7 Program Ekstrakurikuler di SMA yang Bermanfaat buat Kawula Muda

Kawula Muda, ekstrakurikuler apa yang lo ikuti?

Olahraga menjadi salah satu pilihan ekstrakurikuler yang memiliki banyak manfaat (DISNEY ORIGINAL)
Fri, 17 Feb 2023

Kawula Muda, meski ekstrakurikuler termasuk ke dalam muatan tambahan kurikulum sekolah, mengikuti ekstrakurikuler ternyata banyak manfaatnya, loh!

Manfaat ekstrakurikuler antara lain bisa menjadi persiapan diri lo dalam mengasah bakat yang terpendam. Tidak hanya itu, ekstrakurikuler juga bisa menjadi ajang refreshing dari kegiatan sekolah yang mungkin membuat lo penat.

Terutama ketika masa SMA, ekstrakurikuler bisa menjadi salah satu hal yang dapat membuat lo memiliki kemampuan non akademis yang menguntungkan. Masih bingung untuk memilih ekstrakurikuler apa yang cocok buat lo? Kali ini, Tim Prambors bakal kasih tau beberapa ekstrakurikuler favorit anak SMA beserta manfaatnya. Semoga enggak bingung lagi, ya!

1. Jurnalistik atau Mading

Ekstrakurikuler majalah dinding atau jurnalistik ternyata mengasyikkan dan memiliki banyak manfaat (MILES FILM)

Kawula Muda, ekstrakurikuler yang satu ini menjadi salah satu ekstrakurikuler fenomenal untuk anak SMA, loh! Bagaimana tidak, jika Kawula Muda menonton film Ada Apa Dengan Cinta, ekstrakurikuler ini merupakan ekstrakurikuler yang diikuti oleh Cinta, pemeran utama dalam film tersebut yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo.

Ternyata, mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik atau majalah dinding memiliki banyak manfaat, loh. Manfaat ekstrakurikuler yang satu ini di antaranya bisa membuat lo belajar berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, dan yang paling penting, bagaimana cara bekerja di media massa. 

Dalam ekstrakurikuler ini, kemampuan menulis dan berinteraksi lo sangat meningkat. Sebab, jurnalistik mengharuskanmu menulis berita atau artikel yang akan di sebarkan ke seantero sekolah. Tidak hanya soal menulis dan mewawancarai narasumber, ekstrakurikuler ini juga bisa banget mengajarkan lo beberapa bidang, seperti membuat layout, editing, sampai mengasah kreativitas lo.

2. Teater

Mengikuti teater sebagai ekstrakurikuler pilihan lo memberikan segudang manfaat yang baik (PETUALANGAN SHERINA)

Siapa bilang teater hanya sebatas seni yang mempertunjukkan sebuah lakon atau drama di depan umum? Lewat ekstrakurikuler ini, lo bisa mendapat manfaat yang banyak loh, Kawula Muda. Manfaat ekstrakurikuler yang satu ini bisa mengajarkan lo membuat suatu keutuhan dalam pertunjukan. Misalnya, lo bisa menjadi tata rias, aktor, artistik, sampai manajer panggung.

Tidak hanya itu, dalam ekstrakurikuler ini, lo akan belajar bagaimana menggunakan semua pancaindra lewat olah rasa, olah sukma, sampai olah gerak. Keren banget, kan!

3. Musik

Selain menyenangkan, ekstrakurikuler musik bisa menjadikan lo penyanyi dan pemusik andal (IMDB)

Kawula Muda, akhir-akhir ini semakin sedikit band sekolah yang muncul, melansir Pop Hari Ini. Padahal, manfaat ekstrakurikuler musik, baik itu memainkan instrumen atau menyanyi banyak manfaatnya, loh! Faktanya, musik merupakan kegiatan yang melibatkan otak kanan. Sedangkan mata pelajaran akademik di sekolah melibatkan otak kiri. Jadi, sangat baik apabila lo menyeimbangkan kinerja keduanya! 

Kegiatan bermusik bisa menjadikan lo pribadi yang percaya diri karena berani tampil di depan orang banyak. Selain itu, bermain musik juga dapat meningkatkan kreativitasmu dalam menggubah lagu atau bahkan menciptakan lagu sendiri. Siapa tahu, lo bisa jadi the next band sekolah yang terkenal. Seru banget kan, Kawula Muda?

4. Pecinta Alam

Mengikuti ekstrakurikuler pecinta alam bisa memberikan lo banyak manfaat, Kawula Muda! (INSTAGRAM/ralineshah)

Salah satu ekstrakurikuler yang menantang nih, Kawula Muda! Dengan mengikuti ekstrakurikuler yang satu ini, lo bisa belajar banyak tentang alam. Tidak hanya bagaimana cara bertahan hidup di alam terbuka, lo juga bisa mempelajari bagaimana cara membaca peta, arah mata angin, hingga mengetahui cara menaklukkan diri lo!

Plusnya, manfaat ekstrakurikuler ini lo bisa menikmati pemandangan dan keindahan alam, loh! Asyik banget, kan?

5. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu pilihan ekstrakurikuler yang memiliki banyak manfaat (DISNEY ORIGINAL)

Jangan meragukan ekstrakurikuler yang satu ini ya, Kawula Muda. Meski hanya terlihat sebagai aktivitas fisik biasa, ternyata manfaat ekstrakurikuler yang satu ini enggak main-main, loh! Selain menambah kebugaran, ekstrakurikuler yang satu ini cukup menjanjikan, loh.

Apalagi kalau kamu sungguh-sungguh menekuni ekstrakurikuler yang satu ini. Bisa jadi, kamu adalah calon atlet Indonesia! Tidak hanya itu, bukan hanya sebagai pemain, ekstrakurikuler ini juga membutuhkan manajer olahraga untuk mengatur hal-hal teknis, Kawula Muda!

6. Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)

Kelompok Ilmiah Remaja merupakan ekstrakurikuler yang memiliki segudang manfaat (UNSPLASH)

Tidak selalu serius, ekstrakurikuler yang satu ini ternyata menyenangkan, loh! Tidak hanya akan melakukan banyak percobaan, Kelompok Ilmiah Remaja juga akan mengasah pengetahuan lo lebih luas di bidang sains. 

Manfaat ekstrakurikuler yang satu ini ternyata bisa membuat lo semakin kritis dan penuh perhitungan. Tidak hanya itu, ekstrakurikuler ini juga bisa menjadi batu loncatan dan tambahan prestasi untuk masuk kuliah, Kawula Muda.

7. Study Club dan Ikutan Mangkal on Skul - Battle of Putih Abu-Abu Season 2 di Prambors!

PRAMBORS MANGKAL ON SKUL BATTLE OF PUTIH ABU-ABU SEASON 2

Kawula Muda yang tergabung dalam ekstrakurikuler Study Club atau punya tim belajar bareng, ini waktunya lo beserta tim untuk unjuk gigi di kuis cerdas cermat "Mangkal on Skul - Battle of Putih Abu-abu" Season 2.

Merupakan lomba cerdas cermat online antar SMA se-Indonesia, di Mangkal on Skul lo bisa jadi terkenal di sekolah lo karena "Mangkal on Skul - Battle of Putih Abu-abu" season 2 bakal tayang On Air di Prambors. Keren banget, kan?

Tidak hanya itu, kalau berhasil jadi pemenang, lo dan sekolah lo bisa dapat total hadiah puluhan juta Rupiah hanya dengan ikut lomba cerdas cermat secara online. 

Jangan lupa daftarkan sekolah lo di link ini sekarang juga, soalnya periode pendaftaran hanya dibuka dari tanggal 10-17 Februari 2023. So, jangan sampai ketinggalan keseruan yang satu ini ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya