Daftar Negara Paling Berpolusi dengan Udara yang Tidak Sehat

Negara mana yang menduduki peringkat paling berpolusi?

polusi udara (UNSPLASH)
Sun, 20 Aug 2023


Polusi udara menjadi suatu permasalahan yang jadi pembahasan pelik di dunia hingga saat ini. 

Negara yang sedang dilanda polusi udara yang tinggi salah satunya adalah Indonesia. Kabut asap yang sangat serius menyelimuti kota Jakarta dan Bodetabek.

Dilansir dari IQAir, polusi di Jakarta, sempat mengalami kenaikan sampai dikategorikan tidak sehat. Jakarta sempat menduduki peringkat satu sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia per Kamis (10/08/2023) dengan 164 AQI US indikator udara warna merah menunjukkan udara yang tidak sehat.

Saat ini Jakarta, Indonesia menduduki peringkat tujuh sebagai kota dengan kualitas udara terburuk didunia per Jumat (18/08/2023) dengan 115 AQI US indicator udara warna orange alias tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Negara Paling Berpolusi per Jumat, 18 Agustus 2023

Dilansir dari Tempo terdapat 5 negara yang paling berpolusi per Jumat (18/08/2023) sebagai berikut.

1. India: 151 AQI

Kota Delhi di India memiliki kualitas udara terburuk di negaranya karena kepekatan partikel-partikel berbahaya yang melebihi batas aman WHO. Udara yang terkontaminasi oleh partikel berbahaya ini berpotensi membuat penduduk mengalami peningkatan gangguan jantung dan paru-paru serta dampak kesehatan di kalangan masyarakat, terutama untuk kelompok sensitif.

2. Pakistan: 129 AQI

Selanjutnya di peringkat kedua negara dengan polusi udara terburuk ditempati oleh Pakistan. Kota di Pakistan seperti Lahore dan Karachi, menjadi sumber polusi udara di negara tersebut. Udara yang buruk di Lahore juga menjadikan ratusan orang menderita penyakit pernapasan.

3. Indonesia: 124 AQI 

Indonesia rupanya termasuk sebagai negara dengan polusi terburuk di dunia. Jakarta dan sekitarnya sedang jadi sorotan karena kualitas udaranya yang semakin hari kian memburuk. Penduduk yang berada di Jakarta memiliki risiko mengalami iritasi mata, kulit, tenggorokan, serta masalah pernapasan. 

Saat ini, pemerintah sedang merumuskan berbagai cara untuk membuat udara di Jakarta semakin bersih, di antaranya dengan wacana menerapkan kembali sistem Work From Home, 4 in 1, sampai memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan.

4. Bangladesh: 116 AQI

Bangladesh juga masih terus berjuang melawan tingkat polusi udara yang tinggi, terutama di kota-kota padat penduduk seperti Dhaka. Dampak jangka panjang terhadap polusi udara ini telah menyebabkan masalah kesehatan serius di antara penduduk, termasuk penyakit pernapasan dan masalah kulit.

5. Chili: 111 AQI 

Lalu, Chili masuk di urutan kelima sebagai negara dengan polusi udara terburuk di dunia. Mirip dengan Indonesia saat ini, Ibu Kota Santiago sedang mengalami tingkat polusi udara yang tinggi. Indeks kualitas udara di Chili adalah 111 yang artinya tidak sehat.

Negara Paling Berpolusi Sepanjang Masa (2019-2020)

Dilansir dari World Population Review yang sudah menghimpun daftar negara paling berpolusi selama beberapa tahun terakhir, Indonesia menduduki posisi ke-10, Kawula Muda. 

Berikut adalah daftar 10 negara paling berpolusi periode 2019 sampai 2020:

1. China

2. United States

3. India

4. Russia

5. Jepang

6. Iran

7. Germany

8. Saudi Arabia

9. South Korea

10. Indonesia

Ranking negara berpolusi polusi sepanjang masa 2019-2020 (WORLD POPULATION REVIEW)

 

Selalu jaga kesehatan dan hindari aktifitas di luar ruangan ketika kualitas udara sedang buruk ya, Kawula Muda.

Ikut Kuis Ensiklopediyo, Dapatkan Merchandise Menarik dari Prambors

Kali ini Prambors mau menguji pengetahuan lo. Bagi yang beruntung dan bisa menjawab bakal dapat hadiah Merchandise Prambors! 

Ini contoh merch-nya, Kawula Muda!

Merchandise Prambors Kuis Ensiklopediyo di Mangkal Pagi Ryo

Untuk dapatkan Merchandise Prambors di atas, yuk, jawab pertanyaan di bawah ini!

Polusi udara dapat mengakibatkan penyakit infeksi saluran pernapasan, yaitu? 

A. ISPA

B. ISMA

Jawab pertanyaannya dalam link berikut ya QUIZ MANGKAL PAGI RYO.

Pemenang beruntung dengan jawaban benar bakal dihubungi oleh tim Prambors. Good luck, Kawula Muda!

Berita Lainnya