Penelitian: Waktu Move On setelah Putus Cinta Sekitar 3 hingga 18 Bulan

Siapa yang belum move on? Angkat tangan!

Tiap orang butuh waktu berbeda untuk move on setelah putus cinta. Penelitian ungkap waktunya! (UNSPLASH)
Thu, 03 Aug 2023


Kawula Muda, putus cinta adalah hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Kesedihan setelah putus cinta bisa dikatakan sangat menghancurkan, bahkan membuat seseorang sulit untuk melanjutkan hidupnya seperti biasa.

Tidak hanya itu, kesulitan setelah putus cinta juga dapat ditambah ketika usaha untuk melupakan mantan kekasih selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk melupakan atau move on dari mantan kekasih?

Penelitian menemukan waktu yang dibutuhkan seseorang untuk move on atau melupakan mantan kekasih (UNSPLASH)

Sebuah penelitian kemudian mengungkapkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melupakan seseorang, terutama setelah putus cinta.

Sebuah studi berjudul "Addition through subtraction: Growth following the dissolution of a low quality relationship” pada 2007 lalu mengungkapkan jika 71 persen orang akan merasa lebih baik setelah tiga bulan putus cinta.

Sementara itu, sebuah survei yang dilakukan pada 2017 terhadap 2.000 orang mengungkapkan jika waktu yang dibutuhkan untuk melupakan seseorang setelah putus cinta adalah 6 bulan.

Berbeda dengan move on dari mantan kekasih, move on setelah perceraian butuh waktu yang berbeda (UNSPLASH)

Berbeda dengan move on dari mantan kekasih, move on dari sebuah perceraian disebut memiliki waktu yang berbeda. Sebuah studi menemukan jika rata-rata orang yang bercerai membutuhkan waktu sekitar 18 bulan untuk melanjutkan hidup seperti biasa, Kawula Muda.

Beberapa penelitian dan juga survei di atas tidak menemukan angka pasti kapan seseorang bisa merasa lebih baik dan melupakan seseorang setelah putus cinta.

Meski begitu, Mind Body Green mengungkapkan jika kesimpulan dari penelitian-penelitian yang adalah memakan setengah dari waktu bersama.

Sebut saja jika lo menjalin hubungan selama 2 tahun, waktu yang lo butuhkan untuk melupakan mantan kekasih lo adalah 1 tahun, Kawula Muda.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk move on dan melupakan seseorang setelah putus cinta? (UNSPLASH)

Perbedaan waktu yang dirasakan setiap orang ini bisa didasarkan dari beberapa faktor, seperti diputuskan sepihak, ‘investasi’ yang banyak dalam hubungan, dikhianati, dan sebenarnya lo tidak ingin melupakan mantan pasangan lo.

Faktor-faktor di atas turut memengaruhi seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melupakan seseorang setelah putus cinta.

Setiap orang tentu membutuhkan waktu berbeda untuk move on dari patah hati. Jika ada orang yang bisa cepat melupakan mantan dan move on, tentu tidak ada yang salah bagi seseorang yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk melakukannya.

Perlu diingat, setiap kesedihan setelah putus cinta akan berakhir dan lo akan menemukan orang yang jauh lebih baik dari hubungan lo sebelumnya, Kawula Muda.

Berita Lainnya