8 Jenis Cinta dan Perbedaannya, Ada yang Hanya Nafsu sampai Cinta Sejati

Ternyata cinta ada banyak jenisnya!

Jenis-jenis cinta ternyata ada banyak, ketahui sekarang juga! (FREEPIK)
Wed, 24 May 2023

Terkadang, banyak orang sulit mendeskripsikan perasaan cinta yang sedang mereka rasakan. Pasalnya, cinta memiliki beberapa jenis, Kawula Muda. Melansir berbagai sumber, orang Yunani Kuno menggambarkan beberapa jenis cinta.

Meski begitu, John Alan Lee mengungkapkan meski cinta terbagi ke dalam beberapa jenis, perasaan cinta tidak bisa dikategorikan pada satu tipe saja, loh.

Sebab, bisa saja lo memiliki jenis cinta yang dominan terasa, tetapi juga memiliki jenis cinta lainnya di dalam diri lo. Tidak hanya itu, jenis cinta yang mungkin sekarang dominan di dalam diri lo bisa berubah seiring berjalannya waktu dan pengaruh dari interaksi yang lo lakukan.

Lalu, jenis cinta apa yang sedang lo rasakan sekarang? Simak di bawah ini untuk mengetahui jenis cinta dalam hidup!

1. Eros

Ilustrasi jenis cinta Eros (UNSPLASH)

Jenis cinta ini disebut berasal dari nama Dewa dalam mitologi Yunani, Eros. Jenis cinta ini merupakan jenis cinta seperti dongeng.

Pengalaman romantis, kedalaman emosional, chemistry, dan ketertarikan secara fisik menjadi salah satu hal kuat dalam jenis cinta ini.

Ketertarikan yang kuat dan langsung membuat hubungan akan terasa segar dan menarik. Sayangnya, hal ini juga bisa berpindah dan dirasakan kembali dengan seseorang yang baru.

Jenis cinta Eros akan mencari seseorang yang bisa memuaskan secara emosional dan fisik dan merupakan gaya cinta yang masih primitif.

2. Storge

Salah satu jenis cinta, cinta yang didasari oleh komitmen yang kuat (UNSPLASH)

Jenis cinta Storge cenderung stabil karena mementingkan komitmen yang kuat bersama pasangan. Komitmen menjadi dasar hubungan yang kuat dalam jenis cinta ini. Rasa cinta ini akan berkembang karena adanya kebersamaan, kepercayaan, dan rasa hormat. 

Beberapa orang akan merasakan jenis cinta Storge yang tumbuh dari persahabatan. Jika lo pernah terjebak friendzone, bisa saja ia memiliki jenis cinta Storge.

Meski begitu, jenis cinta yang satu ini akan bertahan lama dan cocok untuk orang yang ingin menjalin cinta jangka panjang.

3. Ludus

Ilustrasi jenis cinta (UNSPLASH)

Ludus atau Ludos adalah gaya cinta yang menganggap bahwa cinta adalah permainan yang ingin mereka menangkan.

Tidak jarang, banyak orang mengatakan jika Ludus adalah cinta sesaat yang berawal dari ketertarikan instan dan tidak bertahan terlalu lama.

Individu Ludus merasa nyaman dengan penipuan dan manipulasi. Mereka juga cenderung tidak memiliki komitmen yang tinggi dan sering kali berjarak secara emosional.

Karena individu Ludus lebih fokus pada jangka pendek, mereka cenderung lebih mementingkan karakteristik fisik pasangannya daripada jenis cinta lainnya

Hal ini juga dikarenakan hubungan hanya berdasar pada kesenangan. Tidak hanya itu, individu Ludus kerap memiliki kendali dominan dalam hubungan.

4. Pragma

Ilustrasi cinta sejati (UNSPLASH)

Pragma akan membangun hubungan yang mereka jalani dengan perencanaan, prospek masa depan, dan menyelesaikan masalah secara logis.

Bukan tidak mengedepankan emosi, jenis cinta yang satu ini akan lebih mementingkan apakah pasangannya bisa sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jenis cinta Pragma akan tumbuh dan matang seiring berjalannya waktu. Soalnya, orang dengan jenis cinta Pragma bisa kooperatif ketika ada masalah dalam hubungan dan memprioritaskan bagaimana cara mencapai tujuan yang ingin dicapai.

5. Mania

Mania, jenis cinta yang cenderung obsesif (PALARI FILM)

Melihat namanya saja, jenis cinta ini mengarah kepada cinta yang obsesif. Orang dengan jenis cinta Mania akan cenderung bergantung secara emosional dan membutuhkan kepastian yang cukup konstan dalam suatu hubungan. Kesedihan dan kebahagiaan mereka pun akan tergantung dengan pasangan mereka.

Orang dengan tipe ini lebih mungkin memiliki gaya hubungan yang posesif. Ini ditunjukkan dari kecemburuan atau isu lainnya dalam hubungan.

Jika tidak terkontrol, orang dengan jenis cinta Mania sangat mungkin memiliki kepercayaan diri rendah karena terlalu membutuhkan pasangan dalam segala hal.

6. Agape

Ilustrasi menatap seseorang dengan penuh cinta (SHUTTERSTOCK)

Jenis cinta ini menjalin hubungan berdasarkan penerimaan pasangan. Individu Agape memiliki karakter yang suka memberi, peduli, dan fokus pada kebutuhan pasangannya.

Selain mencintai apa adanya, jenis cinta yang satu ini sebagian besar akan mengarah kepada cinta tanpa pamrih dan syarat.

Umumnya orang yang memiliki cinta jenis ini sudah menghadapi usia lanjut. Agape merupakan representasi dari komitmen yang penuh cinta, sehingga orang-orang dengan jenis cinta ini memiliki kepuasan hubungan yang sangat tinggi.

7. Philia

Ilustrasi jenis cinta persahabatan (SHUTTERSTOCK)

Bisa dikatakan, jenis cinta ini bersifat platonik atau cinta kasih sayang terhadap teman-teman. Rasa cinta Philia yang kemudian menumbuhkan persahabatan dengan beberapa orang tertentu.

Philia dapat dikatakan sebagai bentuk cinta yang murni, sebab tidak melibatkan keintiman fisik atau seksual, serta memiliki batasan yang sehat dalam hubungan. Selain itu, Philia juga tidak mengenal rasa iri, Kawula Muda.

8. Philautia

Ilustrasi cinta kepada diri sendiri (ISTOCK)

Jenis cinta ini wajib dipraktikkan oleh setiap orang. Philautia adalah jenis cinta kepada diri sendiri. Pasalnya, masih banyak orang yang lupa betapa pentingnya cinta kepada diri sendiri.

Philautia menjadi langkah awal untuk menemukan cinta sejati loh, Kawula Muda.

Kawula Muda, itulah jenis cinta yang harus lo ketahui. Saat ini, jenis cinta apa yang paling mendominasi diri lo? Kalau penulis sih, Philautia!

Berita Lainnya