Apa Arti AM dan PM di Keterangan Waktu?

Satuan waktu Am dan Pm sendiri berasal dari bahasa latin di Mesir

Ilustrasi waktu (Freepik)
Sun, 24 Jul 2022

Berbeda dengan Indonesia, di beberapa negara di belahan dunia lain, seperti Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, dan Australia menggunakan waktu dengan format 12 jam, atau sering dibaca AM dan PM.

Nah Kawula Muda, pada tahu enggak sih arti dari format waktu 12 jam AM dan PM?

Ilustrasi waktu (Freepik)

Format waktu 12 jam dibagi dari format waktu 24 jam sehari sehingga terbagi 12 jam dalam dua bagian. Waktu bagian di 12 jam pertama disebut sebagai AM. 

AM sendiri merupakan waktu dari tengah malam hingga siang hari. Sedangkan, waktu periode kedua disebut sebagai PM. Pada bagian kedua ini terdiri dari 12 jam dari siang hingga tengah malam.

Arti AM dan PM

Satuan waktu AM dan PM sendiri berasal dari bahasa latin di Mesir, yang artinya Ante Meridiem (AM) dan Post Meridiem (PM). Menariknya istilah PM sudah digunakan sejak awal tahun 1640-an, sedangkan AM baru mulai digunakan setelah tahun 1760-an.

Tetapi satuan waktu ini memiliki kelemahan sendiri, kelemahan utamanya adalah kebingungan tentang singkatan mana yang harus digunakan untuk siang dan tengah malam. Karena pada kenyataannya tidak ada momen yang dapat diidentifikasi sebagai sebelum tengah hari (AM) atau setelah tengah hari (PM).

Berita Lainnya