Peneliti Ungkap Alasan Mengapa Remaja Zaman Dulu Terlihat Tua

Wajahnya keliatan tua tapi masih berumur 20 tahun kok sabi y

Peneliti ungkap alasan mengapa remaja zaman dulu terlihat tua (HI TEKNO)
Fri, 28 Jul 2023

Kawula Muda pernah melihat foto lama atau film lama era 80-an atau 90-an enggak? Mungkin beberapa orang bertanya mengapa remaja zaman dulu terlihat lebih tua padahal umurnya masih muda.

Rupanya, ada penelitian yang menjelaskan tentang hal tersebut, loh Kawula Muda. Para peneliti sampai melakukan studi tentang penuaan biologis.

Melansir dari laman IFL Science, Kamis (27/07/2023), sebuah studi pada 2018 meneliti terkait penuaan biologis, dengan penanda seperti tekanan darah dan fungsi paru-paru yang berubah sehubungan dengan usia kronologis antara tahun 1988 sampai 2010.

Peneliti ungkap alasan mengapa remaja zaman dulu terlihat tua (HI TEKNO)

 

Mereka menemukan bahwa dalam jangka waktu yang singkat ini, ada perbedaan signifikan dalam penuaan terhadap generasi yang lebih baru secara biologis. Anak muda generasi terkini terlihat "lebih muda" daripada anak muda generasi pendahulunya.

"Selama 20 tahun terakhir, usia biologis populasi AS tampaknya menurun untuk pria dan wanita di seluruh rentang usia," tulis tim tersebut dalam penelitiannya.

Namun, tingkat perubahan penampilan tidak sama untuk pria dan wanita atau berdasarkan usia. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar laki-laki muda mengalami peningkatan penampilan lebih tua dari umurnya dari pada yang terjadi pada wanita.

Selain itu, penelitian tersebut juga memasukkan berbagai gaya hidup yang berubah dari waktu ke waktu, dan kebiasaan merokok dan minum suplemen daya tahan tubuh.

"Penjelasan lain untuk peningkatan kesehatan populasi yang tidak dapat kami uji adalah kondisi kehidupan awal dan prenatal yang lebih baik dan pengurangan penyakit menular."

Menurut Vsauce, faktor besar yang membuat orang jaman dahulu terlihat lebih tua, antara lain seperti kurang perawatan gigi dan tidak menggunakan tabir surya yang melindungi kulit dari penuaan hanyalah bias tentang cara orang masa kini memandang mode yang lebih tua.

Contoh nyatanya adalah pada foto remaja pada 1972 yang sebenarnya mengenakan pakaian mode terbaru pada masanya dengan potongan rambut yang terkenal saat itu.

Namun, karena foto itu berasal dari 1972, maka kita akan menganggap pemuda itu bergaya dan berpenampilan tua karena orang tua di masa sekarang masih bergaya seperti saat mereka muda di tahun 1972.

Bisa jadi di 2100 nanti anak muda di jamannya menilai generasi kita juga terlihat lebih tua. Hmmm....

Berita Lainnya