Cara Tepat Charge HP agar Baterai Tahan Lama dan Tidak Mudah Bocor

Supaya baterai hp lo awat, Kawula Muda!

Ilustrasi seseorang yang mengisi daya baterai (FREEPIK)
Fri, 12 May 2023

Baterai ponsel yang tahan lama dan tidak bocor merupakan hal yang esensial. Hal itu mengingat HP/ponsel telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. 

Karena itu, pengisian daya baterai HP atau charger seolah menjadi kegiatan harian masyarakat. Namun, terdapat beberapa hal yang memengaruhi masa pakai baterai bahkan menyebabkan kerusakan pada perangkat loh, Kawula Muda! 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara yang benar untuk mengisi daya baterai agar tidak mudah bocor dan tahan lama. Berikut beberapa di antaranya, Kawula Muda!

Gunakan Charger Asli

Ilustrasi pengisian daya ponsel dengan perangkat original (UNSPLASH/STEVE JOHNSON)

 

Penting bagi lo untuk tetap menggunakan charger asli yang disertakan saat pembelian HP. Hal itu dikarenakan menggunakan charger palsu atau charger dari merek yang berbeda dapat menyebabkan kerusakan pada baterai ponsel. Apabila berlanjut, kerusakan tersebut juga dapat memengaruhi perangkat. Selain itu, jangan lupa memastikan kabel charger yang digunakan masih dalam kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan pada ujungnya ya!

Jangan Biarkan Baterai Kosong Sampai Habis

Ilustrasi seseorang yang mengisi baterai ponsel ketika sudah mati (FREEPIK)

 

Sebaiknya, hindari baru mengisi daya baterai saat ponsel sudah mati atau 0 persen. Sebaliknya, akan lebih baik apabila lo mengisi daya baterai saat masih tersisa sekitar 20-30 persen. Hal ini dapat membantu memperpanjang umur baterai.

Jangan Terlalu Lama Mengisi Daya

Ilustrasi mengisi daya baterai sampai 90% (UNSPLASH/ONUR BINAY)

  

Mengisi daya baterai terlalu lama dapat mempengaruhi masa pakai baterai. Sebaiknya lepaskan charger saat baterai sudah penuh atau mencapai persentase yang cukup, misalnya 80-98 persen. Kemudian, jangan lupa meninggalkan ponsel lo dengan posisi di-charge semalaman ya, Kawula Muda.

Jangan Menggunakan Ponsel saat Mengisi Daya

Ilustrasi seseorang yang tetap menggunakan ponsel saat pengisian daya (UNSPLASH/BRAD)

 

Menggunakan smartphone saat mengisi daya dapat menyebabkan perangkat menjadi panas sehingga baterai turut rusak. Hal ini juga dapat mengganggu proses pengisian daya baterai dan membuat waktu pengisian menjadi lebih lama. Karena itu, bersabar hingga baterai ponsel lo telah penuh ya.

Hindari Penggunaan Power Bank

Ilustrasi pengisian daya baterai dengan powerbank (FREEPIK)

  

Power Bank memang merupakan alat elektronik penyelamat. Namun, apabila digunakan terlalu sering, power bank akan menjadi racun mematikan bagi ponsel lo. Power Bank yang tidak memiliki watt dan daya yang disesuaikan dengan kriteria HP lo bisa saja merusak baterai di dalamnya. Jadi, jangan terlalu sering digunakan, ya Kawula Muda!

Jangan Gunakan Casing

Ilustrasi mengisi daya ponsel yang mengenakan casing (FREEPIK)

  

Saat mengecas ponsel, akan lebih baik apabila lo melepaskan casing yang melindungi ponsel. Hal itu dikarenakan mayoritas ponsel akan lebih mudah panas karena terhambatnya ‘ventilasi’ ponsel oleh casing. Hawa panas itulah yang dapat merusak kesehatan baterai HP lo. 

Demikianlah beberapa cara yang dapat membantu Kawula Muda untuk mengisi daya baterai dengan benar agar tahan lama dan tidak mudah bocor. Dengan mengikuti cara yang benar untuk mengisi daya baterai, lo dapat memperpanjang umur baterai dan menjaga kesehatan ponsel kesayangan lo, loh!

Berita Lainnya