Cara Menggunakan ChatGPT dengan Mudah untuk Bantu Pekerjaan dan Tugas

Kawula Muda ada yang udah pernah coba pakai?

Cara menggunakan ChatGPT dengan mudah dan praktis (UNSPLASH)
Mon, 10 Jul 2023

Internet kini sedang ramai dengan pembahasan tentang platform ChatGPT. Sistem chatbot ini adalah perusahaan kecerdasan buatan asal Amerika Serikat dengan Open AI.

ChatGPT bisa memberikan informasi ke pengguna dengan bahasa yang sangat natural. seperti sedang bertukar pesan dengan seseorang.

ChatGPT chatbot ini hadir pada November 2022 dan diciptakan untuk berinteraksi dengan manusia melalui percakapan. Nantinya, chat ini akan memberikan informasi dan tanggapan atas pertanyaan yang diajukan pengguna dengan teknologi AI.

Buat lo yang penasaran, simak cara menggunakan ChatGPT dengan mudah dan praktis:

Cara Menggunakan ChatGPT dengan Mudah dan Praktis

Cara menggunakan ChatGPT ini bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan komputer atau ponsel, seperti berikut:

1. Buka Situs Open AI

Pertama, Kawula Muda bisa buka tautan https://chat.openai.com/auth/login pada peramban bisa melalui komputer atau melalui ponsel.

2. Buat Akun Open AI

Selanjutnya adalah membuat akun Open AI. Lo perlu memasukkan alamat email aktif yang sedang dipakai. Agar lebih mudah, lo bisa mendaftar dan login menggunakan akun Google atau akun Microsoft yang dimiliki.

3. Lakukan Verifikasi Akun

Open AI akan meminta lo untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan nomor telepon yang digunakan. Setelah itu, sistem akan memberikan kode OTP untuk masuk situs ChatGPT.

4. Setujui Ketentuan dan Persyaratan

Setelah berhasil membuat akun, setujui syarat dan ketentuan saat menggunakan ChatGPT. Selanjutnya klik ‘Next’ untuk membaca keseluruhan syarat dan ketentuan yang diajukan kemudian klik ‘Done’ jika sudah selesai.

5. Masukkan Perintah atau Pertanyaan

Kawula Muda bisa memasukkan perintah atau pertanyaan ke ChatGPT dengan mengeklik tombol ‘+New Chat’ pada kolom yang tersedia. Jika sudah selesai, klik ikon pesawat kertas di samping kotak.

6. Selesai

ChatGPT akan menjawab pertanyaan lo yang diproses dengan AI. Lo bisa mendapatkan jawaban yang berbeda jika mengetuk tombol ‘Try Again'.

Demikianlah cara menggunakan ChatGPT yang bisa dilakukan dengan praktis dan mudah. Pemakaian ChatGPT bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, Kawula Muda. Selamat mencoba!

Berita Lainnya