Contoh CV Lamaran Kerja Menarik serta Cara Membuat CV yang Baik dan Benar!

Supaya lo bisa cepet dapet kerja ya, Kawula Muda!

Ilustrasi HRD yang sedang me-review CV seorang pelamar (ISTOCK)
Tue, 31 Jan 2023

Curriculum vitae (CV) merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki para pencari pekerjaan alias jobseeker. Contoh CV lamaran kerja dicari-cari sebagai acuan menuliskan berbagai pengalaman kerja hingga skills yang dimiliki, agar lo dapat diterima pada suatu posisi pekerjaan yang diinginkan. 

Dalam konteks pekerjaan, CV lamaran kerja yang rapi dapat membuat HRD lebih mudah melakukan review dan menentukan apakah lo kandidat yang cocok atau tidak. Karena itu, buatlah CV yang terstruktur, ya!

Untuk lo yang bingung cara membuat CV yang baik dan menarik, berikut tips hingga contoh CV lamaran kerja yang sudah dirangkum oleh tim redaksi Prambors. 

Tips Membuat CV

Agar CV lo dapat terlihat menarik, terdapat beberapa tips dan trik yang dapat lo ikuti. Terlebih lagi, CV memiliki ruang yang terbatas sehingga harus lo manfaatkan sebaik mungkin. Berikut tipsnya ya, Kawula Muda!

- Tulis keahlian secara jujur. Melebih-lebihkan keahlian lo akan membuat ekspektasi yang terlalu besar dari perusahaan nantinya. Selain itu, pastikan keahlian yang lo tulis bersifat faktual dan dapat dibuktikan ketika masuk ke dunia kerja nantinya. 

- Masukan pengalaman kerja dan organisasi yang relevan. Akan lebih baik, apabila pengalaman tersebut dimasukkan ke pengalaman teratas agar langsung dilihat oleh para rekruter. 

- Menjelaskan pengalaman secara detail. Jangan lupa untuk menyertakan apa saja prestasi dari pengalaman kerja hingga organisasi yang sebelumnya telah lo capai.

- Poles kalimat lo. Baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia, kata-kata yang menarik dan memiliki ‘kekuatan’ tentu dapat semakin meyakinkan para rekruter. 

- Cek tata bahasa agar tetap memiliki nada yang formal. Selain itu, kembali cek kalimat lo agar tetap mengantisipasi kesalahan ejaan atau typo ya, Kawula Muda!

- Gunakan tampilan profesional. Pastikan font yang lo gunakan mudah dibaca dan bersifat formal ya! Misalnya saja font Times New Roman, Arial, maupun Calibri. 

- Cantumkan kontak yang aktif. Pada CV, pastikan tetap memperbarui identitas pribadi lo agar rekruter dapat dengan mudah menghubungi lo nantinya. 

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik

Terkait CV lamaran kerja, terdapat dua jenis model yang dapat lo pilih. Pertama, CV kreatif. Kedua, CV ATS Friendly. 

CV ATS pun mulai berkembang karena teknologi. Dengan jenis CV tersebut, komputer dapat dengan mudah mengidentifikasi CV lo dan mengurutkan kandidat yang paling relevan bagi lowongan yang tersedia. Dengan begitu, jenis CV ini tentu menjadi pilihan terbaik apabila lo mendaftar ke perusahaan berskala besar dan pekerjaan bersifat formal. 

Sebaliknya, CV Kreatif merupakan bentuk CV yang mengutamakan kreativitas pembuat CV. Dengan begitu, jenis CV ini sangat cocok bagi perusahaan berskala kecil (karena HRD harus mengecek CV satu per satu) dan industri kreatif. 

Berikut contoh CV ATS Friendly dan CV kreatif yang dapat lo jadikan inspirasi! 

CV ATS Friendly

Contoh CV ATS Friendly (LINOVHR)

 

 


Contoh CV ATS Friendly (BIKINCV)

 

 


Contoh salah satu CV ATS Friendly (BINAR ACADEMY)


CV Kreatif

Contoh CV kreatif (PINTEREST/GRAPHICDESIGNJUNCTION)

 


Contoh CV kreatif sederhana (PINTEREST/MARYS RESUME)

 

 

Contoh CV kreatif (PINTEREST/SKINNY SKEBS)

 

 

Salah satu contoh CV kreatif (PINTEREST/VAN KHANH TRAN)

Itulah beberapa contoh CV lamaran kerja yang bisa jadi referensi lo untuk menyusun CV agar diterima di perusahaan dengan posisi yang lo inginkan. Good luck, Kawula Muda! 

Berita Lainnya