Kuliner Lebaran Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Makanan ini akan terasa berbeda ketika disajikan ketika Lebaran!

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (SHUTTERSTOCK)
Mon, 17 Apr 2023

Berbicara tentang Lebaran, Kawula Muda tidak boleh melewatkan makanan Lebaran yang menjadi bintang utamanya. Kuliner Lebaran bisa saja berbeda setiap rumah, mengikuti tradisi setiap rumah dan daerah.

Momen Lebaran bisa menjadi salah satu waktu untuk mencicipi kuliner Lebaran yang beragam.

Meski terkesan dapat dijumpai kapan saja, makanan khas Lebaran tetap akan terasa berbeda ketika dimakan saat Idul Fitri.

Simak kuliner Lebaran yang tidak boleh lo lewatkan di bawah ini!

1. Opor Ayam

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (SHUTTERSTOCK)

Makanan nomor satu ketika Lebaran ini merupakan makanan wajib di setiap rumah. Digabungkan dengan ketupat, inilah makanan Lebaran sesungguhnya.

2. Rendang

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (TRAVISTORY)

Salah satu makanan yang mendapat gelar makanan terenak di dunia ini tidak hanya berbahan dasar daging sapi. Beberapa daerah juga mengolah rendang dengan mengganti proteinnya dengan paru, ayam, bahkan kerang.

3. Gulai Sayur

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (YOUTUBE)

Gulai sayur menjadi salah satu pelengkap makanan Lebaran yang tidak boleh dilewatkan. Jika biasanya di Sumatera berisi nangka muda, di pulau Jawa akan disajikan dengan labu siam. Kuahnya yang gurih dan sedikit pedas akan sangat cocok dicampur dengan kuah opor.

4. Sambal Goreng Ati

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (TRIBUN)

Sambal goreng ati memberikan rasa pedas sekaligus gurih yang akan membuat makanan Lebaran lo semakin istimewa. Tidak hanya itu, sambal goreng ati juga memiliki nutrisi yang bagus karena mengandung hati ayam atau sapi!

5. Semur Daging

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (SHUTTERSTOCK)

Semur Daging merupakan makanan berkuah manis yang tidak boleh dilewatkan ketika Lebaran. Makanan yang kaya rasa ini membuat makanan Lebaran lo semakin meriah di meja makan!

6. Telur Pindang

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (COOKPAD)

Tidak hanya mudah dibuat, telur pindang juga bisa disimpan untuk waktu yang cukup lama, loh. Salah satu lauk sebagai kuliner lebaran ini akan menambah kenikmatan hidangan lo.

7. Kacang Goreng

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (COOKPAD)

Kacang goreng bisa menjadi camilan atau pelengkap kuliner Lebaran lo, Kawula Muda. Selain menjadi lauk pauk, kacang goreng juga familiar dijadikan camilan. Ada beberapa cara mengolah camilan ini, dengan cara digoreng atau menggunakan santan dan bawang putih untuk lo yang suka rasa gurih.

8. Kue Nastar

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (TOKOPEDIA)

Kue nastar cocok menjadi hidangan penutup makanan Lebaran lo, Kawula Muda. Warna ema dari isi nastar, yakni nanas melambangkan rezeki yang manis dan berlimpah, menurut kepercayaan.

9. Kue Putri Salju

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (COOKPAD)

Kue putri salju menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang menemani momen berkumpul dengan keluarga. Rasanya yang manis dan bentuknya yang cantik membuat kue ini tidak boleh dilupakan berada di atas meja makan.

10. Kue Kastengel

Kuliner Lebaran, makanan khas Lebaran di Hari Raya Idul Fitri (KOMPAS)

Terakhir, kue kastengel menjadi salah satu kuliner Lebaran yang tidak boleh terlewatkan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat siapa saja akan ketagihan!

Kawula Muda, itulah makanan khas Lebaran yang tidak boleh dilewatkan. Mana makanan favorit lo?

Berita Lainnya