9 Cara Membaca Kepribadian dan Karakter Orang Lain dengan Tepat

Mulai dari cara berbicara sampai cara mengetik, Kawula Muda.

Simak 9 cara melihat kepribadian orang lain (UNSPLASH)
Wed, 12 Jul 2023

Setiap orang pastinya memiliki kepribadian yang beragam. Bahkan, rasanya ingin bisa membaca kepribadian orang baru sebelum dekat lebih jauh dengannya.

Cara membaca kepribadian dan karakter ini memang membutuhkan kejelian, namun ketika sudah terbiasa pasti akan menjadi mahir dan bisa dengan mudah menebak sifat seseorang.

Kepribadian orang lain bisa dilihat dari sifat, kebiasaan, watak, atau perilaku sehari-hari seseorang.

Simak 9 cara melihat kepribadian orang lain (UNSPLASH)

 

Supaya lo bisa mengetahui kepribadian orang lain, berikut adalah cara melihat kepribadian orang lain yang sudah dirangkum oleh Prambors untuk Kawula Muda:

1. Perhatikan Penampilan

Tidak hanya sifat dan watak, untuk melihat kepribadian seseorang juga bisa dilihat dari apa yang orang tersebut kenakan. Misalnya warna kaos, tulisan di kaos, tato, atau cincin yang dikenakan. Apapun yang mereka kenakan saat bertemu, lo akan bisa menilai mereka dari penampilan awal. 

2. Terbuka dan Open Minded

Biarkan pikiran lo terbuka dan jangan sampai emosi saat memperhatikan seseorang untuk membaca karakternya. Serta, jangan libatkan pengalaman lama untuk memengaruhi penilaian lo dengan masa sekarang dan mendatang bersama orang baru.

3. Lihat Cara Orang Itu Menghadapi Masalah

Saat dihadapkan dengan masalah, sifat orang berbeda-beda, ada yang tidak sabar dan selalu mengeluh serta menyalahkan orang lain dalam setiap masalahnya.

Apa pula orang yang optimis, di mana mereka akan selalu mencari jalan keluar dan menyelesaikannya dengan penuh tanggung jawab.

4. Lihat Reaksi saat Marah

Biasanya, orang yang cenderung mudah emosi akan mudah sekali marah terhadap hal-hal kecil. Namun, orang yang sabar akan berpikir panjang untuk mengeluarkan emosinya dan lebih baik dibicarakan jika hati sudah tenang.

5. Perhatikan Cara Berjalannya

Cara melihat kepribadian orang lain selanjutnya dengan bagaimana mereka jalan. Sifat introvert cenderung berjalan dengan pelan, sementara itu untuk yang extrovert berjalan lebih cepat.

6. Jangan Abaikan Obrolan Ringan

Obrolan ringan bisa juga melihat bagaimana sifat orang. Melalui obrolan ringan ini, lo bisa meliat kepribadiannya dengan lebih tepat seperti apa karakter orang tersebut.

7. Melihat Kebiasaan Kecil

Orang biasanya menunjukkan perilaku berulang-ulang dapat memperlihatkan kepribadian orang lain. Misalnya dengan menggigit kuku, menepuk kaki, menggigit bibir cenderung orang yang tidak sabar dan perfeksionis.

Demikian untuk orang yang tenang cenderung lebih santai.

8. Perhatikan Ucapan Mereka

Melihat ucapan dan kata-kata yang keluar dari mulut mereka juga bisa mengetahui seberapa edukasinya dia dari cara berbicara.

9. Cara Mengetik Pesan

Jika orang yang selalu memperhatikan tata bahasa ketika chat atau mengirim pesan, berarti dia adalah orang yang cerdas, perfeksionis, dan sangat detail.

Kebalikannya, jika sering typo, bisa jadi dia adalah orang yang tidak peduli dengan detail, sering buru-buru, dan cuek.

Itu dia cara melihat kepribadian orang lain, yang bisa lo ketahui saat bertemu seseorang.

Berita Lainnya