Banjir Kritik, Lizzo Putuskan Ganti Lirik Lagunya

Karena adanya kata yang memiliki konotasi 'menghina' penyandang disabilitas, Kawula Muda!

Lizzo, penyanyi Amerika peraih Grammy Awards. (TWITTER)
Tue, 14 Jun 2022


Lizzo baru saja mengganti lirik dari single terbarunya "Grrrls".

Sebelumnya, dalam bait pembuka lagu yang dirilis pada 10 Juni lalu tersebut, Lizzo menyanyikan “Hold my bag, hold my bag/Do you see this shit? I’mma sp*z”. 


Di percakapan kasual Amerika Serikat. Frasa ‘sp*z’ tersebut mengacu pada istilah “panik” atau “gila”. 

Namun, secara medis, istilah tersebut memiliki arti "kejang" untuk menggambarkan kondisi kejang yang dialami oleh seseorang akibat beberapa kondisi medis. Sebut saja kondisi cerebral palsy. 

Sayangnya, istilah tersebut juga sering digunakan untuk merendahkan penyandang disabilitas seperti cerebral palsy. 

Karena itulah, para penggemar dan aktivis distabilitas melakukan protes lewat sosial media. Mereka mengaku kecewa akan lirik lagu terbaru Lizzo tersebut. 

Menanggapi kontroversi tersebut, Lizzo melakukan klarifikasi dan mengumumkan adanya perubahan lirik. Kini, bait pembuka lagu tersebut menjadi “Do you see this shit? Hold me back.”

“Izinkan saya menjelaskan satu hal: Saya tidak pernah ingin mempromosikan bahasa yang menghina. Sebagai seorang wanita kulit hitam yang gemuk di Amerika, saya mendapat banyak kalimat menyakitkan untuk melawan saya. saya mengetahui sebesar apa kekuatan yang dimiliki oleh sebuah kata,” tutur Lizzo lewat media sosialnya seperti dikutip Prambors pada Selasa (14/06/2022). 

“Sebagai seniman yang berpengaruh, saya berdedikasi untuk menjadi bagian dari perubahan yang telah saya tunggu-tunggu di dunia,” tambah Lizzo. 

Sementara itu, ‘Grrrls’ adalah single kedua dari album keempatnya, Special, yang akan dirilis pada 15 Juli mendatang. 

Berita Lainnya