Indonesia Dinobatkan sebagai Negara Terindah di Dunia

Keren banget! lanskap Indonesia emang bagus banget sii

Indonesia jadi negara nomor satu terindah di dunia versi Money.co.uk (UNSPLASH/Killian Pham)
Mon, 14 Feb 2022

Analisis situs asal Inggris, Money.co.uk, menobatkan Indonesia sebagai negara terindah dari total 50 negara. Daftar yang dirilis pada 7 Februari lalu tersebut menyatakan keindahan Indonesia mengalahkan Selandia Baru hingga Kolombia.

Dalam keterangan situs tersebut, tertulis tujuh indikator yang dianalisis, yakni gunung berapi, pegunungan, terumbu karang, kawasan lindung, garis pantai, hutan hujan, serta gletser.

Dikutip dari CNNIndonesia, setiap faktornya dihitung per 100.000 kilometer persegi sebelum diberi skor antara satu hingga sepuluh. kemudian, skor rata-rata dari ketujuh indikator tersebut pun diambil untuk mengurutkan daftar ‘keindahan’ negara. 

Berikut adalah tiga negara terindah di dunia berdasarkan money.co.uk!  

Indonesia (Skor 7,77)

Indonesia yang menjadi rumah untuk lebih dari 17 ribu pulau dan 50.000 km garis pantai rupanya menarik banyak perhatian wisatawan. Berbagai destinasi yang memiliki keindahan alam seperti hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan, hingga adanya situs warisan dunia UNESCO yakni Borobudur serta Taman Nasional Komodo menjadikan Indonesia sebagai negara terindah versi money.co.uk. 

Selandia Baru (7,27)

Keindahan alam Selandia Baru (UNSPLASH/Caser Horner)


Dengan dataran penuh bukit, pegunungan, gletser tinggi, garis pantai yang panjang, hingga gunung berapi aktif, Selandia Baru menempati posisi kedua negara terindah di dunia. Hal itu terbukti dari banyaknya film maupun acara TV (misalnya The Lord of the Rings) yang memilih Selandia Baru sebagai lokasi shooting mereka.

Kolombia (7,16)

Keindahan Kolombia (UNSPLASH/Leonardo Loureiro)


Mirip seperti Indonesia, Kolombia yang memiliki garis pantai yang panjang, pegunungan Andes, hingga hutan hujan Amazon membuat negara tersebut mendapat skor yang tinggi. Selain itu, dengan adanya 500.000 kilometer persegi hutan tropis, Kolombia pun dinobatkan sebagai negara ketiga dengan lanskap terindah di dunia.

Sementara itu, diposisi kelima terdapat Tanzania dengan skor 6,98. Selanjutnya, list negara terindah tersebut diikuti oleh Meksiko (6,96), Kenya (6,70), India (6,54), Perancis (6,51), Papua Nugini (6,39), Comoros (6,22), serta Ekuador (6,09). 

Berita Lainnya