Kumpulan Kata Kata Motivasi Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas dan Semangat

Yu bisa yu, Kawula Muda!

Ilustrasi pekerja dan karyawan yang bersemangat dan optimis setelah mendengar kata-kata motivasi kerja (UNSPLASH/PRISCILLA DU PREEZ)
Wed, 08 Feb 2023

Menjalani rutinitas pekerjaan setiap hari dapat saja membuat lo merasa bosan sehingga tidak produktif. Hal itu pun wajar-wajar saja, Kawula Muda. Untuk meningkatkan semangat lo, ada kalanya lo butuh kata-kata motivasi kerja.

Namun, jangan sampai rasa tidak produktif tersebut malah membuat kinerja lo di kantor menjadi turun. Karena itu, bagi yang sedang merasa tidak produktif dan semangat, berikut beberapa kata motivasi kerja untuk lo. Tetap semangat ya, Kawula Muda!

Kata-kata Motivasi Kerja Agar Produktif

Ilustrasi pekerja dan karyawan yang bersemangat dan optimis setelah mendengar kata-kata motivasi kerja (UNSPLASH/MIMI THIAN)

 

- Manusia itu memiliki potensi dan kesempatan yang sama pula. Maka jangan menyerah untuk terus berusaha mendapatkan yang terbaik.

- Sekarang bukan waktunya untuk mengeluh apalagi menyerah. Namun setiap momen adalah untuk bekerja.

- Bekerja bukan hanya untuk mencari materi. Bekerja adalah bermanfaat bagi orang banyak. 

- Bekerjalah lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil. 

- Manusia itu memiliki potensi dan kesempatan yang sama pula. Maka jangan menyerah untuk terus berusaha mendapatkan yang terbaik.

- Melihat cahaya matahari merupakan tanda bahwa Tuhan masih memberikan kita kesempatan untuk bekerja.

- Kapasitas masa depanmu bergantung pada buku apa yang kamu baca dan dengan siapa kamu bergaul. 

- Ada uang enggak boleh sombong, enggak punya uang juga enggak boleh nyolong. Enggak banyak uang juga jangan suka bohong.

- Anak muda memang minim pengalaman, karena itu ia tak tawarkan masa lalu, anak muda menawarkan masa depan. 

- Hal yang berat dalam hidup ini adalah memulai sesuatu. Namun ada juga yang tidak kalah berat yakni berusaha kontinu melakukan usahanya.

- Tahapan untuk meraih kesuksesan itu panjang. Dari persiapan, percobaan, ujian, dan kemenangan.

- Kerja itu sebuah kenikmatan yang tiada terkira rasanya. Tapi banyak orang yang malas bekerja karena dirinya tidak mau merasakan kenikmatan tersebut.

- Keberhasilan seseorang sangat ditentukan dari seberapa perjuangan yang sudah mereka lakukan.

- Saat kita masih diberi kesempatan bangun di pagi hari, itu berarti Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk melakukan pekerjaan yang harus kita lakukan.

- Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

- Untuk menjadi orang sukses dan bahagia, pastikan hambatan tidak menjadi batasan.

- Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih sukses, Anda adalah seorang pemimpin. 

- Kerja itu sebuah kenikmatan yang tiada terkira rasanya. Tapi, banyak orang yang malas bekerja karena dirinya tidak mau merasakan kenikmatan tersebut.

- Jika ingin bahagia, tetapkan sasaran yang membangkitkan pikiran dan hati, bebaskan energi. 

- Orang yang amazing itu adalah orang yang mampu bersyukur dan mampu mengucapkan terima kasih. Dan mampu menemukan kebaikan pada diri setiap orang. Bukan fokus mencari-cari kesalahan orang lain.

- Dalam hidup kamu akan bertemu dua jenis orang, orang yang membangunmu, dan orang yang menjatuhkanmu. Namun pada akhirnya kamu akan berterima kasih kepada mereka berdua.

- Kalau ingin sesuatu jangan melakukan setengah-setengah. Melakukan full 100% saja belum tentu dapat, apalagi setengah-setengah.

- Kau masih muda, jangan terlihat seperti sedang menikmati masa pensiun.

- Sukses itu tidak lebih dari beberapa hal sederhana yang dilakukan secara disiplin dan dipraktikkan setiap hari.

- Kamu tidak pernah tahu betapa kuatnya dirimu.

- Kamu bukan berurusan dengan dunia, akan tetapi kamu berurusan dengan 'peta dunia' yang ada di dalam pikiran kamu. 

- Bagaimana mungkin masih ada orang yang takut kehilangan, padahal mulai saja belum.

- Dalam hidup, tidak ada yang mudah. Tapi ada saatnya di mana segalanya mudah. Tabah dan bersabarlah, semua ada waktunya.

- Janganlah pernah menyerah ketika Anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai Anda berhenti mencoba.

- Saat kita masih diberi kesempatan bangun di pagi hari, itu berarti Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk melakukan pekerjaan yang harus kita lakukan.

- Jalan untuk mendapatkan kesuksesan memang banyak. Namun untuk mendapatkan harta yang berkah kamu perlu racikan khusus untuk itu yakni doa dan kerja keras.

- Kerja keras mengalahkan bakat ketika bakat tidak bekerja keras.

- Banyak orang gagal bukan karena mereka tidak mampu, melainkan karena mereka tidak memiliki komitmen.

- Keberuntungan adalah datangnya kesempatan dan persiapan yang tepat untuk meraihnya.

- Keluar dari zona nyaman itu membuatmu tidak nyaman untuk sementara, tetapi akan membuatmu jauh lebih nyaman di hari nanti.

- Sukses adalah beranjak dari kegagalan ke kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.

- Untuk memahami hati dan pikiran seseorang, jangan lihat pada apa yang telah dia capai, tetapi lihat pada apa yang dia cita-citakan.

- Bekerjalah dengan baik agar kamu juga akan dipertemukan dengan orang yang baik pula.

- Apabila kita menginginkan hal besar terjadi di hidup kita, maka kita juga harus siap untuk melakukan perjuangan yang lebih besar juga.

- Kebiasaan yang baik akan membawa nasibmu menjadi baik.

- Pemikiran positif yang kecil waktu pagi bisa mengubah diri sendiri sepanjang hari.

- Menjadi manusia resilient atau tahan banting itu tidak mudah dan memang harus memiliki jiwa yang kuat. Tapi percayalah bahwa semua kesulitan yang kamu hadapi sekarang akan terbayar dengan kebahagiaan yang tak terhingga.

- Tanpa bekerja, semua kehidupan akan membusuk. Tetapi ketika bekerja tanpa jiwa, maka kehidupan akan tercekik dan mati.

- Pemimpin berpikir dan berbicara tentang solusi. Pengikut berpikir dan berbicara tentang masalah.

- Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagaimana (kamu) menyikapinya. Evaluasi. Bangkit. Gagal lagi? Bangkit lagi! 

- Harga diri suatu keberhasilan adalah kerja keras, pengabdian kepada pekerjaan di depan Anda, dan juga ketekunan yang Anda lakukan. Meskipun Anda menang atau kalah, tetap berikan yang terbaik dari diri sendiri kepada pekerjaan yang ada di depan Anda tersebut.

- Bekerja keras. Lakukan yang terbaik. Simpan kata-kata kamu. Jangan terlalu sombong. Percaya kepada Tuhan. Jangan takut; dan jangan pernah lupakan teman.

- Tanpa bekerja, semua kehidupan akan membusuk. Tetapi ketika bekerja tanpa jiwa, maka kehidupan akan tercekik dan mati.

Kata-Kata Motivasi Kerja Mario Teguh

Motivator Mario Teguh (INSTAGRAM/MARIO TEGUH)

 

- Kehidupan ini langkahnya tak terduga. Tugas kita adalah menjalaninya dengan sebaik-baiknya sikap, agar kita berjalan dalam kebahagiaan dan sampai dalam kemuliaan.

- Sakitnya jadi orang baik tetap lebih baik daripada enaknya menjadi orang tidak baik. Kebaikan selalu menang, kalau tidak segera, nanti, tapi pasti.

- Ada orang yang dari hari Senin ke Jumat – memikirkan Sabtu dan Minggu, dan mengkhawatirkan hari Senin selama hari Minggu. Sebetulnya, orang seperti ini hidup pada hari apa? Tidak ada hasil yang nyata bagi orang yang tidak betul-betul hadir di dalam waktu.

- Berhentilah menyesali, mulailah mensyukuri. Berhentilah meragukan, dan mulailah melakukan.

- Rencana Tuhan selalu berakhir dengan kebaikan. Jika keadaan Anda saat ini belum baik, berarti itu belum akhir.

- Hidup ini terjadi di alam tindakan, bukan di alam rencana. Lebih bertindaklah. Untuk apa malam bersemangat menggebu-gebu tentang rencanamu, lalu menunda semuanya di pagi hari? Lebih bertindaklah.

- Kehidupan berubah menjadi lebih baik bagi orang yang bersikap baik di dalam kesulitannya. Meskipun tidak mudah, cobalah untuk memelihara sikap baikmu di dalam kesulitan dan bencana. Bersabarlah.

- Sesungguhnya, bukan besarnya bebanmu yang tidak membahagiakanmu, tapi caramu memikulnya.

- Dan memang, tenaga yang kita gunakan untuk merasa khawatir sering lebih besar daripada yang kita butuhkan untuk bekerja. Maka, marilah kita lebih sibuk bekerja daripada sibuk gelisah dalam kekhawatiran.

- Jangan pernah lupa bahwa tidak ada kesulitan yang permanen. Semuanya masih bisa berubah. Tetaplah pelihara harapan baik Anda, bahwa Tuhan akan mendatangkan perubahan yang menyejahterakan dan membahagiakan Anda. Damailah.

- Jika kita bersabar, untuk setiap pengurangan ada setidaknya sebuah penambahan.

- Rasa syukur adalah jendela bagi mata hatimu untuk melihat keindahan ciptaan Tuhan.

- Bersyukur itu tidak berhenti pada menerima apa adanya saja, tapi terutama bekerja keras untuk mengadakan yang terbaik.

- Sadarilah, engkau sering merasa tidak berbahagia karena mengira bahwa yang tidak kau miliki adalah kebahagiaan. Ingatlah, bukan kebahagiaan yang membuatmu bersyukur, tapi rasa syukurmulah yang menjadikanmu berbahagia.

- Membuat rencana adalah mudah. Membuat rencana yang baik tidak semudah itu. Tapi, yang paling sulit adalah melaksanakan rencana yang sederhana dengan baik.

- Ada dua macam orang, yang pertama hanya menunggu pemberian, dan yang kedua mendesak maju untuk mengambil sendiri. Anda yang mana?

- Kita terlalu sibuk menginginkan dan mengejar yang besar, tanpa menyadari bahwa kehidupan ini dibangun dari hal-hal kecil yang dilakukan dengan kesungguhan besar.

- Sebuah rencana kecil yang diselesaikan dengan baik, lebih bernilai daripada langkah-langkah impian yang tidak pernah dilaksanakan. Yang lebih bertindak, yang menjadi lebih dihargai.

- Jangan menunggu yang bisa Anda segerakan, dan jangan menyegerakan yang seharusnya Anda tunggu. Kesegeraan sukses dan kebesaran hidup kita sangat ditentukan oleh kebijakan prioritas kita.

- Tidak semua yang kau inginkan adalah kebaikan bagimu. Seperti tidak semua yang kau benci adalah keburukan bagimu.

Kata-kata Motivasi Kerja Agar Sukses

Ilustrasi pekerja dan karyawan yang bersemangat dan optimis setelah mendengar kata-kata motivasi kerja (UNSPLASH/MIMI THIAN)

 

- Sukses bukanlah kebetulan, ia terbentuk dari kerja keras, ketekunan, pembelajaran, pengorbanan, dan yang paling penting yaitu cinta akan hal yang sedang atau ingin kamu lakukan. 

- Semua perkembangan tergantung dari aktivitasnya. Tidak akan ada pembangunan secara fisik maupun intelektual tanpa adanya usaha di mana usaha tersebut berarti bekerja keras. 

- Bekerjalah saat waktunya bekerja, bermainlah saat waktunya bermain. Hal tersebut adalah aturan dasar dari kedisiplinan diri yang represif.

- Kesuksesan bersumber dari perbuatan. Orang yang sukses terus melakukan usaha. Orang sukses bahkan membuat kesalahan, namun mereka tidak berhenti usaha.

- Setiap orang punya jatah gagal, habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda. 

- Jangan menabung apa yang tersisa, tapi habiskan apa yang tersisa setelah menabungnya. 

- Berlomba-lomba dalam kerja keras agar menjadi yang terbaik. Demi kebahagiaan keluarga.

- Apabila kita menginginkan hal besar terjadi di hidup kita, maka kita juga harus siap untuk melakukan perjuangan yang lebih besar juga.

- Lakukan segala sesuatunya dengan semaksimal mungkin, maka hasil yang akan didapatkan juga akan demikian.

- Keberhasilan bukanlah milik orang pintar. Namun keberhasilan itu adalah milik mereka yang senantiasa berusaha. 

- Banyak orang tanya, 'bisnis apa yang bagus?' Jawabannya, bisnis yang bagus adalah yang dibuka, bukan ditanyakan terus. 

- Jangan malu dengan pekerjaan atau usahamu. Tidak ada yang akan memberimu makan jika kamu jatuh miskin.

- Segala sesuatunya akan terasa menyenangkan, apabila kita mau bersyukur dengan setiap hal-hal kecil yang sudah kita dapat.

- Jadilah 'orang kecil' yang berpikir besar. Jangan jadi 'orang besar' yang berpikir kecil atau sempit. 

- Ingat, setelah gagal harus terus melangkah dan jangan pernah berhenti karena kegagalan yang sesungguhnya adalah ketika kita berhenti.

- Kemauan adalah kunci sukses. Orang-orang sukses, berusaha keras apa pun yang mereka rasakan dengan menerapkan keinginan mereka untuk mengatasi sikap apatis, keraguan, atau ketakutan.

- Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan yang hebat adalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan. 

- Yang membuatku terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidupku. 

- Tidak usah takut gagal, bekerjalah semaksimal mungkin dan percayalah bahwa semua jerih payah kita akan diperhitungkan oleh Tuhan. 

- Seseorang akan menjadi hebat jika dan hanya ia berusaha sesuai dengan apa yang ia minati.

- Pemimpin terbesar belum tentu orang yang melakukan hal-hal terbesar. Dia adalah orang yang membuat orang-orang melakukan hal-hal terbesar. 

- Pemimpin tak lahir karena ijazah, tapi oleh kerja keras dan kepedulian yang terus diasah. 

- Berhati-hatilah dengan apa yang kamu inginkan karena saat kamu meminta hujan, kamu harus berurusan dengan lumpurnya juga.

- Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesulitan, tantangan, dan air mata.

- Orang yang melakukan lebih banyak dari bayaran yang diperolehnya segera akan memperoleh bayaran lebih banyak dari pekerjaannya yang dilakukannya. 

- Orang hebat akan selalu ditemukan sendirian. Orang lemah akan selalu ditemukan dalam keramaian.

- Banyak orang mengeluh karena merasa pekerjaannya itu beban. Tapi mereka lupa jika lebih banyak orang yang lebih terbebani karena butuh pekerjaan.

- Bekerja itu bukan soal bisa atau tidak bisa, tapi soal mau atau tidak mau dan soal serius atau tidak serius.

- Singa tidak akan pernah memakan rumput walaupun ia sangat lapar. Jadilah seperti singa, jangan pernah menurunkan standar kamu karena orang lain.

- Banyak pemimpi besar yang awalnya ditertawakan sampai disebut gila. Semua akhirnya dibungkam setelah melihat mimpi mereka menjadi kenyataan.

- Jangan pernah membandingkan prosesmu dengan proses orang lain karena setiap orang punya jalan suksesnya masing-masing.

- Salah bisa diperbaiki, gagal bisa diulangi, tapi menyerah berarti selesai. Kita boleh gagal tapi jangan sampai menyerah.

- Saya tidak dilahirkan untuk menjadi orang yang biasa-biasa saja.

- Masa depan sukses tidak memandang level pendidikan. Tapi lebih memandang siapa yang paling kuat memiliki kemauan, lebih lama dalam bertahan, dan paling gigih dalam memperjuangkan.

Kata-kata Motivasi Kerja Agar Semangat

Ilustrasi pekerja dan karyawan yang bersemangat dan optimis setelah mendengar kata-kata motivasi kerja (UNSPLASH/CHRISTINA WOCINTECHCHAT)

  

- Jalan untuk mendapatkan kesuksesan memang banyak. Namun untuk mendapatkan harta yang berkah kamu perlu racikan khusus untuk itu, yakni doa dan kerja keras.

- Jadilah unik saat dirimu bekerja agar kamu terlihat. Lebih baik menjadi aneh namun bermanfaat daripada ikut-ikutan kebanyakan orang tapi merugikan.

- Bekerjalah dengan baik agar kamu juga akan dipertemukan dengan orang yang baik pula.

- Orang yang paling kuat adalah mereka yang bisa melewati setiap cobaan yang diberikan Tuhan kepadanya.

- Buruh itu bukan pekerjaan hina, karena buruh memberikan mencurahkan setiap keringatnya untuk kepentingan orang lain.

- Kecerdasan bukan satu-satunya yang menjamin seseorang untuk sukses, semua butuh kerja keras.

- Keberhasilan dalam kehidupan hanya bisa didapatkan ketika seseorang mau berjuang dengan keras.

- Terima tanggung jawab dalam hidupmu. Ketahuilah bahwa kamulah yang akan membawa dirimu ke mana kamu ingin pergi, bukan orang lain. 

- Jangan pernah menyerah dan mengasihani diri sendiri.
- Kamu harus berjuang untuk mencapai impianmu. Kamu harus berkorban dan bekerja keras untuk impian tersebut.

- Dalam kesuksesan, kemauan kamu untuk sukses harus lebih besar daripada ketakutanmu akan kegagalan. 

- Tak seorang pun di dunia ini yang ternama hanya semata-mata karena bakat yang dimiliki saja, melainkan bekerja dapat mengubah bakat menjadi suatu yang jenius.

- Tidak ada waktu untuk menyesal terlalu lama, gunakan waktu Anda untuk bangkit dan kembali maju.

- Jangan tanyakan pada diri Anda apa yang dibutuhkan dunia. Bertanyalah apa yang membuat Anda hidup, kemudian kerjakan. Karena yang dibutuhkan dunia adalah orang yang antusias.

- Sekarang bukan waktunya untuk mengeluh apalagi menyerah. Namun, setiap momen adalah untuk bekerja.

- Jika Anda gagal merencanakan, maka Anda berencana untuk gagal.

- Saya belum gagal. Saya hanya menemukan 10.000 cara yang tidak akan berhasil. 

- Menyepi itu penting, supaya kamu benar-benar bisa mendengar apa yang menjadi isi keramaian.

- Jangan sampai kamu menyesal di hari tua karena kamu tidak melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan sekarang.

- Tindakan menyalahkan hanya akan membuang waktu. Sebesar apa pun kesalahan yang Anda timpakan ke orang lain, dan sebesar apa pun Anda menyalahkannya, hal tersebut tidak akan mengubah Anda. 

- Ambillah risiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal. 

- Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan.

- Mumpung masih muda, perbanyak action, perbesar omzet, kurangi mengeluh, dan perbanyak relasi.

- Jangan resign dari pekerjaanmu untuk membangun bisnis. Tapi bangunlah bisnis agar kamu bisa resign dan bebas dari pekerjaanmu.

- Semua profesional berawal dari pemula. Tidak ada orang yang langsung hebat saat baru memulai. Berusahalah lebih keras dari pada hari kemarin, jika kamu ingin hari esok lebih baik.

- Jadilah dirimu sendiri sesuai dengan kepribadian dirimu. Tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain hanya untuk disukai banyak orang.

- Terbanglah, tinggalkan hal-hal negatif yang selama ini membatasimu.

- Jika mendapat tugas baru yang belum pernah kamu kerjakan sebelumnya, itu artinya peluang untuk meningkatkan kompetisimu.

- Kegagalan adalah pelajaran, dengan gagal kita dipaksa untuk berinovasi mencari solusi lainnya.

- Janganlah kau tuntut Tuhanmu karena tertundanya keinginanmu, tetapi tuntutlah dirimu sendiri karena engkau telah menunda adabmu kepada Allah. 

- Untuk bisa sukses, kamu tidak perlu wajah yang tampan atau tubuh yang heroik, yang kamu butuhkan adalah otak yang penuh ide dan kemampuan untuk tampil.

- Penghargaan paling tinggi bagi seorang pekerja keras bukanlah apa yang dia peroleh dari pekerjaan itu, tapi seberapa berkembang ia dengan kerja kerasnya itu. 

- Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan. 

- Bekerjalah 2 atau 3 kali lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil. 

- Seseorang akan menjadi hebat jika dan hanya ia berusaha sesuai dengan apa yang ia minati. 

- Tanpa bekerja, semua kehidupan akan membusuk. Tetapi ketika bekerja tanpa jiwa, maka kehidupan akan tercekik dan mati. 

- Takut tidak selalu buruk. Tokoh-tokoh dunia justru muncul karena rasa takut. Thomas Alva Edison takut akan gelap sampai Ia menciptakan lampu. 

- Tidak ada istilah mulai lagi dari nol saat Anda gagal, kegagalan justru membuat Anda lebih berpengalaman. 

- Masa depanmu diciptakan oleh apa yang kamu kerjakan hari ini, bukan besok.

- Kita semua harus menanggung salah satu dari dua hal ini, derita disiplin atau sakitnya penyesalan. 

Berita Lainnya