Mengapa Pria Bisa Suka dengan Lebih dari Satu Wanita? Begini Penjelasannya

Hmm... tetap enggak bisa dibenarkan juga sih, Kawula Muda!

Ilustrasi pria bisa suka lebih dari satu wanita (SHUTTERSTOCK)
Wed, 10 May 2023

Salah satu faktor penting dalam hubungan adalah kesetiaan. Kesetiaan menjadi salah satu bentuk komitmen untuk mempertahankan hubungan dengan pasangan.

Faktanya, mencintai lebih dari satu orang bisa dikatakan normal. Namun, fenomena tersebut menjadi sesuatu yang salah jika salah satu pihak merasakan hal itu saat menjalin hubungan.

Tidak jarang, hal tersebut bisa berakhir pada perselingkuhan.

Pria Jatuh Cinta Lebih Banyak Daripada Wanita?

Ilustrasi pria bisa suka lebih dari satu wanita (ISTOCK)

Menurut penelitian dari Universitas Nevada, fenomena seseorang bisa mencintai lebih dari satu orang kerap dialami oleh pria.

Hal ini sejalan dengan survei yang dilakukan oleh Haagen Dazs dan The School of Life terhadap 2.000 orang dewasa, Kawula Muda.

Hasil survei mengungkapkan jika wanita akan menemukan cinta sejati satu kali, namun pria mengatakan mereka akan jatuh cinta hingga lima kali dalam hidup mereka.

Tidak hanya itu, argumen tersebut juga diperkuat berdasarkan artikel yang ditinjau oleh dr. Karlina Lestari, yang mengungkapkan jika pria bisa mencintai lebih dari satu wanita dalam hidupnya, bahkan secara bersamaan. 

Kondisi ini pun tergolong sangat normal, loh. Salah satu yang menjadi catatan, perlu kontrol yang kuat untuk tetap setia, Kawula Muda.

Mengapa Pria Bisa Mencintai Lebih dari Satu Wanita?

Ilustrasi pria bisa suka lebih dari satu wanita (ISTOCK)

1. Laki-Laki adalah Makhluk Visual

Menurut psikolog Bondan Seno Prasetyadi melansir Okezone, pria cenderung menggunakan sisi rasional dibandingkan wanita yang banyak mengandalkan emosional, Kawula Muda.

Pria bisa saja tertarik pada perempuan lain meski telah berkomitmen sebab insting alami yang akan tetap ada. Ketika pria melihat wanita lain, otak pria akan memproses informasi visual dan membuat penilaian instan yang menjadikan pria bisa tertarik dengan wanita lain meski sudah berkomitmen.

2. Pelampiasan

Salah satu alasan lain adalah pria mungkin saja terjebak dalam sebuah hubungan membosankan dan kemudian mencari pelampiasan untuk mendapatkan ikatan emosional yang lebih.

Sayangnya, beberapa pria memilih untuk tidak melepas hubungan yang membosankan dengan pasangan aslinya tersebut, Kawula Muda.

3. Dorongan Insting Bawah Sadar Otak

Secara logis, pria akan kesulitan untuk membagi dua hati, pikiran dan energi kepada dua orang sekaligus. Meski begitu, perasaan suka di luar orang yang sudah ia cintai terkadang memberikan kesempurnaan terhadap perasaan pria. 

Melansir Popmama, banyak pakar yang menilai bahwa mencintai dua perempuan atau lebih merupakan hal yang wajar.

Pria juga dikatakan mendapatkan kepuasan batin dengan menjalin hubungan dengan dua perempuan atau lebih.

Kawula Muda itulah alasan dan fakta mengapa pria bisa mencintai lebih dari satu wanita. Terlepas dari penelitian di atas, tetap buat batasan untuk mengendalikan diri lo ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya