10 Profesi Pekerjaan Unik yang Dulu Pernah Ada namun Kini Sudah Hilang

Simak pekerjaan yang sudah hilang, hingga saat ini!

Wanita Tua dan Pekerjaannya (UNSPLASH/nathancima)
Tue, 27 Jun 2023

Kawula Muda, ternyata ada banyak profesi atau pekerjaan unik yang dulu ada, namun, kini sudah tergantikan oleh banyaknya mesin, dengan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang berkembang hingga saat ini.

Tahukah Kawula Muda, ternyata dulu terdapat beberapa pekerjaan yang popular dan unik yang kini telah hilang. 

Yuk, simak ada pekerjaan apa saja.

1. Pembawa Air Timba

Jasa Timba Air (BRILIO)

 

Profesi yang satu ini memang sangat unik dan sulit untuk ditemui di masa kini, di mana saat ini air bisa ambil langsung dari kran air di setiap rumah.

Jasa ini digunakan untuk membantu orang dalam memasok air sebagai kebutuhan sehari-hari.

2. Jasa Membaca

Jasa Pembaca (BRILIO)

 

Jasa pembaca ini dilakukan untuk menghibur orang-orang selama bekerja dengan membacakan sebuah buku atau surat kabar.

Namun, seiring waktu, berbagai penemuan media kabar, seperti radio dan sebagainya, jasa pembaca ini hilang seketika.

Jika dilihat saat ini, sebagian orang lebih baik membaca buku sendiri, dan sebagiannya tidak bergairah untuk membaca. Padahal kalau masih ada, Kawula muda mau mencoba jasanya atau tidak ya?

3. Pinsetter

Jasa Pinsetter (BRILIO)

  

Pinsetter atau Pin Spotter merupakan jasa orang yang digunakan untuk membantu mengatur pin bowling gang, kembali ke tempat awal secara manual.

Namun, jasa ini tidak diberikan upah yang tinggi dan pekerjaan pun dilakukan lebih banyak malam hari, maka dari itu banyak remaja atau anak laki-laki yang melakukan pekerjaan ini. Dan pekerjaannya pun hilang ketika ada mesin pin baru, yang secara otomatis mengembalikan pin ke tempat semula pada tahun 1936.

4. Manusia Komputer

Jasa Kalkulator Wanita (BRILIO)

 

Dulu, terdapat jasa komputer manusia atau kalkulator, yang mana jasa ini dilakukan oleh wanita. Wanita-wanita saat itu, banyak yang berpartisipasi dalam desain struktur rekayasa besar, pengembangan senjata selama Perang Dunia Kedua, dan pemrograman perangkat komputasi elektronik pertama.

5. Jasa Pengirim Es Batu Balok

Jasa Antar Es Batu (BRILIO)

 

Di saat musim panas muncul, banyak negara di seluruh dunia banyak yang menciptakan pelestarian es. Namun, pada abad ke-19, industri es menjadi perdagangan baru yang dikenal dengan perdagangan air beku. Potongan es dari kolam permukaan kolam air di musim dingin digunakan dalam perdagangan tersebut.

Gadis-gadis menjadi saksi perdagangan es, dan berprofesi sebagai  jasa antar es ke rumah-rumah pelanggan selama Perang Dunia Kedua.

Meski sudah jarang ditemukan di wilayah lain. Di Indonesia sendiri ternyata masih ada loh yang menggunakan jasa antar es batu baik dalam bentuk tabung kecil maupun bentuk balok, biasanya diantar untuk tempat usaha food & beverage.

6. Jasa Bangunkan Orang

Jasa Membangunkan Orang (BRILIO)

 

Jasa membangunkan orang ini termasuk unik. Jada yang sudah ada dan popular di Britania Raya pada zaman Revolusi Industri ini, hadir sebelum terciptanya alarm.

Jasa ini sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang membutuhkan untuk dibangunkan pada pagi hari, dengan berbagai kepentingan.

Tapi, tahukah lo Kawula Muda trend jasa membangunkan orang ini kembali lagi popular di Indonesia, banyak yang mempromosikan jasa bangunkan orang secara online di sosial media loh!

7. Jasa Ketik

Jasa Ketik (BRILIO)

 

Sebelum hilangnya jasa ini akibat digantikannya oleh komputer, jasa ketik memiliki aturan para pekerjanya diharuskan seorang wanita. Jasa ini selalu hadir di setiap acara bahkan setiap organisasi tersebut butuh pengetik. 

8. Jasa Pendaur Ulang

Jasa Pria Daur Ulang (BRILIO)

 

Di abad ke-19 hingga 20, terdapat para kaum pria yang membeli berbagai kain tua, kain wol, kertas, tali, dan semua barang untuk kembali didaur ulang. Bahkan menjadi penghubung utama dalam sistem daur ulang di Eropa, Kekaisaran Rusia, dan Amerika Serikat.

Profesi ini cukup meluas dengan sekitar 50.000 pria pendaur ulang ada di Paris pada tahun 1884. Namun, seiring perkembangan industri teknologi membuat jasa ini terhapus dengan memperkenalkan banyak sampah yang digantikan oleh komponen lain melalui mesin.

9. Jasa Kuda Besi

Jasa Kuda Besi (UNSPLASH/mufidmajnun)

 

Jasa ini merupakan jasa yang sama dengan pengemudi taksi saat ini. Namun, yang membedakan adalah jasa ini menggunakan kereta dan ditarik dengan kuda. 

Jasa ini sebenarnya belum sepenuhnya punah di beberapa negara. Hanya saja berganti menjadi kendaraan turis berkeliling untuk wisata.

10. Jasa Telephonist

Jasa Telephonist (BRILIO)

 

Sebelum adanya alat canggih seperti Handphone, di jaman dulu penggunaan telepon dihubungkan dengan manual. Profesi penghubung antar telepon ini menjadi jasa paling bergengsi yang hanya dilakukan oleh para gadis-gadis dari keluarga baik yang memiliki suara yang menyenangkan, kesehatan yang baik, perilaku yang baik, hingga karakter yang layak untuk pekerjaan ini.

Kawula Muda, itulah 10 pekerjaan yang pernah ada dan kini sudah punah akibat perkembangan teknologi. 

Menurut lo, kalau pekerjaan unik di atas ada yang masih bertahan, lo bakal tertarik mengerjakan apa?

Berita Lainnya