"HAHA" Lagu Unik Penuh Suara Ketawa dari Bolis Pupul & Charlotte Adigery

Maknanya berat tapi lagu di albunmnya easy listening banget, Kawula Muda!

Charlotte Adigéry dan Bolis Pupul baru saja berkolaborasi merilis album Tropical Dancer (INSTAGRAM/CHARLOTTE ADIGERY)
Tue, 23 May 2023


Duo musisi pop asal Belgia, Charlotte Adigéry dan Bolis Pupul berkolaborasi dalam single unik "HAHA"! Lagu yang terdengar ‘segar’ penuh dengan suara tawa ini rupanya menceritakan mengenai bagaimana tertawa dapat mengusir penat. 

Dirilis pada 4 Maret 2022 lalu, lagu ini adalah wujud dari latar budaya kedua musisi tersebut. Charlotte merupakan keturunan koloni Perancis Martinique dan Guadeloupe, sedangkan Bolis memiliki darah China. Keduanya menetap di Belgia.


Tumbuh besar sebagai orang dengan kulit berwarna di Eropa rupanya tidak mudah. Mereka kerap kali mengalami rasisme yang berhubungan dengan warna kulit sepanjang hidup. Hal ini pun yang menyebabkan tumbuhnya humor di dalam diri Charlotte karena sang ibu mengajarkan ‘humor sebagai mekanisme koping (coping mechanism)’.

Karena itu, "HAHA" menggambarkan betapa mudahnya suara tawa menjadi isak tangis kala penat dengan kehidupan seorang komunal dan ingin melepaskan sebagian beban dunia. Mereka seolah percaya bahwa tawa dapat menjadi meditasi tersendiri dan menenangkan pikiran, Kawula Muda! 

Adapun lagu tersebut merupakan bagian dari album Tropical Dancer yang merupakan hasil kolaborasi duo pop tersebut. Pada wawancaranya dengan PitchFork, keduanya menceritakan mengenai proses pembuatan hingga makna lagu-lagu di album terbaru tersebut. Dengan mencampurkan bahasa Inggris, Belanda, dan Prancis, album tersebut secara keseluruhan menggoda absurditas yang melekat pada dunia walau dibentuk sejak era kolonialisme. 


Sebut saja penghinaan rasis, pengejaran kebenaran politik (political correctness), hingga bagaimana konsep dan bahasa terus mengalami perubahan. Walau memiliki arti yang cukup berat, menariknya, duo ini menyampaikan pesan tersebut dengan vokal yang menyindir sehingga kerap terdengar menggelitik dan memancing tawa. 

Lagu-lagu yang terangkai dalam album tersebut pun menimbulkan suatu pertanyaan: ketika sesuatu (seni, bahasa, hingga identitas) secara terus-menerus dirujuk, diapropriasi, dan diberi konteks baru, apakah ia tetap memiliki makna sebenarnya? 

Dalam proses pembuatan album ini, duo tersebut sepakat proses berjalan sangat lancar. 

“Kami menyadari bahwa kami merasa seolah-olah sudah lama saling mengenal,” kenang Charlotte tentang percakapan panjangnya yang pertama dengan Bolis.

Mereka pun mengakui tidak memiliki ekspektasi dan ambisi apapun dalam album ini. Walau begitu, terciptalah 13 lagu di dalam Tropical Dancer yang energik dan mampu membuat para pendengar berdansa. 

Yuk, dengerin “HAHA” di kala penat, bisa bikin lo senang, Kawula Muda. 

Berita Lainnya