Studi: Pengguna Android Lebih Taat Aturan Lalu Lintas daripada iPhone

Relate, Kawula Muda?

Ilustrasi berkendara sembari bermain ponsel (ISTOCK)
Thu, 20 Apr 2023


Studi terbaru menunjukkan pemilik Android lebih dapat berkendara sesuai aturan lalu lintas bila dibandingkan dengan pengguna iPhone. Hal ini pun dipublikasi oleh Jerry, sebuah perusahaan asuransi mobil. 

Hasil ini didapat dari analisis 20.000 pengemudi yang ketika ditotal, maka telah berkendara sepanjang delapan juta mil atau 300 kali berkeliling bumi. Data ini pun memperlihatkan respons pengemudi terkait gangguan, kecepatan, belokan, akselerasi, dan pengereman.

Analisis dari Jerry temukan pengguna Android lebih unggul dalam berkendara dari pada pengguna iPhone (JERRY)

  

Ditemukan, pengguna Android mendapat rata-rata skor 75 sedangkan pengguna iPhone mendapat skor 69. Skor yang lebih tinggi tersebut juga didapat oleh pengguna Android dalam seluruh spesifikasi kategori. Berikut rinciannya, Kawula Muda!

- Gangguan: Android (skor 74) iPhone (skor 68)

- Kecepatan: Android (skor 83) iPhone (skor 78)

- Belokan: Android (skor 86) iPhone (skor 84)

- Akselerasi: Android (skor 84) iPhone (skor 82)

- Pengereman: Android (skor 80) iPhone (skor 78)

Bahkan, pengguna Android tanpa ijazah sekolah (skor 75) juga mendapat skor yang lebih besar dari pada pengguna iPhone dengan gelar PhD (skor 72). Berdasarkan umur, seluruh skor tinggi juga masih didominasi oleh pengguna Android. Adapun kesenjangan terbesar berada di umur 18-24 dengan skor 72 (Android) dan 66 (iPhone)

Lantas apa yang menyebabkan perbedaan skor tersebut? Sayangnya, penelitian ini belum memperdalam hal ini, Kawula Muda. 

Ilustrasi berkendara sembari bermain ponsel (ISTOCK)

  

Hal ini pun diduga banyak pemilik ponsel iPhone yang masih sulit melepaskan ponsel saat mengemudi. Hal ini pun sesuai dengan studi sebelumnya yang dipublikasi melalui PubMed, menemukan pemilik Android lebih cenderung berhati-hati dan memiliki tingkat kejujuran lebih tinggi. 

“Merasa sedikit godaan untuk melanggar aturan,” demikian hasil penelitian tersebut. 

Di sisi lain, pengguna iPhone menunjukkan tingkat emosi dan perilaku tidak konsisten yang lebih tinggi. Hal ini pun berpengaruh akan respons seseorang ketika sedang mengemudi. 

Walau begitu, terlepas dari apa jenis ponsel lo, pastikan tetap berhati-hati dalam berkendara ya, Kawula Muda! Hal ini terutama pada masa arus mudik dan arus balik pada masa Lebaran. Ayo letakan sejenak ponsel lo dan fokus ketika menyetir. Stay careful, Kawula Muda!

Berita Lainnya