10 Kegiatan Seru di Sekolah yang Bisa Dilakukan Bareng Teman

Kawula Muda, setuju enggak kalau masa sekolah merupakan masa yang paling seru?

Ilustrasi seragam sekolah menengah atas (SMA). (UNSPLASH/ED US)
Mon, 13 Feb 2023

Kawula Muda, masa sekolah sejatinya memang masa yang paling menyenangkan, bukan? Selain sebagai tempat belajar, kegiatan seru di sekolah seperti dan bersosialisasi dan bermain dengan teman-teman merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu.

Tidak hanya itu, kegiatan seru di sekolah juga menjadi salah satu hal yang meninggalkan ingatan yang menyenangkan. Kali ini, Tim Prambors akan membagikan 10 kegiatan seru di sekolah yang bisa lo lakukan bareng teman-teman lo, Kawula Muda. Kegiatan ini juga bisa memberikan metode pengajaran yang berbeda, loh! Singkatnya, bermain sambil belajar. 

Seru banget, kan? Ditambah lagi, ada rekomendasi kegiatan seru di sekolah yang bisa jadi penghasilan tambahan untuk pelajar. Scroll yuk, Kawula Muda!

1. Drama Sekolah

Ilustrasi drama sekolah sebagai kegiatan seru di sekolah (THE HOLLYWOOD REPORTER)

Biasanya, drama sekolah dibuat untuk ujian praktik atau penilaian mata pelajaran tertentu. Namun, tidak ada salahnya nih lo membuat drama sekolah bersama teman-teman lo. 

Tidak hanya meningkatkan kreativitas berekspresi dan rasa percaya diri, membuat drama bisa jadi seru karena bakal membuat lo dan teman-teman lo semakin dekat!

Membuat film pendek juga bisa menjadi salah satu pilihan, loh!

2. Camping atau Menginap di Sekolah

Camping atau menginap di sekolah bisa menjadi rekomendasi kegiatan seru di sekolah (UNSPLASH)

For fun dan untuk melatih kemandirian, pergi camping bersama kelompok pecinta alam atau pramuka bisa meninggalkan memori menyenangkan ketika sekolah. Jika lo malas untuk pergi jauh, tidak ada salahnya mencoba kegiatan seru di sekolah dengan menginap ketika kegiatan OSIS atau sekadar mengadakan kegiatan keakraban! 

3. Business Day

Kegiatan seru di sekolah yang satu ini bisa banget membuat lo belajar berhitung, sikap jujur, dan kebersamaan. Cobalah membuat stand dengan meja belajar sekolah dan menjual kue atau pernak-pernik lucu yang berbeda setiap kelasnya. Dijamin, lo akan menemukan pengalaman yang berbeda di sekolah lo!

4. Eksperimen Sains

via GIPHY

Tidak harus ketika belajar, melakukan eksperimen sains juga bisa dilakukan di luar jam pelajaran loh! Zaman sekarang, banyak toko yang menyediakan science kit sederhana dengan berbagai macam percobaan. Eksperimen sains menjadi kegiatan seru di sekolah yang tidak boleh lo lewatkan, ya!

5. Go Green    

Menanam dan merawat tumbuhan bersama bisa menjadi rekomendasi kegiatan seru di sekolah (UNSPLASH)

Lo bisa mencoba menanam pohon atau bibit tanaman lainnya di kebun sekolah yang telah disediakan sekolah. Selain belajar menyayangi alam dan udara sekitar akan lebih segar, merawat tumbuhan bisa menjadi stress relief lo ketika mumet belajar, loh! Tidak harus di kebun sekolah, kegiatan seru yang satu ini bisa lo mulai dengan merawat satu pot tanaman di kelas lo bersama teman-teman. Nantinya, satu kelas akan bertanggung jawab untuk merawat tumbuhan tersebut.

6. Kegiatan Memasak

Ilustrasi Memasak bersama Teman-Teman sebagai rekomendasi kegiatan sekolah yang seru (UNSPLASH)

Kegiatan seru di sekolah lainnya yang bisa lo coba adalah kegiatan masak ala reality show MasterChef, kegiatan ini juga merupakan implementasi dari pembelajaran 4 sehat 5 sempurna yang bisa lo aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari!

7. Class Meeting dengan Tema Unik

Ilustrasi class meeting, rekomendasi kegiatan seru di sekolah yang bisa lo coba (DETIK)

Bosan dengan class meeting yang itu-itu saja? Jika ingin lebih extra, lo bisa mengambil ide class meeting ala-ala Abang-None atau rapat PBB sebagai kegiatan seru di sekolah lo, Kawula Muda. 

Caranya, setiap kelas bisa mewakili daerah atau negara yang telah disetujui, nantinya semua komponen kelas akan bekerja sama untuk berkompetisi. Misalnya, dengan menyediakan makanan khas, adanya wakil kelas untuk lomba debat, memberikan persembahan dengan tema khusus, atau bahkan menghias kelas sesuai tema. Menyenangkan sekali, bukan?

8. Membuat Acara untuk Hari-Hari Khusus

Indonesia juga merayakan beberapa hari khusus yang bisa menjadi ide kegiatan seru di sekolah, loh. Contohnya, lo bisa merayakan hari kesehatan nasional bersama atau hari perempuan seluruh dunia. Tidak hanya itu, bagi sekolah swasta, lo bisa mencoba merayakan hari besar seperti Natal dan Paskah bersama. Hari khusus dapat diisi dengan penampilan, ibadah, dan lain-lain yang dapat membuat kita mendalami hari tersebut.

9. Nonton Bareng saat Jam Kosong

via GIPHY

Jam kosong atau jamkos memang salah satu yang ditunggu-tunggu ketika sekolah, nih. Tidak selalu pergi ke kantin, selesaikan tugas yang diberikan lalu menonton film bersama teman-teman lo merupakan salah satu kegiatan seru di sekolah yang bakal dikenang terus. Apalagi, jika film yang lo tonton bersama sedang banyak dibicarakan, dijamin kelas lo akan semakin asik, deh!

10. Ikutan Mangkal on Skul Battle of Putih Abu-abu di Prambors

PRAMBORS MANGKAL ON SKUL BATTLE OF PUTIH ABU-ABU SEASON 2

Lo juga harus mencoba kegiatan seru di sekolah yang satu ini, Kawula Muda. Tanpa harus repot-repot, lo bisa jadi perwakilan sekolah lo dalam lomba cerdas cermat "Mangkal on Skul - Battle of Putih Abu-abu" season 2 secara online dan tayang di On Air Prambors.

Ayo asah kecerdasan dengan bertarung melawan SMA sederajat se-Indonesia lewat "Mangkal On Skul - Battle of Putih Abu-abu" Seson 2. Caranya gampang banget, loh!

1. Cari banner "Mangkal on Skul - Battle of Putih Abu-abu" di Prambors Radio Apps atau klik di link ini! 

2. Isi form pendaftaran yang sudah disediakan

3. Sekolah yang beruntung bakalan dihubungi oleh Tim Prambors untuk ikutan Mangkal On Skul - Battle of Putih Abu-Abu!

Menariknya, nanti juga akan ada lomba yel-yel yang bikin acara ini semakin seru. Psst, kalau berhasil jadi pemenang, lo dan sekolah lo bisa dapat total hadiah puluhan juta Rupiah hanya dengan ikut lomba secara online

Jangan lupa daftarkan sekolah lo di link berikut ini sekarang juga, soalnya periode pendaftaran hanya dibuka dari tanggal 10-17 Februari 2023. So, jangan sampai ketinggalan untuk ikutan kegiatan seru di sekolah yang satu ini, Kawula Muda!

Berita Lainnya