Anti Pamer, Warren Buffett Tetap Hemat Meski Hartanya Rp 1,4 Triliun

Hai Kawula Muda, yuk intip tips hemat ala Warren Buffett!

Warren Buffet, orang terkaya kelima di dunia 2022. (INSTAGRAM/THE BILLIONER)
Wed, 29 Jun 2022


Miliarder investor Warren Buffett telah merasakan kekayaan selama puluhan tahun. Bahkan baru-baru ini, menurut Forbes Real Time Net Worth, kekayaan Buffett telah mencapai 113,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 1,632 triliun.

Dengan kekayaan yang bertambah, di awal 2022 ini Warren Buffett bertahan di posisi kelima orang terkaya dunia, setelah sebelumnya sempat di posisi ke-10.

Meskipun kekayaannya terus saja bertambah, Warren Buffett punya kebiasaan unik yaitu tetap hidup dengan penuh kesederhanaan layaknya masyarakat biasa.

Berikut adalah tujuh kebiasaan unik Warren Buffett menghabiskan uang dilansir dari CNBC Indonesia:

1. Sarapan tak lebih dari Rp 50.000

Dalam perjalanannya selama lima menit ke kantor, Warren Buffet selalu mampir ke McDonald's untuk sarapan. Kebiasaan ini sudah dia lakukan selama 54 tahun terakhir.

Meski memiliki banyak uang, dia hanya memesan satu dari tiga item yakni dua roti sosis, sosis, telur, dan keju seharga 2,95 dolar AS atau bacon, telur, dan keju seharga 3,17 dolar AS.

Atau jika tak ingin sarapan tadi, Buffet lebih memilih Oreo untuk sarapan.

2. Minum 5 kaleng soda sehari

Buffett ternyata gemar mengonsumsi lima kaleng soda sehari. Sebelumnya, selama 50 tahun ia sudah mengonsumsi soda merek Pepsi, namun kini beralih ke merek soda Coca-cola.

"Jika saya makan 2.700 kalori sehari, seperempatnya adalah Coca-Cola. Saya minum setidaknya lima porsi 12 ons," kata Buffett kepada Fortune.

Khusus kebiasaan yang satu ini, sebaiknya tidak Anda tiru, ya. Sebab, minuman soda mengandung banyak gula yang bisa bikin diabetes meroket.

3. Tinggal di rumah yang sama selama 64 tahun

Rumah yang berada di Omaha, AS, yang ditinggali oleh Warren Buffet terdiri dari lima kamar tidur yang dia beli seharga 31.500 dolar AS atau sekitar 260.000 dolar AS saat ini.

Jika Anda ingin menjadi tetangga Buffett, rumah di seberang jalan dijual seharga 2,15 juta dolar AS.

4. Tidak memiliki komputer di meja kerjanya

Meski tidak punya komputer di rumahnya, tapi dirinya masih mengandalkan untuk membuka 'jendela dunia' lainnya melalui buku World Book Encyclopedia yang dia taruh di rak bukunya.

Gapteknya Buffett juga dibuktikan bahwa dia hanya mengirim e-mail satu kali selama hidupnya, yakni kepada salah satu pegawai Microsoft, Jeff Raikes.

5. Menggantung "seni instruktif" di dinding kantornya

Buffett memiliki salinan halaman depan New York Times lama yang menggambarkan krisis ekonomi, seperti Kepanikan 1907.

"Saya ingin memasang dinding tentang hari-hari kepanikan ekstrem di Wall Street hanya sebagai pengingat bahwa apa pun bisa terjadi di dunia ini. Ini seni instruktif, Anda bisa menyebutnya," katanya dalam film dokumenter baru HBO, Becoming Warren Buffett.

6. Baca buku enam jam sehari

Waffett Buffet sangat paham bahwa waktu adalah uang. Karena itu, dia menghabiskan banyak waktunya untuk 'memperkaya' otaknya.

"Saya membaca dan berpikir. Jadi saya lebih banyak membaca dan berpikir, dan membuat keputusan yang tidak terlalu impulsif dibandingkan kebanyakan orang dalam bisnis. Saya melakukannya karena saya menyukai kehidupan seperti ini," kata Buffett kepada Time.

7. Bermain bridge

Bridge adalah adalah permainan kartu yang mengasah otak. Banyak orang kaya dunia gemar bermain bridge, termasuk Hartono, salah satu orang paling kaya di Indonesia.

Bagaimana Kawula Muda, mau coba tips hidup sederhananya Warren Buffett?

Berita Lainnya