Ed Sheeran Menang, Bebas dari Tuduhan Plagiarisme Lagu “Let’s Get It On”

Senyumnya sumringah banget nihh

Musisi Ed Sheeran memenangkan pengadilan dan terbebas dari tuduhan plagiarisme musik (REUTERS)
Fri, 05 May 2023

Musisi asal British, Ed Sheeran, dibebaskan dari segala tuduhan plagiarisme lagu. Hal itu terkait keputusan pengadilan Amerika Serikat yang menyebut Ed tidak melakukan plagiasi pada lagu “Let’s Get It On” milik Marvin Gaye untuk “Thinking Out Loud”

Tim juri turut menyebut bahwa sang musisi telah ‘secara mandiri’ menciptakan “Thinking Out Loud”. Setelah keputusan itu dibacakan, Ed langsung berdiri dan memeluk timnya. 



Lewat akun Instagramnya, Ed bahwa menulis bahwa 'semua' sudah selesai dan merasa bahagia karena dapat kembali menjadi musisi. Karena itu, ia jadi merilis album terbaru, Substract (-), pada Jumat (05/05/2023) ini. Kemudian, tur sang musisi di Amerika Serikat akan dimulai di bulan Mei 2023, Kawula Muda! 



Sebelumnya, anak dari rekan penulis Marvin pada lagu "Let's Get It On", Kathryn Townsend Griffin, menggugat Warner Music Group, Sony Music, serta Ed Sheeran atas pelanggaran hak cipta. Hal ini terkait adanya kesamaan nada yang digunakan oleh kedua musik tersebut dan Ed Sheeran melakukan plagiarisme nada tersebut untuk "Thinking Out Loud". Namun, hal itu dibantah oleh pihak tim sang musisi. 

Tim hukum pelantun “Photograph” tersebut menyebut bahwa suara yang digunakan oleh “Thinking Out Loud” serta “Let’s Get It On” merupakan melodi yang biasa ada di musik pop. Dengan begitu, seseorang tidak seharusnya memiliki hak pribadi atas lagu dasar. 

Selain itu, seorang ahli musik juga membela Ed dan menyatakan urutan empat skor yang digugat oleh Kathryn telah digunakan dalam beberapa lagu hit sebelum “Let’s Get It On” dirilis. Dengan begitu, tim Marvin Gaye bukanlah yang pertama menemukan melodi tersebut.

Lebih lanjut, setelah persidangan selesai, Kathryn terlihat berjalan cepat melewati para wartawan yang mencoba mewawancarainya. “Tuhan itu baik sepanjang waktu, sepanjang waktu Tuhan itu baik,” tuturnya.

Sebelumnya, Ed menyebut akan melepas karier musiknya apabila terbukti bersalah di meja persidangan. “Jika itu terjadi, saya selesai, saya berhenti,” tutur pada saat dipanggil sebagai saksi di pengadilan seperti dikutip dari BBC. Well, rencana pensiun Ed sepertinya harus diundur nih, Kawula Muda!

Berita Lainnya