Kolaborasi Unik Ndarboy Genk dan Dewa Budjana Lahirkan Single Dangdut “Kudu Nangis”

Hai Kawula Muda, ada kolaborasi unik Ndarboy dan Dewa Budjana nih!

Ndarboy Genk dan Dewa Budjana rilis single kolaborasi "Kudu Nangis". (INSTAGRAM/NDARBOY GENK)
Fri, 26 Aug 2022


Sejak viral dengan dangdut Jawa-nya yang menyayat hati pada 2017, sampai kini Ndarboy Genk dikenal sebagai musisi yang produktif dan inovatif dengan karya-karyanya yang tidak terduga.

Kejutan kali ini, Ndarboy Genk akan berkolaborasi dengan Dewa Budjana yang dikenal sebagai gitaris legendaris yang bergenre pop. 

Ndarboy Genk menceritakanpun proses pertemuannya dengan Dewa Budjana hingga akhirnya mereka berkolaborasi dalam single baru yang diberi judul Kudu Nangis.

“Beberapa kali (Ndarboy dan Gigi) manggung bareng, dari situ kami berkenalan. Hingga akhirnya pas Mas Dewa Budjana ke Jogja, kami lebih intens cerita, sharing-sharing, lalu memutuskan untuk berkolaborasi bikin satu karya,” ujar Ndarboy Genk.

Ucapan Ndarboy Genk pun senada dengan yang disampaikan oleh Dewa Budjana. Sang gitaris mengaku bahwa tembang Kudu Nangis ini justru karena inisiatifnya sendiri.

Ia kali pertama menghubungi Ndarboy via direct message (DM) Instagram untuk mengajak kolaborasi. Ajakan itu tentu saja direspons dengan baik oleh Ndarboy Genk.

“Setelah WhatsApp-an, kita ketemu lagi pas Ndarboy konser bareng Gigi di Jakarta. Saya sempat cari waktu ke Jogja tapi meleset terus. Akhirnya saya kirim lagu mentahan, sudah dibuatin lirik, tapi enggak berlanjut,” timpal Dewa Budjana.

Kegiatan rekaman secara keseluruhan seperti bass, kendang/ketipung, dirampungkan di rumah Dewa Budjana, lalu semua data dirapikan dan dibawa pulang oleh Julian (arranger dan kibordis Ndarboy) ke Jogja untuk proses mixing-mastering.

Dalam proses akhir penggarapan Kudu Nangis, Ndarboy mengaku sempat ada tantangan karena ketika proses mixing-mastering mesti menggabungkan dua warna musik berbeda, yakni dangdut ke pop.

Tak itu saja, ada ornament gamelan Bali yang mesti dimasukkan ke dalam Kudu Nangis.

“Hasilnya, dari segi aransemen ada yang Ndarboy banget dan ada yang Dewa Budjana banget,” ucap Ndarboy Genk.

Bagi yang penasaran dengan kolaborasi mereka, lagu Kudu Nangis sudah bisa dinikmati di seluruh platform digital favorit kalian ya Kawula Muda.




Berita Lainnya