Andre Taulany dan Stinky Dilarang Bawakan Lagu ‘Mungkinkah’ Oleh Pencipta Lagunya

Semoga cepat selesai masalahnya ya, Kawula Muda

Andre Taulany (Instagram/thetaulanys_real)
Wed, 03 Jan 2024

Andre Taulany dan band Stinky disomasi oleh mantan gitarisnya, yakni Ndhank Surahman Hartono terkait larangan membawakan lagu ‘Mungkinkah’ dan ‘Jangan Tutup Dirimu’.

Ndhank melakukan somasi terbuka melalui akun Instagram pribadinya, Sabtu (30/12/2023), Ndhank melarang keras Stinky dan Andre membawakan lagu ‘Mungkinkah’ sampai batas waktu yang tak ditentukan.

"Mulai hari ini saya melarang keras Stinky dan Andre Taulany membawakan lagu karya-karya karangan saya, seperti Mungkinkah, Jangan Tutup Dirimu, dan lain-lain sampai waktu yang tidak bisa ditentukan," kata Ndhank dalam video tersebut.

Lebih lanjut, mantan gitaris Stinky itu menyebutkan bahwa lagu ‘Mungkinkah’ merupakan hak eksklusif dari pencipta berdasarkan undang-undang yang berlaku.

"berdasarkan UU Hak Cipta no. 18 Tahun 2014," lanjutnya.

Menurut Ndhank, pihak Stinky masih bisa membawakan lagu ‘Mungkinkah’, mengingat pada bagian akhir lagu tersebut diciptakan oleh sang pemain bas, Irwan Batara.

Oleh karenanya, Ndhank beranggapan jika lagu ‘Mungkinkah’ dibawakan Stinky hanya boleh pada bagian akhir lagu.

"Jika saudara Irwan Batara sebagai personel dari Stinky tetap ingin membawakan lagu Mungkinkah, silakan membawakan sesuai dengan part-nya," kata Ndhank.

"Yang berada pada ending lagu yang berbunyi, "Kau Kusayang// Selalu Kujaga" dan seterusnya," sambungnya.

Gak hanya itu, Ndhank bahkan mengancam akan melaporkan pihak Stinky maupun Andre Taulany ke polisi sebagai tindak lanjut pelarangan tersebut apabila tidak diindahkan oleh tertuduh.

"Setelah video somasi ini saya buat dan ditayangkan, saya dan kuasa hukum saya akan lanjut melaporkan pelarangan penggunaan lagu-lagu karya saya oleh Stinky dan Andre Taulany ke Polda Metro Jaya," tegas Ndhank.

Berita Lainnya