The Beatles akan Rilis Lagu Final "Now and Then" dengan Bantuan AI

Rilis pada 2 November, lagu ini bakal melepas rindu para penggemarnya, nih

Paul McCartney ungkap The Beatles akan merilis lagu baru dengan menggunakan AI dan ada suara John Lennon (YOUGOV)
Tue, 31 Oct 2023

Band legendaris The Beatles akan merilis lagu “Now and Then” sebagai karya final mereka yang ‘dibuat’ oleh keempat member band secara lengkap. Lagu dari bantuan teknologi AI ini akan rilis pada hari Kamis, 2 November 2023.

Meski dibantu oleh teknologi AI, dalam website resmi The Beatles menyebutkan lagu “Now and Then” dinyanyikan oleh John Lennon, dikembangkan oleh Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr yang akhirnya diselesaikan oleh dua member The Beatles yang tersisa, Paul dan Ringo.

“Now and Then” adalah lagu yang ditulis oleh John Lennon dan pernah dinyanyikan di rumahnya di Dakota, New York City pada tahun 1970an. Di tahun 1994, istri dari John, Yoko Ono, menyerahkan kaset dummy kepada Paul McCartney yang berisikan rekaman kasar dari suara John Lennon.

Kaset "Now and Then" The Beatles (Dok. The Beatles)

  

Peter Jackson selaku sutradara serial dokumenter Get Back melakukan hal yang sama yaitu teknologi AI untuk mix audio asli rekaman album Let It Be The Beatles tahun 1970. Ia mengisolasi instrumen, vokal, dan percakapan, serta mengubah audio dan gambar menjadi serial dokumenter Get Back.

Teknologi tersebut kemudian menginspirasi Paul dan Ringo untuk meninjau kembali demo "Now and Then" milik John. Jackson dan tim suara yang dipimpin oleh Emile de la Rey menggunakan teknik yang sama untuk mengisolasi penampilan vokal asli Lennon dari pianonya.

“Itu adalah saat terdekat kami untuk memiliki dia kembali ke ruangan jadi itu sangat emosional bagi kami semua. Sepertinya John ada di sana. Itu jauh sekali,” ucap Ringo Starr dalam sebuah pernyataan.

Paul dan Ringo telah memproduseri bagian-bagian baru untuk lagu tersebut, yang menampilkan bagian gitar yang direkam oleh George pada tahun 1995 dan aransemen string yang ditulis oleh Paul, Giles Martin dan Ben Foster. 

Pada bulan Juni, Paul McCartney mengatakan kepada BBC Radio 4 bahwa AI telah digunakan untuk ‘melepaskan’ suara Lennon dari rekaman kaset. 

“Kami dapat mengambil suara John dan menjadikannya murni melalui AI ini,” katanya. “Kemudian kita dapat mencampur rekamannya, seperti yang biasa Anda lakukan. Ini memberi Anda semacam kemudahan,” lanjut Paul.

Rilisan fisik dari “Now and Then” akan rilis sebelum album kompilasi The Beatles versi terbaru; The Red Album dengan tambahan 12 lagu dan sembilan lagu untuk The Blue Album dari keseluruhan discography band The Beatles. 


Sebuah film dokumenter pendek berjudul Now and Then - The Last Beatles Song akan tayang perdana pada 1 November 2023 dan video musiknya akan dirilis pada 3 November 2023.

Berita Lainnya