4 Jenis Elemen Zodiak: Air, Api, Udara, Tanah dan Masing-masing Penjelasannya

Elemen zodiak Api cocok sama Air, katanya...

Ilustrasi ke-12 zodiak yang terbagi atas empat elemen (TIMES OF INDIA)
Tue, 21 Feb 2023

Zodiak sebenarnya terbagi atas empat elemen besar yang dipercaya memengaruhi kepribadian hingga kecocokan seseorang dengan orang lain. Dalam ilmu astrologi, ke-12 zodiak yang ada dibagi menjadi empat elemen yakni api, tanah, angin, dan air.

Keempat elemen ini pun memiliki ciri khas maupun kepribadian yang berbeda-beda. Berikut rangkuman pengaruh keempat jenis elemen tersebut terhadap zodiak, ya Kawula Muda! 

Zodiak Elemen Api

Ilustrasi zodiak (UNSPLASH/VEDRANA FILIPOVIC)

 

Zodiak yang tergolong elemen api adalah Aries, Leo, dan Sagitarius. Sama seperti api, pemilik zodiak ini dinilai memiliki kepribadian berapi-api. 

Elemen ini menyebut para pemilik zodiak api bersifat agresif, impulsif, kreatif, berani mengambil risiko, mampu memberikan keputusan, memanfaatkan peluang, dan sulit didominasi oleh orang lain. 

Pemilik elemen api juga memiliki semangat dan gairah yang membara, mereka tidak keberatan berusaha besar agar mencapai hasil yang diinginkan. Kerap memberi rasa ‘hangat’, pemilik zodiak ini menjadi salah satu sosok yang ditunggu kehadirannya karena cenderung bersifat fleksibel. 

Namun, sifat negatif dari para pemilik elemen ini adalah mudah menjadi sombong dan egois. 

Berikut pengaruh elemen ini terhadap para zodiak yang tergabung di dalamnya!

Arieszodiak ini dipengaruhi oleh planet Mars dan punya keinginan menjadi orang yang nomor satu, tegas, dan berani bergerak dengan keyakinan.

Leodiperintah oleh Matahari, Leo adalah zodiak yang sadar akan tugasnya, berani, dan bersemangat.

SagitariusSagitarius yang dikuasai planet Jupiter memiliki semua ciri khas dari elemen api tetapi zodiak ini lebih mudah beradaptasi dan bertekad.

Zodiak Elemen Air

Ilustrasi ke-12 zodiak (UNSPLASH/JAMES LEE)

  

Beberapa anggota dari zodiak elemen air yakni Cancer, Scorpio, dan Pisces. Sama seperti air, mereka disebut memiliki sifat yang suka memelihara, sejuk, tenang, sensitif, tajam, dan kerap menghindari konfrontasi.

Mereka juga dikenal dengan sifatnya yang suka bermimpi, memiliki imajinasi yang luas, serta skenario unik yang mengalir di kepala mereka. 

Akan tetapi, ketika air yang sudah lama mengalir tersebut terus terkumpul dan terpendam, maka dapat tercipta ledakan yang luar biasa. Hal ini pun mewakili sifat negatif zodiak elemen air yang kerap menyimpan perasaan tetapi dapat menjadi sangat emosional saat ‘meledak’.

Berikut pengaruh sifat elemen ini terhadap zodiak di dalamnya, Kawula Muda!

Cancerdiperintah oleh Bulan, Cancer berorientasi pada keluarga dan sangat perhatian serta mencintai rumah. 

ScorpioMars adalah planet yang berkuasa atas zodiak ini dan mereka adalah orang yang terampil, punya tekad, pengertian, dan sangat emosional. 

Piscesdikuasai oleh Jupiter, Pisces sangat sensitif, reseptif, tapi juga penyayang.

Zodiak Elemen Udara

Ilustrasi berbagai zodiak (UNSPLASH/NASTYA DULHIIER)

 

Zodiak yang berelemen udara adalah Gemini, Libra, dan Aquarius. Seperti udara yang terus berhembus, mereka disebut memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mampu berkomunikasi dengan sangat baik, dan berjiwa sosial. 

Merupakan individu yang suka bergaul, mereka kerap mencuri perhatian, jelih, dan suka berpetualang. Hal ini dikarenakan zodiak berelemen udara dapat berhembus ke mana-mana dengan ringannya. 

Namun, zodiak berelemen udara juga dapat bersikap dingin dan tidak praktis, Kawula Muda! Apalagi jika mereka bertemu dengan orang lain yang tidak sesuai dengan mereka. 

Berikut pengaruh elemen udara terhadap zodiak yang tergabung di dalamnya!

Geminidipengaruhi oleh planet Merkurius, Gemini sangat mudah beradaptasi, sadar akan status sosial, dan suka membantu. 

Libradiperintah oleh planet Venus, Libra menyukai kehidupan yang baik, keseimbangan, berorientasi pada tindakan, dan perencana yang baik. 

Aquarius: zodiak di bawah planet Saturnus ini sangat disiplin, serius, dewasa, dan memiliki keahlian untuk menangani segala situasi.

Zodiak Elemen Bumi

Ilustrasi zodiak (UNSPLASH/JAKUB PABIS)

  

Beranggotakan zodiak Taurus, Virgo, dan Capricorn, zodiak ini dipercaya dapat diandalkan, suka memberi, logis, realistis, rendah hati, dapat mencari solusi, dan bekerja keras. 

Sama seperti bumi yang selalu menetap di tanah, pemilik zodiak berelemen bumi juga biasanya setia dan mampu berkomitmen dalam hubungan. 

Selain itu, pemilik elemen ini kerap disebut sebagai pemberi saran yang baik karena mampu melihat dunia dari perspektif yang lebih nyata dan mengesampingkan perasaan. 

Namun, mereka juga memiliki sifat negatif mudah bosan dan materialistis. Selain itu, pemilik elemen ini juga selalu berhati-hari dan penuh bertimbangan karena sulit melupakan trauma di masa lalu. 

Sementara itu, berikut pengaruh elemen ini terhadap zodiak! 

Taurusdiperintah oleh planet Venus, Virgo menyukai makanan yang enak dan kemewahan. Tapi, mereka juga pragmatis dan perencana yang baik.

Virgodikuasai oleh planet Merkurius, zodiak ini cenderung praktis, pekerja keras, cerdas, berdedikasi, dan berkomitmen. 

Capricorndi bawah planet Saturnus, Capricorn adalah zodiak yang pekerja keras, berhati-hati, dan realistis.

Berita Lainnya