Begini CV Punya Bill Gates 48 Tahun Lalu, Isinya Cukup "Biasa Aja"

CV ini pas ia masih jadi maba di Harvard University tahun 1974.

Miliarder asal Amerika Serikat, Bill Gates. (REUTERS)
Fri, 08 Jul 2022


Kawula Muda pasti tahu dong seberapa pentingnya Curriculum Vitae (CV) saat kita ingin melamar pekerjaan? Pernah terpikirkan enggak, seperti apa ya tampilan CV Bill Gates saat melamar kerja waktu itu? Jawaban itu udah terungkap kok, Kawula Muda.

Pendiri Microsoft itu, mengunggah CV-nya di LinkedIn dan berkata bahwa CV orang-orang saat ini pasti jauh lebih bagus dibanding miliknya saat itu.

"Saya yakin resume kalian terlihat jauh lebih baik daripada milik saya 48 tahun yang lalu," tulis Bill Gates melalu akun LinkedIn miliknya.

Di resume, tertulis tahun 1974 yang berisi pendidikan dan pengalaman Gates sejak ia masih menjadi mahasiswa baru.

Tampilan CV Bill Gates pada tahun 1974 (LINKEDIN/Bill Gates) 

Bill Gates juga mencantumkan informasi dari nama lengkap, alamat, tempat kuliah, posisi yang dilamar sampai beberapa pengalamannya yang berhubungan dengan dunia IT.

Di tahun pertama Bill Gates di Harvard University, ia belajar tentang Struktur Sistem Operasi, Manajemen Basis Data sampai Grafis Komputer.

Bill kemudian menuliskan beberapa bahasa program yang ia kuasai termasuk FORTRAN, COBOL, BASIC, dan ALGOL. Melansir dari Kompas, tidak banyak mahasiswa Harvard pada masanya yang bisa menguasai bahasa pemrograman seperti Bill Gates. Wow!

Lelaki yang kini berusia 66 tahun tersebut, memiliki pengalaman sebagai programmer sistem di TRW System Groups di tahun 1973 dan sebagai co-leader serta co-partner di Lakeside School, Seattle tahun 1972.

Di CV terdapat nama Paul G. Allen yang merupakan teman masa kecilnya. Ia dan Paul merancang sistem untuk insinyur dengan mempelajari arus traffic. Lalu, pada 4 April 1975, mereka mendirikan Microsoft.

Luar biasa, Kawula Muda.

Berita Lainnya