Yayasan WINGS Luncurkan Kampanye Kurangi Penumpukan Sampah #PilahdariSekarang!

Ayo pilah sampah dengan benar, Kawula Muda!

Dokumentasi kegiatan edukasi warga terkait proses pemilahan sampah yang baik dan benar bagi lingkungan (YAYASAN WINGS)
Fri, 17 Mar 2023

Sebagai bentuk kepedulian terhadap penumpukan sampah di Indonesia, Yayasan WINGS menggagas kampanye #PilahdariSekarang. Adapun kampanye tersebut terdiri atas upaya edukasi dari WINGS kepada masyarakat mengenai pentingnya pemilahan sampah. 

Adapun hal ini sesuai dengan survey yang dilakukan oleh Katadata Insight Center. Diketahui, pemilahan sampah hanya dilakukan oleh setengah rumah tangga Indonesia. Sayangnya, pemilahan tersebut masih sangat sederhana karena hanya dipisah antara kategori basah dan kering saja. 

Dokumentasi seorang warga yang membuang sampah sesuai kategori setelah dipilah (YAYASAN WINGS)

 

Hal ini sebenarnya berbahaya, Kawula Muda! Sebab, terdapat banyak sampah non-organik yang pada akhirnya tercampur. Selain itu, menyebabkan kesulitan mendaur ulang serta sampah plastik yang bocor ke lingkungan dalam wujud mikroplastik. 

Edukasi pemilahan sampah yang baik tersebutlah yang menjadi fokus dari kampanye ini. Sebelumnya. program perdana dilakukan di sela kegiatan senam bersama ribuan Ibu di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, yang akan terus digulirkan di sepanjang tahun ini. 

Selain itu, akan ada pula kolaborasi yang dilakukan Yayasan WINGS Peduli dengan berbagai pihak. Hal itu melingkupi kegiatan brand WINGS Group, organisasi lingkungan,lembaga pendidikan, hingga pemerintah terkait, untuk dapat menjangkau berbagai elemen masyarakat.

Edukasi pemilahan sampah yang baik dan benar untuk lingkungan yang lebih baik (YAYASAN WINGS)

 

“Kampanye #PilahdariSekarang menjadi medium kami terjun langsung ke masyarakat untuk menyosialisasikan pentingnya memilah sampah dan cara menerapkannya, untuk meningkatkan kesadaran memilah sampah dari rumah. Inisiatif ini tentu akan kami lanjutkan dengan berbagai program di bidang lingkungan lainnya, sehingga dapat menjadi gerakan berkelanjutan,” ungkap Sheila Kansil, perwakilan Yayasan WINGS Peduli seperti dikutip dari siaran pers pada Jumat (17/03/2023). 

Sampah merupakan tanggung jawab seluruh pihak. Karena itu, bersama kampanye #PilahdariSekarang, mari belajar melakukan aksi pengurangan sampah secara konsisten, Kawula Muda! Secara sederhana, lo dapat memulainya dengan memilah sampah dengan baik dan benar ya! 

Berita Lainnya