8 Fakta Unik Hollywood Walk of Fame, Jalanan di LA yang Ikonis!

Ada nama idola lo di sini enggak, Kawula Muda?

Fakta Hollywood Walk of Fame (AP PHOTO)
Sun, 07 May 2023

Hollywood Walk of Fame adalah salah satu landmark terkenal yang tidak boleh lo lewatkan ketika berkunjung ke Amerika Serikat. Hollywood Walk of Fame adalah sebuah trotoar sepanjang 15 blok Hollywood Boulevard dan 3 blok Vine Street di Hollywood, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Hollywood Walk of Fame adalah plakat yang bertuliskan nama orang-orang terkenal berbentuk bintang.

Terletak di pusat pembuatan film-film Amerika Serikat, Hollywood Walk of Fame menjadi salah satu kawasan pejalan kaki paling ikonis di dunia.

Di balik itu, ada beberapa fakta unik tentang Hollywood Walk of Fame yang harus lo tahu, Kawula Muda!

1. Berawal dari Strategi Pemasaran

Ilustrasi pembangunan pertama Hollywood Walk of Fame (TWITTER)

Awalnya, Hollywood Walk of Fame dibuat sebagai strategi pemasaran pada tahun 1953 oleh E. M. Stuart. Tujuan dibuatnya Hollywood Walk of Fame adalah agar seseorang yang tidak pernah bertemu selebriti yang mereka suka akan memiliki rasa kedekatan. Hal ini berujung pada gagasan promosi pariwisata lokal dan internasional Amerika Serikat lewat Hollywood Walk of Fame.

2. Tidak Hanya Nama Selebriti yang Ada di Hollywood Walk of Fame

Hollywood Walk of Fame tidak hanya berisikan nama seleb (BRITANNICA)

Nama-nama yang terdapat di plakat Hollywood Walk of Fame bukan hanya sebatas selebriti saja loh, Kawula Muda. Ada beberapa tokoh, seperti astronom, politisi, atlet, tokoh industri perfilman, pengusaha, desainer, hingga tokoh fiksi, yaitu Mickey Mouse, Bugs Bunny, Donald Duck, dan masih banyak lagi!

3. Ada Plat Khusus dan Unik

Dolby Theatre, tempat sebagian plakat Hollywood Walk of Fame diletakkan (UNSPLASH)

Jika Hollywood Walk of Fame identik dengan plakat yang diletakkan di tanah. Namun, tidak semua plakat Hollywood Walk of Fame diletakkan di tanah. Salah satu aktivis dan atlet tinju dunia, Muhammad Ali menjadi satu-satunya plakat yang diletakkan di dinding. Diketahui hal ini untuk menghormati nama Muhammad Ali, Kawula Muda.

Tidak hanya itu, ada fakta menarik lagi, nih. Khusus untuk para pemenang Oscar, plakat mereka akan ditempatkan di dekat Dolby Theatre, tempat para pemenang menerima Piala Oscar. 

4. Biaya Pembuatan yang Mahal

Plakat Muhammad Ali di Hollywood Walk of Fame (TWITTER)

Tidak murah, biaya untuk membuat plakat Hollywood Walk of Fame adalah sebesar 40 ribu Dolar AS atau sekitar Rp 586 juta rupiah, Kawula Muda!

5. Terinspirasi dari Langit-Langit Hotel Hollywood

Fakta unik Hollywood Walk of Fame (CURBED LA)

E. M. Stuart rupanya menemukan ide membuat Hollywood Walk of Fame setelah berada di salah satu hotel bersejarah di Amerika, Hollywood Hotel. Faktanya, langit-langit ruang makan Hollywood Hotel bertuliskan nama-nama selebriti terkenal dunia. Kemudian, Stuart mengadopsi ide tersebut untuk kemudian menciptakan Hollywood Walk of Fame.

6. Kerap Dibersihkan Penggemar

Beberapa penggemar selebriti atau tokoh penting yang memiliki plakat di Hollywood Walk of Fame kerap datang untuk menggosok dan memoles plakat idolanya. Sayangnya, hal ini kerap dijadikan bisnis oleh mereka yang berharap imbalan dari para turis. Tidak hanya itu, beberapa orang juga kerap berdandan ala nama plakat di Hollywood Walk of Fame, Kawula Muda. Berhati-hatilah, sebab mereka akan memberikan bingkisan dan meminta uang dengan sedikit memaksa.

7. Jumlah Plakat Hollywood Walk of Fame Selalu Bertambah

Meski ada plakat Hollywood Walk of Fame yang rusak bahkan dicuri, pihak pengelola diketahui selalu memperbaiki dan menambah sekitar dua nama setiap bulannya. Hingga kini, jumlah Hollywood Walk of Fame sudah menyentuh lebih dari 2.700 buah, Kawula Muda!

8. Jadi Monumen Sejarah Budaya di Amerika

Ketenaran Hollywood Walk of Fame menjadi sebuah kesuksesan tersendiri bagi Amerika Serikat. Faktanya, pada tahun 1978, Los Angeles menetapkan Hollywood Walk of Fame sebagai Monumen Sejarah Budaya di Amerika Serikat.

Kawula Muda, itulah fakta unik dari Hollywood Walk of Fame di Amerika Serikat. Lo sendiri sudah pernah mengunjungi Hollywood Walk of Fame, belum?

Berita Lainnya