10 Lagu Hits yang Cocok untuk Belajar Bahasa Inggris

Semoga bahasa Inggris lo jadi bisa semakin berkembang ya, Kawula Muda!

Ilustrasi seseorang yang sedang mendengarkan musik (UNSPLASH/JAIR MEDINA NOSSA)
Thu, 09 Mar 2023

Belajar bahasa Inggris tidak harus membosankan, Kawula Muda! Kini banyak lagu hits masa kini yang bisa membantu lo untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Lagu-lagu tersebut biasanya memiliki lirik yang mudah dipahami sehingga akan membantu mengembangkan kemampuan listening dan speaking lo. 

Berikut ini adalah 10 lagu kekinian yang cocok untuk lo dengarkan saat belajar bahasa Inggris, Kawula Muda!

1. Drivers License - Olivia Rodrigo

Lagu ini bercerita tentang perasaan seseorang yang baru saja putus cinta. Liriknya sangat mudah dipahami. Selain itu, terdapat cerita yang runtut dari lagu ini. Tak heran, “Drivers License” sering dipakai sebagai referensi saat ingin belajar kosakata dan ungkapan bahasa Inggris yang berkaitan dengan perasaan.

2. Don't Start Now - Dua Lipa


Lagu ini juga memiliki lirik yang mudah diingat dan sangat enak didengarkan. Lagu ini mengandung banyak kosakata dan ungkapan yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Selain itu, lagu ini juga kerap diputar di radio serta viral di media sosial sehingga memiliki tingkat familiaritas yang tinggi, Kawula Muda! 

3. Here With Me - D4vd


Lirik lagu "Here With Me" relatif mudah dipahami karena tidak terlalu rumit dan memiliki struktur kalimat yang sederhana. Selain itu, terdapat beberapa frasa berguna yang dapat membantu meningkatkan kosakata bahasa Inggris lo, Kawula Muda. Misalnya saja frasa "keep me company" yang berarti "temani aku".

4. Flower - Mailey Cyrus


Lirik lagu "Flower" relatif sederhana dan mudah diikuti. Dalam lagu ini, Miley Cyrus menggunakan bahasa Inggris yang mengasosiasikan ungkapan ‘bunga’ dengan sifat seseorang. Tak heran, lagu ini kaya akan kosakata yang berhubungan dengan bunga seperti "bloom" yang berarti "mekar", "petals" yang berarti "kelopak", dan "fragile" yang berarti "rapuh". 

5. Shape of You - Ed Sheeran


Lagu ini memiliki lirik yang mudah diingat dan sangat enak didengarkan. Namun, terdapat bula berbagai kosa kata baru seperti "jukebox" (mesin pemutar musik) hingga "thrifty" (hemat). Ed Sheeran yang memiliki aksen British juga dapat memperkaya kemampuan listening lo. 

6. Love Story - Taylor Swift

Walau telah lama dirilis, kepopuleran lagu-lagu milik Taylor Swift seakan tidak pernah luntur. Sama seperti musik Taylor Swift lainnya, lagu ini menceritakan suatu kisah. Lagu ini pun sangat populer dan sering diputar di radio, Kawula Muda!

7. Something Just Like This - The Chainsmokers & Coldplay


Walau telah dirilis lama, lagu ini tetap eksis diputar di radio hingga ramai digunakan di media sosial. Lagu ini pun cocok untuk belajar bahasa Inggris karena penuh dengan metafora yang akrab di telinga pendengar. Selain itu, terdapat pula berbagai kosa kata ala dongeng seperti "myth", "legend", "testament", dan "eclipse"

8. As It Was - Harry Styles


Merupakan musisi beraksen British, tentu lo dapat meningkatkan kemampuan listening lewat lagu Harry yang satu ini. Selain itu, ritme yang cukup cepat terutama di bagian bridge dapat menjadi tantangan untuk lo, Kawula Muda! Terdapat pula beberapa pengucapan kosa kata a la British yang dapat lo pelajari dari lagu ini, seperti holdin’, nothin’, ringin’, comin’, hingga doin’. 

9. Kids - Rich Brian


Lagu Rich Brian yang satu ini memang merupakan lagu rap dan cenderung diucapkan dengan cepat. Namun, justru lirik yang diucapkan dengan cepat akan bagus untuk melatih kemampuan listening dan speaking lo, Kawula Muda! Kunci utama untuk dapat belajar dengan baik adalah tidak panik. Coba tulis lirik yang dapat lo tangkap dari lagu ini secara perlahan, dan dengarkan kembali lagu ini sembari melengkapi lirik tersebut, ya.

10. Levitating - Dua Lipa


Untuk lo yang ingin mencoba menaikkan level belajar bahasa Inggris, “Levitating” dapat menjadi pilihan yang tepat. Walau memiliki tempo yang cepat, tetapi pelafalan bahasa Inggris dari Dua Lipa tetap dapat jelas ditangkap Kawula Muda! Lagu ini pun juga cukup populer di media sosial dan sering diputar.

Tips Belajar Bahasa Inggris dari Lagu

Ilustrasi seseorang yang sedang belajar kosakata bahasa Inggris dengan mendengar musik (UNSPLASH/DILLON SHOOK)

Agar belajar bahasa Inggris lo semakin efektif, berikut beberapa tips yang dapat lo lakukan kala mendengar lagu untuk belajar!

- Dengarkan lagu secara teratur untuk membantu memahami arti lirik dan menghafal kata-kata dalam lagu. Pengulangan juga dapat membantu lo meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris.

- Pelajari arti kata-kata dalam lagu dan cari tahu bagaimana kata-kata tersebut digunakan dalam kalimat. Hal ini akan membantu memperkaya kosakata bahasa Inggris lo.

- Tulis ulang lirik lagu dalam bentuk tulisan tangan atau mengetik. Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris lo, Kawula Muda!

- Nyanyikan lagu tersebut dengan benar. Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris lo dan memperbaiki pelafalan.

Itulah 10 lagu hits yang cocok untuk belajar Bahasa Inggris serta berbagi tips untuk belajar Bahasa Inggris dengan mudah. Selamat belajar, Kawula Muda! 

Berita Lainnya