Tips Meningkatkan IQ untuk Pelajar Wajib Ikuti Cara Ini!

IQ atau intelligence quotient adalah ukuran kemampuan seseorang dalam bernalar dan memecahkan masalah

Ilustrasi IQ (UNSPLASH)
Thu, 13 Oct 2022


Indonesia menjadi salah satu negara dengan nilai rata-rata IQ terendah di dunia, dibanding dengan negara-negara lainnya. Indonesia bahkan menempati posisi ke 10 di Asia Tenggara, hanya satu tingkat dari posisi akhir yang diisi oleh Timor Leste yang menempati posisi akhir.

Dilansir dari data World Population Review 2022, nilai rata-rata IQ penduduk di Indonesia adalah 78,49. Skor itu menempatkan Indonesia di posisi ke-130 dari total 199 negara yang diuji.

IQ atau intelligence quotient adalah ukuran kemampuan seseorang dalam bernalar dan memecahkan masalah. Pada 1900-an psikolog Perancis bernama Alfred Binet mulai mempopulerkan pengukuran IQ. Angka IQ kerap dikaitkan dengan tingkat kecerdasan seseorang.

Kecerdasan atau IQ seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti misalnya faktor genetik, asupan nutrisi, pola asuh, riwayat pendidikan, hingga kondisi kesehatan.

Kendati Indonesia menjadi salah satu negara yang menempati posisi akhir sebagai negara dengan rata-rata IQ terendah di dunia, ada cara untuk meningkatkan IQ loh, Kawula Muda.

Berikut cara-cara untuk meningkatkan IQ terutama untuk pelajar:

1. Bermain Game

Ilustrasi bermain game (Freepik)

Salah satu cara meningkatkan IQ adalah dengan melakukan sebuah permainan yang dapat mengasah otak (brain games), misalnya permainan simulasi, teka-teki silang, puzzle, atau sudoku. Aktivitas tersebut bisa Kawula Muda lakukan saat pulang sekolah nih, karena dengan bermain game dipercaya dapat memancing daya ingat, juga meningkatkan kecerdasan dengan cara melatih serta keterampilan bernalar dan berbahasa.

2. Bermain Alat Musik

Ilustrasi bermain musik (Freepik)

Buat lo yang doyan main musik, ada kabar baik nih Kawula Muda. Sebuah studi mengungkapkan bahwa belajar alat musik selama 75 menit per minggu selama 12 minggu berturut-turut mampu meningkatkan skor IQ pada anak-anak usia pra sekolah.

Penelitian yang dilakukan pada 2021 lalu ini juga menunjukkan bahwa pelatihan musik instrumental dapat meningkatkan beberapa fungsi eksekutif pada anak-anak usia 6-7 tahun. Enggak hanya itu, buat orang dewasa juga sama punya dampak yang baik jika rutin bermain musik, bermain musik bagi orang dewasa dapat meningkatkan daya ingat.

3. Belajar Bahasa Baru

Ilustrasi belajar bahasa (Freepik)

Buat lo yang suka belajar bahasa asing, baik lewat film atau memang belajar secara formal, ternyata belajar bahasa asing bisa naikin IQ loh, Kawula Muda.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2020 silam menemukan bahwa orang dewasa yang mengikuti pelatihan bahasa selama 11 minggu akan meningkatkan kecerdasan atau skor IQ mereka.

4. Membaca Buku

Ilustrasi membaca buku (Unsplash)

Baca buku, baik yang genre fiksi atau genre non fiksi ternyata sama-sama punya dampak yang cukup baik.

Karena saat membaca buku, seseorang akan terbawa untuk mengikuti alur cerita, berimajinasi, membayangkan, memahami, dan mengambil kesimpulan dari apa yang lo baca.

Aktivitas membaca buku yang bisa lo lakukan saat senggang istirahat di sekolah, atau jam kosong di kelas merupakan salah satu cara yang cukup mudah untuk melatih kemampuan berpikir, menambah wawasan, serta menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Tak hanya membaca, membacakan buku cerita ke anak kecil, baik sepupu, keponakan, atau adik juga baik bagi perkembangan otak mereka. Aktivitas tersebut disinyalir dapat melatih kemampuan berbahasa dan berpikir anak.

5. Melakukan Sosialisasi

Ilustrasi sosialisisasi (Shutterstock)

Sebagai makhluk sosial, berinteraksi dengan orang lain rupanya dapat meningkatkan IQ. Menurut sebuah penelitian, bersosialisasi secara aktif dapat merangsang pikiran dan kemampuan berpikir manusia.

Jadi, sering interaksi dengan teman sekelas, seperti curhat, atau hangout juga punya dampak yang baik buat IQ.

6. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Ilustrasi olahraga (UNSPLASH)

Selain baik untuk kesehatan tubuh, rutin berolahraga juga menjadi salah satu cara meningkatkan IQ dan fungsi otak. Olahraga dianggap dapat meningkatkan daya ingat serta menjaga aliran darah di otak tetap lancar, hal tersebut memicu sel saraf dan jaringan otak untuk tetap sehat.

Nah, buat Kawula Muda yang masih sekolah, jika biasanya lo malas datang ke pelajaran olahraga, mulai sekarang bisa lebih termotivasi, karena olahraga juga bisa meningkatkan IQ dan fungsi otak.

Selain itu, lo juga bisa menguji ketangkasan otak lo dengan ikut cerdas cermat. Latihan lomba cerdas cermat bisa dilakukan dengan teman-teman lo. Atau, lo bisa juga jadi perwakilan dari sekolah untuk ikut Mangkal on Skul: Battle of Putih Abu-abu, acara cerdas cermat antar SMA sederajat yang tayang di on air Prambors. 

Buat lo yang tertarik, langsung saja klik link ini!

Berita Lainnya