"Lagipula Hidup Akan Berakhir" Listening Party Album Baru Hindia di Prambors

Finally, Hindia!

Hindia segera rilis album keduanya bertajuk "Lagipula Hidup Akan Berakhir" 7 Juli 2023 (PRAMBORS/Fajrina Nadya)
Thu, 06 Jul 2023

Kawula Muda, setelah melalui proses yang panjang, solois pria asal Indonesia, Hindia, segera merilis album keduanya yang bertajuk Lagipula Hidup Akan Berakhir. Album yang akan dibagi menjadi dua bagian ini berisi 28 lagu akan menjadi ‘babak’ baru bagi pria bernama Baskara Putra tersebut.

Bagian pertama album Lagipula Hidup Akan Berakhir akan dirilis Jumat, (07/07/2023) dan bagian kedua akan dirilis pada 21 Juli 2023.

“Proses kreatif dan hasil album kedua ini tentu berbeda (dengan album pertama) karena lingkungan dan keadaannya sudah berbeda,” ujar Hindia saat konferensi pers, Rabu (05/07/2023) lalu.

Hindia segera rilis album keduanya bertajuk "Lagipula Hidup Akan Berakhir" 7 Juli 2023 bagian pertama (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Hindia yang mengaku tidak menyangka akan membuat album baru setelah kesuksesan album pertama Menari dengan Bayangan tersebut juga mengungkapkan apa yang menjadi akar dari album keduanya nanti, Kawula Muda.

“Saya enggak menyangka bakal bikin album kedua, sebenarnya. Karena saya enggak ingin album Hindia banyak-banyak! Kalau album Hindia ada lagi, berarti persoalannya belum kelar,” katanya. 

“Terus saya kaji ulang, ternyata masih banyak akarnya. Saya merasakan apa yang dirasakan di album pertama karena keluarga dan lingkungan saya. Itu yang saya omongkan di album kedua.”

Melalui album Lagipula Hidup Akan Berakhir, Hindia akan mendalami alasan di balik masalah dari album pertamanya, Kawula Muda. Meski menurutnya, album Lagipula Hidup Akan Berakhir akan membedah empat masalah besar, yakni teknologi, inflasi, oligarki, dan krisis iklim.

“Meski ada tema besar, gue pengen tetap ada lagu cinta. Gue akui, gue enggak bisa menulis lirik yang puitis. Jadi, gue memasukkan beberapa lagu cinta dengan latar belakang yang realistis dan tidak ‘dipoles’,” ujar Hindia.

Dalam album kedua ini, "Cincin" menjadi lagu cinta sebagai fokus dari Lagipula Hidup Akan Berakhir.

“Kenyataan hubungan tidak seindah itu. Dari situ, gue pengen nulis lagu dari apa yang gue tahu dan gue rasain,” ucap Hindia berbicara soal lagu “Cincin”.

Solois yang memiliki poin kuat dalam penulisan lirik yang jujur dan realistis ini juga menceritakan apa saja perubahan yang ia rasakan di album Lagipula Hidup Akan Berakhir.

“Penulisan album selama dua tahun ini banyak sekali yang gue pelajari. Sebut aja kerja sama dan denger banyak lagu baru untuk memberikan ‘warna’ di album kedua ini.”

“Tapi, yang paling gue rasakan adalah improving di hal vokal. Gue belajar sama Gamaliel Tapiheru dan Kamga selama 2-3 tahun ke belakang. Menurut gue, album kedua ini sudah menemukan banyak benang merah, karena gue merasa udah mendapat ‘rumah’ baru, yaitu vokal,” tambah Hindia.

Album Hindia "Lagipula Hidup Akan Berakhir" berisi 28 lagu! (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Dalam album kedua ini, Hindia juga akan menghadirkan beragam variasi musik yang memikat, Kawula Muda. 

Didampingi oleh Enrico Octaviano dan Kareem Soenharjo sebagai produser, Hindia ingin memberi tahu kepada para pendengar jika album ini merupakan jurnal dan cerita pribadi dengan genre yang sesuai kebutuhan tiap lagu.

Dengan artwork album khas Hindia, yakni painting, album Lagipula Hidup Akan Berakhir juga akan menghadirkan beberapa kolaborator yang menarik, Kawula Muda!

“Selamat menikmati dulu Lagipula Hidup akan Berakhir (Bagian I). Siapa tahu menemukan sesuatu yang membantu, sebagaimana album ini membantu Hindia sendiri,” ujar Hindia.

Bagian satu Lagipula Hidup Akan Berakhir akan berisi 14 lagu, yaitu:

1. Malaikat Berputar Di Atas Pencakar Langit

2. Janji Palsu

3. Matahari Tenggelam

4. Satu Hari Lagi

5. Wawancara Liar (part. 1)

6. Ibel

7. Siapa Yang Akan Datang Ke Pemakamanmu Nanti?

8. Selebrisik

9. Cincin

10. Wawancara Liar (part.2)

11. Kami Khawatir, Kawan

12. Apa Kabar, Ayah?

13. Iya... Sebentar

14. Bunuh Idolamu

Bagian kesatu album Lagipula Hidup akan Berakhir bisa lo dengarkan di seluruh digital platform mulai Jumat, 7 Juli 2023. 

Tidak hanya itu, secara eksklusif, Hindia akan membawakan album keduanya secara perdana di Prambors Night Shift, Kawula Muda!

Live session album kedua Hindia Lagipula Hidup akan Berakhir akan bisa lo dengarkan di Prambors Night Shit, Jumat 7 Juli 2023.

Live Session Album "Lagipula Hidup Akan Berakhir" Hindia di Prambors Night Shift

Kawula Muda, pada hari perilisan di tanggal 7 Juli 2023 untuk bagian pertama dari Lagipula Hidup Akan Berakhir, Hindia dan Prambors mengajak lo semua untuk mendengarkan album ini dalam Listening Party dan Live Session Hindia dalam program Night Shift Prambors bersama Rafa yang siap mengudara pukul 21.00 WIB.



Jadilah salah satu dari orang pertama yang mendengarkan beberapa lagu pilihan dalam Lagipula Hidup Akan Berakhir Bagian 1 bersama Prambors di 102,2 FM dan bisa lo streaming lewat Pramborsfm.com atau download aplikasi Prambors Radio Apps di Play Store dan App Store!

Berita Lainnya