Studi: Cium Bau Kentut Ternyata Punya Manfaat Kesehatan

Enggak selalu berdampak negatif, loh!

Studi mengatakan cium kentut ternyata bisa berdampak positif bagi kesehatan tubuh (ISTOCK)
Tue, 29 Aug 2023

Kentut biasanya sering dihindari oleh orang karena banyak yang tidak menyukai baunya. Padahal, buang angin atau kentut adalah hal wajar yang dialami manusia.

Walau terkadang ada bau kentut yang tidak mengenakkan, ternyata cium bau kentut memiliki manfaat untuk kesehatan, loh!

Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mencium bau kentut bisa membawa dampak positif dan tidak selalu buruk. 

Melansir dari Hello Sehat berdasarkan penelitian dari Universitas Exeter dan Universitas Texas, terdapat beberapa komponen yang membuat bau kentut tak sedap bisa memiliki sisi sehat untuk tubuh.

Sebanyak 80 persen sel mitokondria yang merespons oleh AP39 bisa bertahan lebih lama. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kemampuan hidrogen sulfida untuk mengurangi efek stres oksidatif pada sel.

Sebagai informasi, sel mitokondria di dalam pembuluh darah dapat mengalami kerusakan akibat kondisi tertentu. Sel-sel ini akan menggunakan enzim tubuh sendiri untuk memproduksi hidrogen sulfida.

Manfaat AP39 lainnya sebagai hidrogen sulfida buatan juga berpotensi untuk mencegah kerusakan ginjal, menjauhkan otak dari risiko demensia dan Alzheimer, serta mengurangi efek penuaan.

Tak hanya itu, penelitian dari University of Exeter di Inggris juga menyebut hal serupa bahwa mencium bau kentut ada manfaat baiknya.

Saat mencerna berbagai jenis makanan yang telah dikonsumsi, beberapa jenis senyawa akan tercipta. Salah satunya adalah hidrogen sulfida yang membuat kentut berbau.

Peneliti Dr. Mark Wood, kentut yang mengandung bau yang busuk bisa dijadikan terapi untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit. Mulai dari risiko kanker, stroke, serangan jantung, dan demesia.

Akan tetapi, butuh waktu beberapa detik hingga bau tersebut mencapai lubang hidung dan diolah di dalam otak.

Lalu, kentut yang bau busuk bukanlah menandakan lo tidak sehat. Hal tersebut justru menandakan lo telah mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan organ-organ dalam tubuh terutama pencernaan bekerja dengan baik.

Sebagai informasi, seseorang yang normal kentut bisa sebanyak 5-15 kali dalam sehari. Kentut juga bisa dianggap negatif jika membuat orang di sekitar lo merasa malu dan tidak nyaman.

Berita Lainnya