10 Fakta Unik Dunia yang Jarang Diketahui, Orang Terpendek Dunia ada di Indonesia?

Kawula Muda, apa fakta unik dunia yang lo tahu?

Fakta unik dunia yang mungkin lo belum tahu (UNSPLASH)
Thu, 11 May 2023

Kawula Muda, lo tahu enggak, bawha dunia yang besar ini menyimpan banyak fakta unik yang cukup mengejutkan. Tidak hanya berkaitan dengan suatu negara atau fenomena alam, beberapa fakta dunia unik ini juga berkaitan dengan manusia, Kawula Muda.

Seperti apa fakta unik dari dunia yang mungkin saja belum lo tahu? Simak di bawah ini, ya!

Fakta unik dan aneh di dunia yang mungkin lo belum tahu (UNSPLASH)

1. Laut Mengandung Lebih dari 200.000 Virus yang Berbeda

Laut menjadi salah satu daratan terluas di dunia. Meski indah, faktanya laut menjadi tempat tinggal hampir 200.000 virus dengan jenis yang berbeda, loh. Matthew Sullivan, seorang mikrobiologi Universitas Ohio bahkan pernah mengatakan kepada CNN jika peta virus di lautan mempermudah para peneliti untuk meneliti.

2. Hampir Dua Orang Meninggal Setiap Dua Detik

Di samping fakta bahwa setiap detik Bumi akan menyambut empat kelahiran baru, bersamaan dengan fakta tersebut, ternyata ada dua orang meninggal pada waktu yang bersamaan, Kawula Muda. Meski tidak terlalu menyenangkan, fakta ini boleh lo ketahui, ya!

3. Tidak ada Coca Cola di Korea Utara dan Kuba

Siapa yang tidak mengenal Coca Cola? Perusahaan minuman yang satu ini hampir bisa ditemukan di mana saja. Meski begitu, minuman bersoda ini tidak bisa lo temukan di Korea Utara dan Kuba sejak 1962. Hal ini dikarenakan kedua negara tersebut berada di dalam embargo perdagangan jangka panjang Amerika Serikat. Meski begitu, mungkin saja Coca Cola akan hadir di Korea Utara dan Kuba jika berusaha lebih keras lagi.

4. Bunga Bisa Berubah Warna

Meski terlihat keren, perubahan warna ini disebabkan oleh peningkatan radiasi UV yang disebabkan oleh kerusakan lapisan ozon, Kawula Muda.

Kerusakan lapisan ozon rupanya dapat meningkatkan pigmentasi UV bunga dan menyebabkan kerusakan serbuk sari yang menyebabkan bunga berubah warna.

5. Dokter Gigi Profesi Tertua di Dunia

Melansir penelitian yang berjudul “Early Neolithic Tradition of Dentistry”, sejarah menemukan bukti gigi yang dibor pada tengkorak, Kawula Muda. Menariknya, tengkorak tersebut berasal dari 7.500 sampai 9.000 tahun yang lalu, loh!

Tidak sampai di situ, penelitian lain juga menunjukkan jika di dalam tengkorak manusia berumur 14.000 tahun sudah ditemukan gigi busuk pada rahang yang sengaja digosok dan digores dengan alat. Kedua penemuan tersebut memperkuat fakta jika dokter gigi adalah profesi tertua di dunia.

6. Orang Terpendek di Dunia Ada di Indonesia

The Telegraph pernah mengungkapkan jika Indonesia menjadi salah satu negara terpendek di dunia, Kawula Muda. Jika rata-rata orang dewasa mempunyai tinggi badan sekitar lima kaki, orang Indonesia memiliki tinggi badan jauh di bawah rata-rata tersebut, Kawula Muda.

7. Islandia Satu-satunya Negara Tanpa Nyamuk

Sebagai negara dengan suhu yang rendah, nyamuk atau beberapa hama lain tidak mungkin berkembang biak di Islandia, Kawula Muda. Enak banget!

8. Populasi Pengguna Facebook Melebihi Populasi Amerika, China, dan Brazil

Setiap hari, kenaikan pengguna Facebook terus bertambah. Salah satu media sosial yang sangat populer ini rupanya memiliki pengguna yang melebihi populasi Amerika, Cina, dan Brazil. Hal ini berarti, pengguna Facebook sudah menyentuh 2 miliar pengguna aktif sosial media, Kawula Muda!

9. China Hanya Memiliki Satu Zona Waktu

Faktanya, dunia memiliki 24 zona waktu yang berbeda, Kawula Muda. Meski begitu, negara yang sangat luas seperti Cina hanya memiliki satu zona waktu, loh. Pada awalnya, China memiliki 5 zona waktu, namun pada tahun 1271, Kublai Khan mendirikan imperium di ibu kota Peking yang kini disebut Beijing.

Akibatnya, waktu di Beijing dianggap sebagai waktu yang relevan dengan aktivitas di China sejak 1949.

10. Ada Salju di Gurun Sahara

Meski menjadi salah satu tempat dengan suasana yang sangat panas, tandus, dan sedikit dengan air, Gurun Sahara rupanya pernah mengalami kejadian langka, loh. Pada tahun 1979, 2018 dan 2021 contohnya, Gurun Sahara pernah diselimuti badai salju selama satu hari dan badai salju yang berlangsung selama setengah jam.

Kawula Muda, itulah fakta unik dunia yang menarik dan tidak dapat dipercaya. Meski begitu, fakta-fakta di atas benar adanya, loh!

Berita Lainnya