Begini Asal Mula Kucing Hitam yang Identik dengan Pembawa Sial!

Jadi sejarahnya udah panjang banget, Kawula Muda!

Ilustrasi kucing hitam (UNSPLASH/NATHAN RILEY)
Fri, 02 Sep 2022


Setiap ada kucing hitam yang lewat, tak jarang terdengar sebutan "pembawa sial" yang merujuk pada hewan tersebut. 

Dengan matanya yang kucing dan bulu hitam, tak jarang seseorang menghindari dan bahkan mengusir jenis kucing tersebut. 

Ilustrasi kucing hitam (UNSPLASH/HANNAH TROUPE)

 

Kucing hitam dihindari dan dapat diskriminasi tak hanya di Indonesia. Di negara barat misalnya. Kucing hitam identik sebagai salah satu simbol perayaan Halloween dan dekat dengan para penyihir.

Lantas, dari mana klaim kucing hitam pembawa sial tersebut berasal?

Mengutip History, sejarah koneksi antara manusia dan kucing sebenarnya telah hadir sejak zaman Mesir Kuno. Dalam mitologi Yunani, diceritakan dewi sihir dan dewi bulan memiliki kucing sebagai hewan peliharaan. 

Adapun sebuah dokumen resmi gereja yang disebut “Vox in Rama” dikeluarkan oleh Paus Gregorius IX pada 13 Juni 1233. 

“Di dalamnya, kucing hitam dinyatakan sebagai inkarnasi setan,” tutur Layla Morgan Wilde, penulis Black Cats Tell: True Tales and Inspiring Images mengutip Kumparan pada Selasa (30/08/2022). 

Padahal, saat itu, terdapat perburuan penyihir yang disetujui gereja. Hal tersebut dirancang untuk menghancurkan asosiasi antara penyihir dengan setan di dunia. 

Di sisi lain, terdapat juga gagasan bahwa penyihir dapat berubah menjadi kucing. Namun, entah mengapa lingkaran ‘kucing’ tersebut kini dipersempit menjadi kucing hitam saja. 

“Hubungan antara penyihir dan kucing hitam khususnya mungkin imajiner, tetapi ada kemungkinan bahwa kucing hitam memburu tikus lebih baik, karena mereka tidak dapat dilihat di malam hari dan itu menguntungkan saat berburu,” tambah Layla. 

Penggambaran kucing hitam di dunia sihir dan pembawa sial dalam film juga mendorong imajiner masyarakat di seluruh belahan dunia. 

Sebut saja Binx, kucing hitam dalam film "Hocus Pocus" yang bisa berbicara karena sihir dari The Sanderson Sister. Selain Binx, ada juga Butch dalam serial TV anak-anak, "Tom and Jerry". Sebagai saingan dari Tom, setiap kali Butch muncul, ada saja kesialan yang Tom dapatkan, salah satunya pacar Tom direbut oleh Butch.

Kalau kucing hitam dan oranye berkelahi, jagoan lo yang mana Kawula Muda?

Berita Lainnya