Inspirasi Dekorasi Sambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Rumah dan Sekolah

Kawula Muda ini dia dekorasi menarik yang cocok untuk kalian coba loh!

Perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus (UNSPLASH/hobi industri)
Tue, 15 Aug 2023

Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 sudah dekat. Banyak cara untuk menyambut perayaan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus yang akan datang.  

Salah satu cara untuk meramaikan Hari Kemerdekaan adalah dengan menghias rumah, kantor, atau sekolah dengan dekorasi tema kemerdekaan 17 Agustus yang identik dengan warna merah dan putih. 

Buatlah ruangan semakin menarik untuk membangkitkan semangat nasionalisme di hari kemerdekaan dengan dekorasi yang meriah. 

Kali ini Prambors akan memberikan ide-ide atau inspirasi dekorasi yang cocok untuk perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus nanti dengan barang-barang yang mudah dicari. Simak dekorasi hari kemerdekaan di artikel ini, Kawula Muda.

1. Dekorasi Teras Rumah dengan Tema Kemerdekaan 

Hiasan 17 Agustus (Instagram/@kosakata_production)

Hiasan pertama bisa kalian lakukan di teras rumah atau balkon. Ini salah satu contoh model dekorasi yang melambangkan hari kemerdekaan, dengan menempelkan plastik bertuliskan "Dirgahayu RI" dan rumbai atau kertas dekorasi pastinya dengan ini rumah kalian lebih berwarna dengan hiasan ini. 

Bagian teras rumah atau balkon yang telah dihias juga dapat menjadi tempat spot foto yang bagus dan keren untuk anak-anak dan keluarga saat selesai atau sebelum berlomba. 

2. Dekorasi Langit-Langit Rumah atau Kelas Simple

Lampu-lampu hias untuk acara 17 agustusan (Merdeka.com)

Lampion biasa dipakai untuk perayaan Imlek, tetapi tidak hanya untuk Imlek saja, lampion juga dapat dijadikan hiasan untuk rumah, kantor dan kelas di sekolah. 

Lampion berwarna merah putih cocok digunakan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Lampion dapat membantu membuat rumah jadi lebih meriah dengan warna lampion merah dan putih identik bendera Indonesia. 

3. Ide Dekorasi 17 Agustus di Ruang Makan

Gambaran Ilustrasi design ruang makan untuk menyambut 17 Agustus (dekoruma.com)

Dengan menghias ruang makan menjadi berwarna merah-putih juga dapat membantu Kawula Muda mempercantik ruangan tersebut.  

Gunakan warna merah dan putih pada ruangan makan sebagai tambahan dekorasi sangat menarik perhatian para tamu yang datang untuk menikmati makanan yang telah disiapkan. Hal ini dapat membuat para tamu dapat ikut merasakan suasana perayaan hari kemerdekaan.

4. Dekorasi Ruangan Kelas atau Kantor Dengan Balon  

Ilustrasi Balon Warna Merah Putih (Pixabay)

Selanjutnya adalah balon merah putih. 

Balon adalah salah satu dekorasi yang selalu ada dan tidak pernah ketinggalan, nih, Kawula Muda. Balon dapat dipajang dengan berbagai macam bentuk seperti bunga, pedang, boneka dan lain sebagainya. 

Bahkan balon dapat menjadi hiasan depan pintu untuk menyambut semua orang yang akan masuk ke dalam kelas di sekolah atau ruangan di kantor. 

5. Membuat Dekorasi Dengan Origami dan Tali Pita 

Ilustrasi dekorasi menggunakan kertas warna merah dan putih ( Ochimax Studio/Unsplash )

Kertas origami sering kali digunakan untuk membuat karya-karya indah seperti gambar bunga, hewan, ketupat dan lain sebagainya. 

Kertas origami juga dapat dijadikan sebagai dekorasi untuk acara 17 Agustus. Kawula Muda dapat mencoba menggunakan kertas origami dan tali pita merah/putih untuk membuat sesuatu yang unik, lalu bisa tempel atau gantung di jendela kelas atau kantor. 

Berita Lainnya