Post Holiday Syndrome: Atasi Kemalasan usai Libur Panjang

Saatnya kembali ke rutinitas semula, Kawula Muda!

Kenali Post Holiday Syndrome, Cara Mengatasi Kemalasan usai Libur Panjang (ISTOCK)
Tue, 25 Apr 2023


Kawula Muda, cuti bersama telah usai. Bagaimana liburan lo? Apakah sudah siap kembali ke rutinitas semula? Hati-hati, bisa saja lo terkena post holiday syndrome atau kondisi emosional setelah liburan ketika harus kembali ke rutinitas semula.

Post holiday syndrome atau sindrom pasca liburan dapat dialami siapa saja, loh. Jika lo masih membayangkan keseruan liburan kemarin dan ingin liburan diperpanjang lagi hingga mengganggu keseharian lo, bisa dikatakan lo terkena post holiday syndrome.

Kenali Post Holiday Syndrome, Cara Mengatasi Kemalasan usai Libur Panjang (GETTY IMAGES)

Meski tidak berlangsung lama, post holiday syndrome tidak bisa dianggap sepele, Kawula Muda! Jika dibiarkan berlarut, post holiday syndrome bisa berujung pada depresi.

Untuk menghindari post holiday syndrome, simak tips sederhana di bawah ini. Jangan sampai terjebak di dalam post holiday syndrome, Kawula Muda.

Tips Menghilangkan Post Holiday Syndrome

1. Istirahat

Salah satu hal yang paling penting adalah istirahat. Istirahat bukan berarti mengganggu rutinitas lo, Kawula Muda. Namun, menyempatkan diri lo untuk beristirahat di sela-sela aktivitas. Singkatnya, give yourself a break!

2. Siapkan OOTD yang Fashionable

Meski sering dilupakan, ternyata cara ini efektif untuk membantu mengurangi post holiday syndrome yang lo rasakan, loh! Tampil dengan busana baru dan stylish bisa membangkitkan semangat dan rasa percaya diri. 

3. Ubah Workspace

Meja kerja atau workspace perlu mengalami perubahan secara berkala. Hal ini bisa membantu lo untuk bekerja lebih nyaman dan meningkatkan mood saat bekerja. Cobalah menaruh foto orang tersayang atau mengubah dekorasi sederhana. Simpel namun sangat membantu!

4. Kembali Bersosialisasi

Kembali bertemu teman-teman atau rekan kerja bisa membantu mengurangi post holiday syndrome yang lo rasakan, Kawula Muda. Lo bisa memulai dengan membeli kopi bersama dan membuka obrolan ringan. Bertemu teman setelah bekerja juga dinilai efektif untuk meningkatkan mood lo.

5. Ubah Mindset

Kenali Post Holiday Syndrome, Cara Mengatasi Kemalasan usai Libur Panjang (UNSPLASH)

Meski dianggap sulit, mengubah mindset menjadi salah satu cara yang harus lo lakukan agar post holiday syndrome bisa cepat berlalu. Menyadari bahwa setiap hal memiliki waktu tersendiri dapat membuat lo lebih terbuka saat kembali ke rutinitas semula. 

6. Tentukan Tujuan

Lo bisa menjadikan waktu liburan selanjutnya sebagai tujuan lo bekerja saat ini, Kawula Muda. Ketika liburan, umumnya lo merenungkan kembali tujuan hidup dan mengumpulkan semangat kembali ke rutinitas. Jadikan ini sebagai momentum untuk me-reset tujuan hidup lo agar lebih baik ke depannya.

7. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Berolahraga dan memenuhi nutrisi lo secara seimbang dapat membantu mengurangi post holiday syndrome yang lo rasakan. Pasalnya, olahraga akan membantu tubuh lo mengeluarkan hormon bahagia. Tidak hanya itu, menjaga kesehatan lo bisa mengalihkan pikiran tidak baik terkait masa liburan yang lalu.

Kawula Muda, itulah tips menghilangkan post holiday syndrome. Selamat kembali beraktivitas dan tetap semangat, ya!

Berita Lainnya