah busana muslim yang identik dengan warna hitam serta bentuknya yang longgar. Namun, karena fashion muslim sudah banyak berkembang, warna, corak, dan desainnya pun mulai beragam. Bahkan, beberapa abaya memiliki detail mutiara dan motif yang lebih berwarna. Meski begitu, desain dari abaya tetap terlihat simpel dan elegan ketika dipakai. Abaya juga masih menjadi favorit banyak orang sebagai salah satu baju lebaran wanita paling populer.

5. Warna-Warna Soft Masih Populer

Seperti tahun sebelumnya, baju lebaran wanita tahun ini masih didominasi oleh baju Lebaran dengan warna-warna kalem atau soft seperti lavender, tranquil blue, dan jade.

6. Kemeja Koko yang Lagi Hits

Ilustrasi kemeja koko, pilihan koleksi busana Hari Raya Idul Fitri (MY BEST)

Kemeja koko atau biasa disingkat kemko adalah baju Lebaran atau Idul Fitri yang kerap diminati karena modelnya yang menyerupai kemeja pada umumnya. Kemeja koko merupakan kombinasi antara baju koko dan kemeja pria. Hal ini membuat kemeja koko dapat dikenakan untuk menghadiri acara formal maupun non formal.

Kemeja koko juga tersedia dalam dua jenis lengan, yakni lengan panjang dan pendek. Kerahnya pun ada dua jenis loh, Kawula Muda! Mulai dari kerah bulat dan V. Dengan banyaknya desain yang ditawarkan, kemeja koko menjadi salah satu baju Lebaran pria yang diminati.

7. Baju Kurta ala Pangeran Pakistan 

Baju kurta ala Pakistan, berikan kesan keren untuk para pria di hari Lebaran (MY BEST)

Model kurta saat ini populer di kalangan pria sebagai salah satu koleksi busana terbaru untuk Hari Raya Idul Fitri. Baju dengan model ini memiliki panjang hingga pangkal paha. Ada tiga jenis lengan yang dapat lo pilih sesuai keinginan, yakni lengan panjang, pendek, dan 3/4. 

Selain itu, banyak produsen yang mulai membuat variasi pada detail kurta. Misalnya lis kontras, kombinasi warna, kantong yang cukup besar, motif etnik, dan batik. Detail-detail tersebut tentu akan membuat tampilan Kawula Muda terlihat lebih fashionable.

8. Tidak Ada Salahnya Pria Gunakan Gamis

Ilustrasi gamis yang dapat digunakan pria di Hari Raya Idul Fitri (MY BEST)

Untuk Kawula Muda yang ingin lebih menonjolkan kesan islami di Hari Raya Idul Fitri, model gamis dapat menjadi pertimbangan lo. Busana khas Timur Tengah ini memiliki potongan loose fit dengan panjang hingga betis atau mata kaki. Kawula Muda juga dapat memilih beragam warna karena saat ini banyak produsen baju yang memproduksi gamis berwarna cerah hingga gelap.

9. Baju dengan Bahan Linen atau Katun

Apabila Lebaran bertepatan dengan musim kemarau, lo dapat memilih baju Idul Fitri berbahan linen atau katun. Terutama bagi pria, sedikit sulit untuk menemukan bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Untuk permasalahan itu, linen atau katun jawabannya. Kawula Muda bisa memilih kedua bahan tersebut karena lembut, mudah menyerap keringat, dan breathable.

10. Baju Satu Set Senada Bersama Keluarga

Baju keluarga tidak harus sama, pilih warna senada atau tema khusus untuk Idul Fitri (ISTOCK)

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di Indonesia. Banyak yang menyempatkan waktunya untuk pulang ke kampung dan bertemu dengan keluarga. Sangat disayangkan jika Kawula Muda dan keluarga tidak mengabadikan momen tersebut. Agar kumpul keluarga makin seru dan kompak, pilihlah baju dengan warna dan corak yang senada. Tidak perlu benar-benar sama, Kawula Muda bisa memilih tone warna atau model yang senada.

Kawula Muda memilih model baju lebaran yang mana untuk tahun ini?

Berita Lainnya