8 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng Teman saat Jam Kosong di Sekolah

Jam kosong adalah jam favorit para siswa. Setuju atau tidak, Kawula Muda?

Rekomendasi kegiatan seru bersama teman saat jam kosong di sekolah (MD PICTURES)
Mon, 05 Jun 2023

Jam kosong atau jamkos adalah salah satu waktu yang dinanti para siswa. Meski kerap diberikan tugas, para siswa selalu mencari celah untuk membuat kegiatan seru di sekolah saat jamkos sebagai waktu santai di sela-sela jam pelajaran yang padat.

Terkadang, jamkos hanya diisi dengan tidur, bermain, hingga membuat kegaduhan yang akan didengar oleh kelas sebelah, berkhir kena omel guru. Jangan sampai hal ini terjadi dan membuat kelas lo terkena teguran dari guru piket, Kawula Muda.

Untuk itu, Tim Prambors akan memberikan rekomendasi kegiatan seru yang bisa lo lakukan bersama teman-teman saat jam kosong di sekolah.

1. Nonton Bareng alias Nobar

Ilustrasi keseruan nonton film bareng teman saat jam kosong di sekolah (INTO FILM)

Salah satu kegiatan yang satu ini selalu menjadi pilihan ketika jam kosong di sekolah. Hanya memerlukan laptop dan proyektor yang biasanya sudah tersedia, menonton film bersama teman-teman lo adalah salah satu pilihan yang mengasyikkan. Biasanya, para siswa akan memilih film horor atau komedi saat jam kosong. Menonton film bersama akan tambah seru jika film yang lo tonton bersama teman-teman bisa didiskusikan atau sedang banyak dibicarakan orang-orang!

2. Bermain Game Multiplayer

Bermain game bersama teman saat jam kosong di sekolah (GETTY IMAGES)

Game multiplayer bisa menjadi pilihan saat jam kosong, Kawula Muda. Beberapa rekomendasi game yang bisa lo mainkan bersama teman-teman saat jam kosong adalah Undercover, 2 3 4 Player Games, Among Us, Stumble Guys, Mobile Legend, dan masih banyak lagi.

Tidak perlu khawatir jika sekolah lo tidak mengizinkan penggunaan handphone saat sekolah. Pasalnya ada banyak permainan yang bisa lo mainkan bersama teman-teman. Sebut saja kartu Werewolf, UNO, permainan papan dan masih banyak lagi. 

Bermain bersama teman-teman sekelas akan meninggalkan kenangan berharga apa lagi jika permainan tersebut berlangsung sengit, loh!

3. Book Club

Diskusi bersama teman tentang buku, ide kegiatan seru saat jam kosong di sekolah (FREEPIK)

Kawula Muda, belajar tidak harus selalu tentang berhitung dan menulis. Membahas buku yang sedang lo atau teman-teman baca bisa menjadi salah satu pilihan yang seru, loh! Membahas plot, teori dan kemungkinan yang ada di dalam buku, sampai ending yang terjadi dalam cerita bisa menjadi salah satu kegiatan seru saat jam kosong di sekolah.

4. Membuat Video Kenangan

Cobalah untuk merekam momen saat jam kosong di sekolah untuk membuat kenangan (TRIBUN)

Saat ini, banyak kemudahan untuk membuat video yang lucu dan juga dokumentasi kenangan masa sekolah. Lo bisa membuat challenge, video lucu, atau recreate video viral di sosial media bersama teman-teman!

5. Bercerita atau Diskusi

Kegiatan yang bisa lo lakukan bersama teman-teman saat jam kosong di sekolah (MD PICTURES)

Kawula Muda, salah satu kegiatan yang bisa lo lakukan saat jam kosong di sekolah adalah berdiskusi atau melakukan deep talk. Pembicaraan dua arah atau lebih ini tidak hanya mendekatkan lo dengan teman-teman kelas, namun juga bisa mengajarkan lo untuk mengutarakan pendapat dan menghargai cerita orang lain.

6. Makan Bersama

Jika jam kosong berada tepat sebelum jam istirahat atau sesudah istirahat, lo bisa memulai atau melanjutkan makan bersama di kelas. Tidak perlu ke kantin, makanlah bekal yang lo bawa ya, Kawula Muda. Makan bersama teman menjadi salah satu kegiatan seru saat jam kosong. Apa lagi, jika lo bisa saling berbagi makanan dan mencoba berbagai makanan!

7. Bermain Kuis atau Tebak-Tebakan

Kawula Muda, keseruan saat jam kosong bisa dimulai dengan hal yang sederhana. Sebut saja kuis riddle atau bermain tebak-tebakan. Lo bisa bergantian untuk melontarkan pertanyaan yang ringan dan lucu untuk membangun suasana yang seru saat jam kosong. Anyway, lo bisa melihat daftar tebak-tebakan terbaru dan lucu di sini.

8. Ramein Live Chat Prambors Radio Apps untuk Dibikinin Pensi Gratis!

Full lineup Mangkal On Skul: Skulprize 2023. Pensi gratis dari Prambors, bagaimana cara ikutan? (PRAMBORS)

Mendengarkan radio bersama teman-teman bisa menjadi kegiatan seru saat jam kosong di sekolah. Pasalnya, lo bisa request lagu untuk teman-teman kelas juga, bukan? Tidak hanya itu, bagaimana jika mendengarkan radio bersama teman-teman dan bisa membuat sekolah lo dibuatkan pensi gratis oleh Prambors?

Mangkal On Skul: Skulprize 2023 sudah memasuki final round loh, Kawula Muda! Terdapat 10 sekolah yang berhasil mengalahkan puluhan sekolah lain untuk bisa menjadi pemenang Skulprize 2023!

Selamat untuk SMA Negeri 12 Surabaya, SMK Yadika Tangerang, SMA Islamic Village Tangerang, SMK Negeri 3 Depok, SMA Negeri 15 Medan, MAN 1 Bekasi, SMA Negeri 48 Jakarta, SMA Unggulan Al-Azhar Medan, SMA Negeri 76 Jakarta, dan SMA Citra Kasih Jakarta yang berhasil masuk ke final round Skulprize 2023!

Pastikan lo dan teman-teman mengisi jam kosong dengan meramaikan live chat Prambors Radio Apps ya, Kawula Muda.

Soalnya, akan selalu ada pertanyaan setiap jam yang harus lo jawab. Jangan lupa caranya, ya!

1. Download Prambors Radio Apps di App Store atau Play Store 

2. Dengarkan siaran On Air Prambors, soalnya soal kuis akan dibacakan oleh penyiar setiap jamnya!

3. Jawab pertanyaan di Live Chat Prambors Radio Apps dengan format NAMA JAWABAN #PRAMBORSSKULPRIZE #SKULPRIZENAMASEKOLAHKOTA (Contoh: #SKULPRIZESMAPRAMBORSJKT)

Jangan lupa ajak satu sekolah untuk ikutan jawab di live chat Prambors Radio Apps ya, Kawula Muda! Semakin banyak yang ikutan, semakin banyak poin yang sekolah lo dapat, loh. Lo juga bisa ajak alumni dan guru biar sekolah lo jadi juaranya!

Kapan lagi dibuatkan pensi gratis sama Prambors dengan bintang tamu GAC, Lomba Sihir, UN1TY, Dere, dan Chainia Lovera?

Kawula Muda, semangat final round Mangkal On Skul: Skulprize 2023 dan pantengin terus klasemennya di Instagram @prambors!

Berita Lainnya