Diperingati Setiap 9 September, Simak Sejarah Hari Olahraga Nasional!

Lo udah olahraga apa hari ini?

Hari Olahraga Nasional 2022 (KEMENPORA)
Fri, 09 Sep 2022


Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tahunnya pada 9 September. Adapun hal tersebut telah disahkan lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985. 

Haornas, seperti disebut oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), akan memberikan penghargaan kepada para atlet dan pelaku olahraga berprestasi di Indonesia. 

Berbeda dengan dua tahun perayaan sebelumnya yang tidak dilakukan secara langsung akibat pandemi, Haornas tahun ini diperingati baik secara luring maupun daring. 

Nantinya, puncak Haornas 2022 akan diselenggarakan di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur. 



Adapun Haornas berhubungan lekat dengan momen Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama pada 1948 silam. Saat itu, PON diselenggarakan pertama kali di Surakarta, tepatnya pada 9 hingga 12 September 1948. PON diselenggarakan untuk meningkatkan sportivitas tanah air. Hal tersebut mengingat atlet Indonesia yang belum dapat berkompetisi dalam kompetisi olahraga dunia. 

Pasalnya, Indonesia belum diakui kedaulatannya oleh pemerintah Inggris di saat itu. Karena penolakan itulah, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi PON tersebut. 

PON pun disambut meriah oleh masyarakat. Sebanyak 600 atlet pun mengikuti kompetisi tersebut pada 9 cabang olahraga. 

Karena dinilai sebagai api penyulut semangat olahraga masyarakat Indonesia, maka tanggal 9 September dinobatkan sebagai ‘Hari Olahraga Nasional’.

Adapun tahun ini, Haornas mengangkat tema “Bersama Cetak Juara”. Makna dari tema tersebut yaitu untuk mencetak juara, maka tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja. 

Selamat Hari Olahraga Nasional, Kawula Muda!

Berita Lainnya