Mengenal April Mop, Prank Massal yang Diperingati Setiap 1 April

Happy April Mop, Kawula Muda!

Mengenal April Mop, prank massal yang diperingati setiap 1 April (UNSPLASH)
Sat, 01 Apr 2023

April Mop atau April Fool's Day diperingati setiap tanggal 1 April. Peringatan ini diperingati di mana orang diperbolehkan prank, berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain yang memiliki niat menjahili.

April Mop biasanya dirayakan dengan melakukan tipu-menipu, membuat lelucon pada teman, keluarga, tetangga, sampai musuhnya dengan tujuan mempermalukan orang yang mudah ditipu.

Ketika mereka berhasil menjalankan misinya yakni menipu orang, mereka meneriakkan "April Mop!" bahwa itu hanyalah prank belaka.

Bertepatan dengan April Mop pada 1 April 2023, berikut adalah asal usul April Mop.

Sejarah April Mop

Mengenal April Mop, prank massal yang diperingati setiap 1 April (UNSPLASH)

Walaupun sudah diadakan sejak lama, belum jelas darimana April Mop terjadi. Melansir dari laman Tempo, April Mop terjadi pada tahun 1582, ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian.

Dalam Kalender Julian, seperti halnya dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar tanggal 1 April.

Orang-orang yang telat mendapatkan berita atau tidak menyadari bahwa awal tahun baru telah berpindah ke 1 Januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April menjadi bahan lelucon dan tipuan dan disebut "April Mop".

Lelucon tersebut termasuk dengan menaruh ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai "poisson d'avril" atau ikan April, yang melambangkan ikan yang masih muda, mudah ditangkap, dan mudah tertipu.

Dilansir dari History pada tahun 1992, National Public Radio menayangkan iklan mantan Presiden Richard Nixon adalah aktor. Segmen tersebut merupakan lelucon April Mop yang mengejutkan Amerika. Bagi orang yang tidak tahu lelucon klasik April Mop, selalu ada lelucon klasik April Mop, yaitu menutup toilet dengan bungkus plastik atau menukar isi wadah gula dan garam.

Dalam laman Detik, April Mop dikaitkan dengan vernal equinox atau hari pertama musim semi di belahan bumi utara. Saat itu ada anggapan bumi menipu orang-orang di wilayah tersebut karena terjadi perubahan cuaca yang tidak terduga.

Terakhir ada asal-usul yang dijabarkan Sejarawan Boston University, Joseph Boskin. Dia pun menyebut April Mop bermula pada masa pemerintahan Constantine.

Happy April Mop, Kawula Muda? Kira-kira lo mau nge-prank apa, nih?

Berita Lainnya