Niat Puasa Ramadhan, Bacaan Niat Puasa yang Sahih dan Dianjurkan dalam Islam

Wajib hukumnya buat baca doa niat puasa, loh!

Doa niat puasa yang perlu diketahui sebelum berpuasa di bulan Ramadan (ISLAMIC RELIEF)
Wed, 22 Mar 2023

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat beragama Islam. Di dalam bulan suci ini, banyak kemuliaan yang bisa dinikmati. Umat Muslim berbondong-bondong mengumpulkan pahala dari amal kebaikannya yang akan dilipat gandakan, termasuk melaksanakan puasa wajib. Namun, puasa tidak sah jika dilaksanakan tanpa membaca doa niat puasa Ramadhan.

Dalam hadis Rasulullah SAW mengatakan, "Barang siapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

Doa niat puasa Ramadhan hukumnya wajib, kecuali bagi orang-orang yang tidak membaca niat puasa Ramadhan karena uzur, seperti lupa atau tertidur sampai memasuki waktu subuh. Mereka tetap dapat menjalankan puasanya walaupun tidak mengucap bacaan niat puasa Ramadhan sebelumnya.

Lafaz Doa Niat Puasa Ramadhan

Doa niat puasa Ramadhan bisa dilafazkan dengan bahasa apapun yang penting bisa paham dan dimengerti dengan apa yang diucapkan. Niat puasa Ramadhan dianjurkan untuk dibaca setiap malam hari atau ketika melaksanakan sahur sebelum memasuki waktu subuh.  

Berikut lafaz doa niat puasa Ramadhan beserta artinya:

Bacaan doa niat puasa beserta latinnya (PRAMBORS)

 

Bacaan niat puasa Ramadhan latin: "Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta'ala."

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Itulah doa niat puasa Ramadan yang bisa dibaca sebelum menjalankan puasa. Setelah itu, tahanlah diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Selamat menunaikan ibadah puasa buat Kawula Muda yang menjalankannya.

Berita Lainnya