8 Tipe Karyawan di Kantor yang Sering Ditemui, Apa Tipe Lo?

Saatnya membaca kepribadian orang lain~

Tipe pekerja di kantor, ternyata banyak sifat dan kepribadiannya! (UNSPLASH)
Thu, 10 Aug 2023

Dunia kerja tentu merupakan dunia yang sangat berbeda dan baru bagi banyak orang. Terlebih, banyak tipe karyawan dengan segala macam sifat yang menjadi satu di kantor.

Tipe pekerja di kantor pun harus lo ketahui, sebab akan membantu lo untuk memahami berbagai karakter dan kepribadian yang beragam.

Apa saja macam-macam tipe pekerja? Simak di bawah ini dan apakah lo salah satu yang masuk ke dalam tipe di bawah ini?

1. Penuh Semangat dan Ambisius

Mengenal tipe pekerja atau karyawan di kantor (UNSPLASH)

Tipe pekerja yang pertama adalah si penuh semangat dan ambisius. Tidak hanya menyukai bekerja dalam tim, mereka juga dapat bekerja sendiri dengan baik.

Tipe pekerja yang satu ini biasanya banyak berbicara dan terlihat sangat menyukai pekerjaan mereka.

Tidak hanya itu, mereka juga sering disebut sebagai overcommitted worker yang mengerjakan segalanya. Seorang overcommitted worker tidak pernah menolak jika disuruh untuk melakukan berbagai hal.

Sebenarnya mereka baik kok, Kawula Muda!

2. Perfeksionis dan Sistematis

Tipe-tipe karyawan (UNSPLASH)

Tidak jarang, tipe pekerja yang satu ini kerap membuat pekerja lain menjadi kesal akibat sifatnya yang perfeksionis. Ingin semua pekerjaannya sempurna, hal ini tentu dapat menyebabkan konflik jika dikerjakan bersama.

Sangat detail dan mempermasalahkan hal sepele, mereka juga sangat sistematis loh!

Mereka biasanya sangat rapi dan fokus dalam setiap pekerjaan.

Sayangnya, sifat tersebut dapat membuat mereka mudah stres ketika ada hal yang berjalan tidak sesuai rencana.

3. Si ‘People Pleaser’

Tipe-tipe pekerja (UNSPLASH)

Lebih mementingkan kebutuhan orang lain dibanding dirinya, itulah tipe pekerja people pleaser. Meski berniat baik, terkadang mereka bisa sangat menyebalkan.

Pasalnya sifat terlalu baik yang mereka miliki dapat membuat orang lain terganggu, loh! Tidak hanya jadi ikut campur, si people pleaser juga rela ‘menderita’ demi orang lain. Padahal, masing-masing karyawan tentu sudah punya job description masing-masing.

4. Anti sosial dan Invisible

Tipe kepribadian orang tentu berbeda-beda. Hal ini yang menyebabkan kantor juga menjadi salah satu tempat dengan banyak kepribadian, seperti anti sosial.

Tipe pekerja kantor yang satu ini memang lebih merasa puas menghabiskan waktu sendiri dan jarang lo temui di acara luar kantor.

Meski pekerjaan mereka baik, terkadang beberapa orang menemukan kesulitan untuk berkomunikasi dengan tipe pekerja yang satu ini!

5. Humoris dan Teman Semua Orang

Mereka akan selalu menjadi pencair suasana dan membuat candaan akan setiap hal. Tipe karyawan yang satu ini memiliki pribadi yang menyenangkan.

Meski bisa dibenci karena ‘berisik’, mereka adalah teman semua orang, Kawula Muda!

Selain memiliki karakteristik ramah kepada semua orang dan suka bergaul, tipe pekerja yang satu ini tentu mengerti betul bagaimana cara berkomunikasi dan membuat topik menarik.

Bisa jadi, tipe pekerja yang merupakan kesayangan si bos loh, Kawula Muda!

6. Tipe Pekerja Pemimpin

Meski ada beberapa jenjang dalam karier, selalu ada orang yang dilahirkan sebagai pemimpin. 

Kerap menjadi inspirasi bagi sekitarnya, tipe pekerja pemimpin adalah salah satu tipe pekerja yang akan selalu ditemui. Seseorang yang memiliki jiwa pemimpin akan selalu menjadi pemimpin sekalipun untuk rekan kerja yang posisinya sama dengannya.

Mereka adalah pribadi yang selalu mendengarkan, memercayai, mengagumi, dan menghormati sekitarnya. Pekerja kantoran tipe pemimpin selalu menganggap serius pekerjaannya dan bekerja dengan tekun.

Mereka tentu memiliki karisma loh, Kawula Muda!

7. Si Selalu ‘Outfit of the Day’

Tidak peduli kantornya menggunakan seragam atau membebaskan para karyawan, tipe pekerja yang sangat fashionable ini tahu betul bagaimana membuat penampilan mereka selalu stand out setiap hari.

8. Toxic

Tipe pekerja selalu bermacam-macam, ada yang baik dan juga buruk. Mudahnya, Kawula Muda hanya perlu mengedepankan sikap profesional dalam setiap situasi.

Meski begitu, tetap ada tipe karyawan yang toksik nih, Kawula Muda. Tipe pekerja toxic juga bermacam-macam, ada yang iri melihat kesuksesan orang lain, biang gosip, hingga pemalas.

Untuk itu, penting bagi Kawula Muda memahami tipe-tipe pekerja dalam pekerjaan.

Drama Audio “The Stories Season 3: Balada Cerita Romantis” Ceritakan Tentang Hectic Pekerjaan Karyawan Muda

Drama audio The Stories Season 3: Balada Cerita Romantis dapat didengarkan di Prambors, Delta FM, Bahana FM, dan Female Radio. Hadirkan kembali kuis berhadiah puluhan juta rupiah (PRAMBORS)

Berbicara soal tipe karyawan di kantor, episode kedua drama audioThe Stories Season 3: Balada Cerita Romantis” juga menceritakan tentang pekerjaan baru Amira dan teman-teman toxic di kantor, Kawula Muda.

Episode kedua ini akan menceritakan tentang Amira yang memutuskan untuk melakukan tarot reading seperti yang ia lihat di TikTok. 

Namun, kartunya yang terlihat baik berbanding terbalik dengan keadaan kantornya yang membuat Amira tidak nyaman. Lantas, apa yang terjadi dengan Amira?

Untuk mengetahui keadaan Amira, dengarkan drama audio “The Stories Season 3: Balada Cerita Romantis” dengan klik link ini.

Drama audio “The Stories Season 3: Balada Cerita Romantis” akan melanjutkan kisah geng PPK (Para Pencari Kesetiaan) yang beranggotakan Ayas, Ares, Ale, dan Amira.

Sibuk dengan karier dan urusan masing-masing setelah road trip ke Yogyakarta, geng PPK harus menyambut kehadiran sosok Abel dari masa lalu Ayas yang mulai menelisik ke kehidupan para anggota PPK.

Di tengah kehidupan mereka yang damai setelah beranjak dewasa dan sudah jauh dari konflik, geng PPK ternyata kembali melanjutkan perjalanan yang penuh lika-liku.

Tidak hanya bisa mendengarkan di laman Prambors, Kawula Muda juga bisa mendengarkan drama audio “The Stories” Season 1, 2, dan 3 di On Air Prambors serta Prambors Radio Apps yang bisa lo unduh di App Store dan Play Store.

Tidak hanya itu, bagi pendengar setia drama audio “The Stories” berkesempatan untuk mendapatkan hadiah staycation mewah di seluruh Indonesia! Pantau terus sosial media @prambors dan jangan lupa tune in di 102,2 FM ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya