Manfaat Pelihara Kucing Mampu Hilangkan Stres tapi Ganggu Jam Tidur

Jadi, ada sisi negatif dan postifnya juga nih, Kawula Muda.

Riset menyebut pelihara kucing bisa ganggu jam tidur namun dapat redakan stres (UNSPLASH)
Tue, 21 Mar 2023


Memelihara hewan berbulu seperti kucing, anjing, dan lainnya, ternyata tidak selalu memberikan dampak positif manusia. Walau bisa meredakan stres, namun ada efek buruk yang bisa dirasakan, salah satunya mengganggu jam tidur.

Hal tersebut ditemukan oleh peneliti Lauren Wisnieski, Asisten Profesor Kesehatan Masyarakat dan Penelitian dan Afiliasi dari Licoln Memorial University, menyebut bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan bisa mengalami malam yang gelisah dan gangguan tidur dibandingkan dengan hidup tanpa mereka.

Di samping itu, dilansir dari sebuah jurnal Human-Animal Interactions, Selasa (21/03/2023), bermain dengan kucing bagus dikarenakan bisa mengurangi tingkat stres, hingga membuat kita merasa lebih baik.

Namun, dengan pengurangan stres yang didapat itu sebagai gantinya pola tidur yang baik jadi terganggu, Kawula Muda.

"Di sisi lain, hewan peliharaan dapat mengganggu tidur pemiliknya," terang Lauren.

Kucing Bukan Teman yang Terbaik di Rumah

Riset menyebut pelihara kucing bisa ganggu jam tidur namun dapat redakan stres (UNSPLASH)

Adapun alasan Lauren meneliti hal tersebut bertujuan untuk menemukan apakah ada hubungan antara kepemilikan kucing dengan kualitas tidur dan gangguan tidur.

Lauren pun menggunakan penelitian data dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) pada 2005-2006. Jumlah responden yang diteliti ialah 5.500, dengan 51,7 persen perempuan dan 48,3 persen pria.

Sang peneliti melihat penelitian lewat aspek mendengkur saat tidur, sering bangun di malam hari, kebutuhan pil tidur, sampai entakkan kaki.

Hasil studi menemukan, kucing bukanlah teman terbaik di rumah jika ingin tidur nyenyak, Kawula Muda. Gangguan sulit tidur saat pelihara kucing kemungkinan besar mengalami sentakan kaki saat tidur. Mereka juga sulit tidur dan cenderung mendengkur.

Untuk pelihara anjing, memiliki lebih banyak masalah dengan tidur, gangguan tidur, apnea (berhenti bernapas secara tiba-tiba) saat tidur, gelisah, mengantuk.

Manfaat Positif di Tubuh dengan Memelihara Kucing

Riset menyebut pelihara kucing bisa ganggu jam tidur namun dapat redakan stres (UNSPLASH)

Meskipun ada sisi negatifnya, ada pula manfaat bagi tubuh dengan memelihara kucing, loh Kawula Muda.

Berikut adalah manfaat memelihara kucing bagi tubuh, mengutip dari berbagai sumber:

1. Memberikan ketenangan

Manfaat memelihara kucing adalah memberikan dukungan emosional kepada pemiliknya. Kucing menunjukkan kesetiaan yang membuat rasa khawatir dan cemas menjadi tidak terlalu signifikan.

2. Menurunkan risiko flu

Seseorang yang memiliki kedekatan dengan hewan peliharaan seperti kucing, tak mudah terkena gangguan pusing, flu, demam, hingga nyeri punggung. 

Hal tersebut dikarenakan, kucing punya sistem imun yang lebih kuat sehingga tak mudah terpapar penyakit.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Memelihara kucing bisa meningkatkan aktivitas saraf parasympathetic sehingga lebih merasa tenang dan detak jantung tidak lagi berdegup kencang. 

Semua manfaat ini membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Menyehatkan otot dan tulang

Berdasarkan suatu studi ilmiah, mendengarkan suara dengkuran kucing merupakan terapi alami yang bisa digunakan mengurangi gangguan pada otot dan tulang manusia. Makanya, suara dengkuran kucing benar-benar bermanfaat untuk tulang!

5. Mengurangi risiko terkena stroke

Hadirnya kucing di dalam rumah, membuat seorang menjadi lebih sabar, nyaman, dan tenang. Inilah yang mengurangi kita dari risiko terkena stroke menjadi berkurang.

Kalau Kawula Muda pelihara kucing atau enggak, nih?

Berita Lainnya