Dari Serial “Gadis Kretek” Apa Arti Istilah Twin Flame dan Soulmate?

Lo dan pasangan adalah twin flame atau soulmate, Kawula Muda?

Potret Jeng Yah [Dian Sastro] dan Raja [Ario Bayu] di "Gadis Kretek" yang menjadi perdebatan karakter dengan gejolak asmara twin flame atau soulmate (INSTAGRAM/bayu_ario)
Thu, 16 Nov 2023

Serial terbaru asal Indonesia yang tayang di Netflix, Gadis Kretek masuk ke dalam deretan Top Watch Netflix sejak awal penayangannya.

Serial yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Ratih Kumala ini jadi favorit pecinta serial Indonesia sekaligus jadi bahan pembicaraan di sosial media tentang kisah, latar sampai pemeran yang ada di dalam serial Gadis Kretek. Bahkan sampai ke pembahasan apa perbedaan dari istilah twin flame dan soulmate?

Poster serial Netflix "Gadis Kretek" yang diperankan oleh Dian Sastro dan Ario Bayu (NETFLIX)

  

Gadis Kretek menceritakan tentang Dasiyah (Jeng Yah), gadis yang memiliki semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi di industri kretek Indonesia. 

Berlatar tahun 60an, serial ini menjadi daya tarik tersendiri berikut juga dengan para pemainnya seperti Dian Sastro yang memerankan Jeng Yah dan Soeraja (Raja) yang diperankan oleh Ario Bayu.

Selain latar cerita yang menarik, kisah cinta di antara Jeng Yah, Raja dan Purwanti (Sheila Dara) juga menjadi titik panas yang dibicarakan oleh warganet penonton Gadis Kretek.

Dari banyaknya pembahasan tentang sosok-sosok di dalam serial tersebut, Ario Bayu sampai memperhatikan gejolak di antara karakternya dan karakter yang diperankan Dian Sastro sebagai pemeran utama. 

Ia mengunggah foto dari Jeng Yah dan Raja dalam adegan di Gadis Kretek dan menambahkan keterangan dalam foto, “Sudah ada yang tahu perbedaan antara Twin Flame dan Soul Mate?”



Ia pun membuka kesempatan para penonton untuk berdiskusi di kolom komentar tentang Twin Flame atau Soulmate yang terjadi dalam hubungan Jeng Yah dan Raja.

Hasilnya, istilah Twin Flame dan Soulmate pun menjadi bahasan yang seru dan banyak yang mencari apa arti dari kedua istilah tersebut. 

Kawula Muda, supaya enggak bingung lagi dan bisa mengerti perbedaan dari istilah Twin Flame dan Soulmate, berikut adalah penjelasannya yang sudah Prambors rangkum dari berbagai sumber.

Sebelum membedah arti masing-masing dari Twin Flame dan Soulmate, ada baiknya untuk tahu bahwa perbedaan di antara Twin Flame dan Soulmate adalah bahwa Twin Flame adalah dua bagian jiwa yang sama secara keseluruhan namun terbagi dua. 

Sedangkan Soulmate adalah belahan jiwa, seseorang yang cocok dan dipertemukan sebagai jodoh di hubungan romantis.

Apa Itu Twin Flame?

Ilustrasi Apa arti dari istilah twin flame? (PsychNewsDaily)

 

Twin Flame adalah konsep yang mengacu pada dua individu atau orang yang memiliki jiwa yang sama.

Seperti namanya, jiwa yang kembar ini disebutkan sebagai jiwa yang lahir dari entitas yang sama dan menjadi dua. Ketika dua jiwa Twin Flame ini bertemu, akan terjadi hubungan yang sangat intens dengan dinamika yang penuh tantangan. 

Dua jiwa ini akan terlihat cocok karena biasa juga disebut sebagai 'mirror soul' tapi bukan berarti berjodoh.

Apa Itu Soulmate?

Apa arti dari istilah soulmate (unsplash/Priscilla Du Preez)

 

Soulmate adalah individu dengan jiwa yang bila bertemu akan memiliki ikatan emosional yang kuat, baik secara emosional, mental sampai spiritual. 

Soulmate akan saling mendukung dan akan berujung sebagai jodoh. Hubungan yang dijalani akan lebih romantis juga tidak memiliki dinamika yang rumit seperti Twin Flame karena Soulmate adalah belahan jiwa, bukan dari satu jiwa yang sama, lalu saling bertemu dan melengkapi.

Tanda-tanda Menemukan Twin Flame

1. Merasa punya ikatan yang kuat

2. Merasa seperti melihat diri sendiri

3. Terasa seperti ada gaya magnetis (tarik-menarik)

4. Selalu menemukan cara untuk kembali walau sudah pernah putus hubungan

5. Mendorong menjadi pribadi yang lebih baik

Tanda-tanda Menemukan Soulmate

1. Merasa mengenali jiwa satu sama lain seperti sudah lama

2. Seperti bisa membaca pikiran pasangan

3. Memiliki tujuan hidup yang sama dan saling dukung

4. Hidup bahagia jika bersama

5. Cinta tanpa syarat

Itulah Kawula Muda arti dari istilah Twin Flame dan Soulmate. Kira-kira lo dan pasangan merupakan jiwa yang kembar atau pasangan nih?

Berita Lainnya