11 Fakta Unik di Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui

Ini dia 11 fakta unik tentang tubuh manusia, yang belum diketahui, simak sebagai berikut.

people (Unsplash/ryojiiwata)
Mon, 05 Jun 2023

Kawula muda, kita sebagai manusia memiliki banyak sel, jaringan, organ, dan berbagai sistem yang sangat kompleks. Sehingga, banyak dari orang-orang tidak menduga dari banyaknya bagian dalam tubuh manusia, banyak yang memiliki fakta unik dan jarang diketahui.

Boleh jadi lo sebagai manusia tidak mengetahuinya, Kawula Muda. Agar lebih paham degan tubuh sendiri, berikut 11 fakta unik tentang tubuh manusia yang sudah dirangkum oleh Tim Prambors.

1. Lebih dari 1 liter air liur dihasilkan setiap hari

lidah (pixabay/DaModernDaVinci)

 

Menurut penelitian Journal of Medicine and Life, edisi Juli – September 2009, produksi air liur normalnya antara 0.5 hingga1.5 liter setiap harinya. Air liur ini berfungsi membantu tubuh dalam menambah kenikmatan rasa dalam makanan dan membantu memecahkan makanan menjadi potongan yang sangat kecil sehingga mudah ditelan dan dicerna.

2. Otot jantung tidak pernah berhenti

Berdasarkan BBC Science Focus Magazine, otot jantung terdiri dari sel-sel khusus yang disebut Cardiomyocyte. Cardiomyocyte ini, dapat menahan otot jantung menahan kelelahan dengan sangat baik karena, memiliki mitochondria, untuk menghasilkan energi.

3. Mata dapat berkedip sekitar 20 kali/menit

mata (Unsplash/amandadalbjorn)

 

Dikutip dari Healthline, orang rata-rata berkedip sebanyak 15 hingga 20 kali per menit. Hal tersebut, membantu mata agar tetap sehat dengan tetap teroksigenasi dan lembap serta membersihkan kotoran.

4. Kulit adalah organ tubuh terbesar

skin (Unsplash/colinehasle)

 

Dilansir dari WebMD, kulit merupakan organ tubuh paling besar, dengan luas total sekitar 1,8 meter persegi. Kulit tersebut memiliki fungsi melindungi tubuh dari mikroba, membantu mengatur suhu tubuh, dan merasakan sensasi seperti sentuhan dan suhu panas atau dingin.

5. Tulang Paha bagian tulang terbesar

tulang paha (pixabay/PublicDomainPictures)

 

Dikutip dari BBC Science and Nature, tulang paha atau femur mencangkup sendi pinggul dan lutut, yang berfungsi membantu untuk menjaga postur tegak dengan mendukung kerangka.

6. Otak dan Jantung terdiri dari 73% air

otak dan jantung (unsplash/robinaweermeijer)

 

Di dalam Journal of Biological Chemistry, menurut H. H. Mitchel. Otak dan jantung terdiri dari 73% air. Yang artinya, air membantu sel-sel otak berkomunikasi satu sama lain, membawa nutrisi, dan membersihkan racun. Selain itu, juga penting untuk kesehatan jantung agar mampu melakukan tugasnya dan dapat memompa darah lebih mudah.

7. Tubuh membuat lebih dari 3,8 juta sel baru setiap detik

ilustrasti tubuh (Unsplash/kiraaufderheide)

 

Berdasarkan penelitian dari Nature Medicine, tubuh memiliki banyak sel yang selalu bergenerasi, dan menunjukkan lebih dari 3,8 juta sel baru dibuat oleh tubuh setiap detiknya, serta sebagian besarnya lagi merupakan sel darah dan sel-sel yang berada di usus.

8. Panjang Pembuluh Darah mencapai sekitar 96.500 km

sel darah (unsplash/jesseorrico)

 

Menurut perkiraan U.S. National Institute on Aging, jika seluruh pembuluh dara dalam tubuh diletakkan dalam satu garis. Panjangnya dapat mencapai sekitar 96.500 km atau 60.000 mil.

Menurut NASA, keliling bumi adalah 40,070 km, berarti pembuluh darah yang ada ditubuh setara dengan lebih 2 kali lipat keliling bumi.

9. Terdapat sekitar 50 hingga 100 helai rambut rontok setiap harinya

rambut (unsplash/paulsiewert)

 

Dikutip dari American Academy of Dermatology Association, ada sekitar 50 hingga 100 helai rambut manusia rontok setiap harinya dari satu kepala, dan rambut rontok merupakan bagian dari siklus pembaruan alami tubuh.

10. Otak Manusia dewasa memiliki berat 1.300 hingga 1.400 gram

otak (unsplash/robinaweermeijer)

 

Dilansir dari Verywell Mind, otak manusia dewasa, rata-rata memiliki berta 1.300 hingga 1.400. sedangkan panjang otak memiliki rata-rata sekitar 15 cm. Pria memiliki kecenderungan ukuran otak lebih besar dari pada wanita.

11. Telinga dan Hidung selalu memanjang

telinga dan hidung (unsplash/jessicaflavia)

 

Dilansir dari Discovery, telinga dan hidung selalu memanjang, keduanya disebabkan gravitasi dan bukan pertumbuhan usia pada umumnya. Gravitasi yang menyebabkan tulang rawan di hidung dan telinga dapat rusak dan memanjang. Para peneliti juga memperkirakan telinga dapat memanjang sebesar 0.22 mm per tahun.

Kawula Muda, itu dia 11 fakta tentang tubuh yang belum atau beberapa kawula muda ketahui. Menurut lo, fakta apa yang paling unik dari tubuh manusia? 

Berita Lainnya