Memahami Kepanjangan ORI, KW, KW Super dan Tingkatan Kualitas Barang

Siapa yang suka belanja tapi tidak tahu arti dari KW?

Kepanjangan KW dan istilah lain dalam belanja (UNSPLASH)
Mon, 29 May 2023

Kawula Muda, berbagai jenis produk yang beredar di pasaran memang tidak ada habisnya. Tidak jarang, banyak penjual yang menyediakan berbagai barang dengan kualitas yang berbeda.

Sebagai konsumen yang pintar, lo harus tahu beberapa istilah dalam dunia perbelanjaan terutama istilah yang digunakan untuk kualitas barang.

Kepanjangan KW dan istilah lain dalam belanja (UNSPLASH)

Hal ini menjadi penting agar lo bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan harga yang ditawarkan.

OEM

OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah barang atau produk yang diproduksi suatu perusahaan, kemudian diolah dan dijual kembali oleh perusahaan lain dengan brand yang berbeda.

Idealnya, OEM sudah lolos dari tahap quality control perusahaan atau brand besar yang membeli barang OEM tersebut.

ORI/Original

Produk kualitas original atau ORI memiliki kualitas yang benar-benar terjamin. Secara umum, produk ORI didistribusikan melalui jalur yang resmi atau mitra bisnis dari produsen.

Kualitasnya yang tinggi membuat barang kualitas ORI memiliki nilai sesuai dengan harga yang harus dibayar

Authentic

Authentic berarti asli, bisa dipercaya, atau sah. Jadi, jika ada penjual yang mengklaim barang yang mereka jual authentic, sudah pasti barang tersebut original. Sebab, barang original belum tentu authentic, loh.

Mirror

Produk mirror bukanlah produk asli atau original. Namun, produk mirror dapat dikatakan mirip dengan produk ORI. Harganya sudah pasti jauh di bawah produk ORI. Secara kualitas, barang mirror mirip dengan barang original, mulai dari bahan, box, detail kecil, sampai nomor seri.

Original China (OC)

China memang terkenal dengan pembuat produk replika yang bentuknya sama persis dengan produk asli.  Dengan tulisan "Made In China" sudah pasti produk ini juga diproduksi di China. Karena bukan merupakan barang asli, untuk kualitas belum ada jaminan. 

Kelebihan dari produk ini adalah tidak menguras kantong bagi yang ingin bergaya.

KW

Terakhir, istilah KW adalah istilah yang mungkin paling sering lo dengar. KW diambil dari kata kualitas atau kwalitas. Istilah KW digunakan untuk kata ganti barang tiruan atau imitasi.

Dalam praktiknya, KW memiliki beberapa tingkatan seperti berikut:

1. KW super premium: Biasanya, para penjual akan mengklaim jika KW super premium adalah sisa barang yang tidak lolos quality control. Tetap berhati-hati, KW super premium tidak selalu sisa reject-an

2. KW super AAA: meniru barang asli, namun dengan bahan yang lebih murah. Dengan kualitas di bawah KW super premium.

3. KW super: Biasanya menggunakan bahan yang lebih murah lagi, dari yang sebelumnya. Dengan keawetan yang tak terjamin.

4. KW semi super: KW semi super menggunakan bahan yang benar-benar berbeda. Misalnya dengan kulit imitasi.

5. KW 1: Barang KW 1 fokus dengan bentuk yang mirip. Tanpa memperhatikan kualitas bahan.

6. KW 2: KW 2 dibuat dengan bahan murahan, cepat rusak, misalnya pada produk sepatu, kerap membuat kaki pemakainya lecet. 

Berita Lainnya